KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Axolotl Hewan Yang Bisa Beregenerasi Seperti Deadpool
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a41889ba8d53771439e850/axolotl-hewan-yang-bisa-beregenerasi-seperti-deadpool

Axolotl Hewan Yang Bisa Beregenerasi Seperti Deadpool


Di era peperangan dewa-dewa Aztec kuno, ada seorang dewa bernama Xólot yang melarikan diri dari peperangan untuk menghindari kematian. Xólot mengubah bentuknya menjadi seekor Salamander untuk bisa meloloskan diri. Di era modern kita mengenal jenis hewan bernama Axolotl, seekor Salamander asli Meksiko yang mampu mempertahankan bentuk larva di sepanjang hidupnya. Dalam bahasa Aztec kuno Axolotl artinya adalah "Monster Laut".



Axolotl memiliki kemampuan yang tidak di miliki oleh makhluk lainnya di bumi ini. Kemampuan itu adalah proses regenerasi yang sangat unik. Axolotl dapat menumbuhkan kembali semua bagian tubuhnya yang ter putus, hingga ke sistem syaraf dan tulang. Kalau cecak hanya bisa menumbuhkan ekornya kembali, Axolotl bahkan bisa meregenerasi sebahagian dari otak, sumsum tulang belakang yang remuk dan bahkan 1/3 dari organ jantung. Proses regenerasi ini hanya memakan waktu sekitar 30 hingga 60 hari.

Baca Juga.
Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Secara Alami

Axolotl memiliki reaksi yang berbeda dengan manusia saat menangani sebuah luka. Saat organ tubuh manusia di amputasi, maka reaksi yang timbulkan adalah, tubuh dan immune akan mencoba membentuk sel kulit baru dan mencoba menutupi bagian yang terluka, sehingga sering kita lihat pada luka-luka kecil akan menimbulkan bekas luka. Sedang Axolotl bereaksi dengan mengubah sel-sel pada bagian yang terluka untuk membentuk kembali sel induk yang berubah menjadi tulang, pembuluh darah, otot, kulit dan membentuk organ yang sama persis seperti sebelum di amputasi.


Para ilmuan masih belum sepenuhnya memahami kenapa proses regenerasi pada Axolotl bisa berbeda dengan spesies lainnya. Namun pada 2018 para ilmuan mulai mendapatkan akses penuh terhadap susunan gnome dari Axolotl, membuat para ilmuan beramai-ramai mulai dapat mencari jenis protein dan gen apa yang membuat proses regenerasi sel pada Axolotl ini sangat berbeda dari spesies lainnya. Jika manusia berhasil menemukan kunci template dari proses regenerasi ini, maka tidak menutup kemungkinan di masa depan kita manusia dapat membuka potensi regenerasi tubuh secara alami seperti pada Axolotl.


Sumber : https://digstraksi.com/axolotl-hewan...generasi-unik/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hyde13
Pelihara 60 axolotl bisa punya sumber makanan abadi, setiap hari potong ekor, kaki dan tangan seekor axolotl buat lauk, hari ke 60 diulang siklusnya ke axolotl pertama yang sudah tumbuh kembali ekor, tangan, dan kakinya, dst, dst
profile-picture
abunsaurus memberi reputasi
profile picture
TS hyde13
kaskus addict
Wkwkwk sempet kepikiran gitu juga 🤣.. yg menyelamatkan manusia dari kelaparan di masa depan itu kemungkinan malah jamur..budidaya jamur
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di