KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Axolotl Hewan Yang Bisa Beregenerasi Seperti Deadpool
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a41889ba8d53771439e850/axolotl-hewan-yang-bisa-beregenerasi-seperti-deadpool

Axolotl Hewan Yang Bisa Beregenerasi Seperti Deadpool


Di era peperangan dewa-dewa Aztec kuno, ada seorang dewa bernama Xólot yang melarikan diri dari peperangan untuk menghindari kematian. Xólot mengubah bentuknya menjadi seekor Salamander untuk bisa meloloskan diri. Di era modern kita mengenal jenis hewan bernama Axolotl, seekor Salamander asli Meksiko yang mampu mempertahankan bentuk larva di sepanjang hidupnya. Dalam bahasa Aztec kuno Axolotl artinya adalah "Monster Laut".



Axolotl memiliki kemampuan yang tidak di miliki oleh makhluk lainnya di bumi ini. Kemampuan itu adalah proses regenerasi yang sangat unik. Axolotl dapat menumbuhkan kembali semua bagian tubuhnya yang ter putus, hingga ke sistem syaraf dan tulang. Kalau cecak hanya bisa menumbuhkan ekornya kembali, Axolotl bahkan bisa meregenerasi sebahagian dari otak, sumsum tulang belakang yang remuk dan bahkan 1/3 dari organ jantung. Proses regenerasi ini hanya memakan waktu sekitar 30 hingga 60 hari.

Baca Juga.
Ternyata Buaya Tidak Bisa Mati Secara Alami

Axolotl memiliki reaksi yang berbeda dengan manusia saat menangani sebuah luka. Saat organ tubuh manusia di amputasi, maka reaksi yang timbulkan adalah, tubuh dan immune akan mencoba membentuk sel kulit baru dan mencoba menutupi bagian yang terluka, sehingga sering kita lihat pada luka-luka kecil akan menimbulkan bekas luka. Sedang Axolotl bereaksi dengan mengubah sel-sel pada bagian yang terluka untuk membentuk kembali sel induk yang berubah menjadi tulang, pembuluh darah, otot, kulit dan membentuk organ yang sama persis seperti sebelum di amputasi.


Para ilmuan masih belum sepenuhnya memahami kenapa proses regenerasi pada Axolotl bisa berbeda dengan spesies lainnya. Namun pada 2018 para ilmuan mulai mendapatkan akses penuh terhadap susunan gnome dari Axolotl, membuat para ilmuan beramai-ramai mulai dapat mencari jenis protein dan gen apa yang membuat proses regenerasi sel pada Axolotl ini sangat berbeda dari spesies lainnya. Jika manusia berhasil menemukan kunci template dari proses regenerasi ini, maka tidak menutup kemungkinan di masa depan kita manusia dapat membuka potensi regenerasi tubuh secara alami seperti pada Axolotl.


Sumber : https://digstraksi.com/axolotl-hewan...generasi-unik/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hyde13
Cocok nih yg punya penyakit harus diamputasi semisal kanker kanker tertentu, semisal sakit kecelakaan... harus amputasi atau option diamputasi...
Seandainya bisa dilakukan ke manusia bisa di tumbuhkan kembali organ nya
profile picture
TS hyde13
kaskus addict
Iya bener banget, kayak kangker payudara yang menjadi momok untuk para kaum hawa, dengan ada ini bisa di tumbuhkan lagi.. ga tau nih apa kah bisa menambah umur manusianya..
profile picture
kempez
kaskus addict
Mudah2 an sih bisa aplikasi ke manusia tp mungkin paling cepat 10 tahun lagi
Kalo umur kayaknya kecil harapan...soalnya selaju dengan jumlah perkembangan manusia...
50 tahun lalu umur 100 itu biasa, 30 tahun yg lalu umur 100 itu istimewa
20 tahun yg lalu umur 80 itu standar...20 tahun dr sekarang umur sampe 80 itu panjang umur...
profile picture
TS hyde13
kaskus addict
@kempez Bicara masalah umur saya malah mikir misal benar suatu saat kita bisa numbuhin organ, efek sampingnya akan mengurangi umur, jadi harus milih antara mau di tumbuhin maka akan ngurangi umur atau di biarin buntung untuk umur tetap.. cuma semua itu kembali ke yang maha kuasa juga ya, krna panjangnya umur seseorang tidak ada yang tau.. emoticon-Big Grin
profile picture
kempez
kaskus addict
@hyde13 arahnya kesana gan semakin banyak manusia hidup sepertinya umur manusia semakin pendek....
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di