CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Birokrasi Oh Birokrasi, Ternyata Ini Biang Keruwetannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a4216380c1105f3d1bc248/birokrasi-oh-birokrasi-ternyata-ini-biang-keruwetannya

Birokrasi Oh Birokrasi, Ternyata Ini Biang Keruwetannya?



[ HT# 862 ]

Untuk mengerjakan suatu kebutuhan apabila bertemu dengan kepentingan publik manusia diperlukan izin legalitas dan syarat administrasi demi tata tertib dan kepentingan bersama.

Dalam tatanan kehidupan manusia hampir semua urusan administrasi tadi kita wajib hukumnya melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Syarat paling mendasar biasanya adalah KTP, KK, NPWP, foto, dokumen berkaitan dan seterusnya.

Contoh sederhananya saja jika kita akan mengurus SIM dan atau KTP maka syarat dan dokumen harus sesuai dan lengkap. Judulnya sih pendek, 'Mau bikin SIM' atau mau mengurus barang ekspor-impor, tapi prosesnya kita tahu sendiri bisa menghabiskan waktu paling cepat setengah hari!



Kenapa yang namanya mengurus yang sifatnya administrasi harus melalui jalan yang panjang dan berliku? Bahkan kita yang 'cinta' membayar pajak pun kadang masih harus mengorbankan waktu, fikiran, dan tenaga. Sebuah keanehan yang seharusnya tidak ada.

Program pemerintah untuk merampingkan dan mempersingkat waktu kerja suatu dokumen yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat memang pernah dilakukan, tapi belum menyentuh keseluruhan. Apakabarnya sekarang? Akibatnya praktek asal bapak senang masih terjadi.

Namanya juga birokrasi ya, di KBBI saja artinya sendiri sudah ruwet untuk dibayangkan. Saking ruwetnya sampai ada jargon yang populer ditengah masyarakat, "Selama bisa dipersulit kenapa musti dipermudah?", semua demi cuan dimana ada gula biasanya banyak semut yang datang. Ada peluang dan kesempatan, jabatan jadi algojo diatas meja kerjanya. Birokrasi menjadi alat kekuasaan bagi yang menguasainya. Birokrasi adalah gotong-royong yang menyesatkan hanya menguntungkan kepentingan pribadi.

Kebijakan satu pintu yang diidamkan dan diimpikan masyarakat ternyata sampai saat ini masih di awang-awang karena yang diatas masih asik bermain dan bagi-bagi kue, setidaknya itu kata teman saya. "Disini prosesnya gampang, tapi kenapa ujung-ujungya gw musti datang juga padahal gw tinggal beda kota, kan data sudah lengkap dan valid".

Efektifitas dan meringkas jalur birokrasi yang ada sekarangpun terkadang hanya sebuah kebijakan 'siluman' yang dibagian ujungnya tetap menghabiskan waktu, tenaga, dan fikiran kita.

Saya yakin setiap manusia dilahirkan sudah memiliki dokumen legalitas kewarganegaraan yang sah, itulah mengapa sejak bersekolah dasar syarat legalitas seseorang harus ada dan lengkap. Seharusnya ketika dia sudah besar dan ingin mengurus administrasi negara tinggal konek ke pusat data, tidak harus melalui berbagai pintu yang 'njilmet'.



Andaikan pelaksanaan kewajiban warganegara dikerjakan dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dilokasi satu tempat pasti banyak masyarakat yang tertib dan taat pajak. Jadi jika masih ditemukan penunggak pajak atau masih ada calo administrasi menjebak jangan salahkan masyarakat kalau budayanya masih belum berubah. Mau sampai kapan?




Sebuah opini
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Administrasi ribet bagi yg males...
Faktanya... tdk ribet klo mo ngurus sendiri dan belajar...

Klo pola pikir dr awal sudah ribet... maka jadi ribet... Disitulah calo masuk dan beraksi...

calo yg sudah tau ga ribet... akan menawarkan jasa bagi para pemalas yg blm apa2 mikir nya udah ribet aja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
santosvanjones dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red.mind
Memuat data ...
profile picture
mingkki
Auto Banned
@amatir91 @tidurpulas lucunya masih sistem gesek, aplikasi serba ada, foto upload juga tidak susah
untungnya selama ini ane mutasi R2 R4 tidak ada pungli sama sekali, cuma ya itu makan waktu karena harus cuti weekday heheh
profile picture
mingkki
Auto Banned
@amatir91 @tidurpulas di kota ane aman gan, mungkin jaman dulu pernah kena minta lembar ijo atau lembar biru tiap cabutin berkas, yang ga dapet kwitansi

kita yang taat kok dipersulit bos

emoticon-Ngakak
profile picture
syark04
kaskus maniac
@red.mind lalu terdiam emoticon-Leh Uga
profile picture
Ruuko
kaskus addict
@red.mind @amatir91@mrkon995 hari kerja nya mistis pula....jumat cm setgg hari tp senin smp kamis jg cm smp jam 2 siang itu pun blom korting jam istirahat sama jarum jam dilebihin 15 menit

Yg pure birokrasi yg biasanya lama termasuk d samsat itu yg lama klo ada sesuatu yg ingin dirubah y...klo cm pajak tahunan stnk sih cpt tinggal bayar yg lama itu klo mau balik nama, cabit berkas, ngurus bpkb baru pokoknyaplg ress tu klo ad urusan sm si coklat ini

klo pengalaman gw pindah ktp pas pandemi kmrn malah gw applause g ribet sistem onlen tggl ikuti sop nya aja via wa dokumen2nya trs ktp asli dikirim k rumah

klo yg non birokratif misal d bank...mau ngurus ganti atm, bikin token, reset password mbanking
di bank mandiri ini luamaaaaaaa banget asli dari taun 2010 smp 2021 msh gt2 aja lama nya beda banget sm bank BCA cepet gercep cs nya g tele2 ud nguasai alur administratif sm teknis nya dan inovatif jg kaya ganti kartu atm ud bs via mesin jd ngurangi antrian jg
profile picture
ozzai936
kaskus addict
@Ruuko @red.mind @amatir91 @mrkon995 bca cetak buku kasi security 5 menit siap, bri cetak buku wajib surat kuasa + materai anyinnnggg dah.....
Itu baru hal sepele.... emoticon-Ngakak
profile picture
cuy kok diem aja, respon dong mereka2 yg blg birokrasi ribet, 😂. Keliatan bgt lu g prnah berurusan sama birokrasi ataupun lu nya sndiri kerja di birokrasi..
profile picture
@pesawatmainan bener tuh

kita jg tau kali bedanya males sama ribet

kalo males, misal disuruh ngelengkapi berkas, gak mau

tapi ini udah lengkap semua2nya dan harus bolak balik
profile picture
Ruuko
kaskus addict
@pesawatmainan @mrkon995

nah iya tuh gw jg share pengalaman bikin bpkb vespa baru...vespa gw beli di serpong tangerang krn dealer terdekat d sana sementara domisili gw d cilegon jd vespa dikirim plus dokumen2nya gw beli off the road jatuh nya dan ngurus sndr buat bpkb+stnk

itu proses panjang bener ribet untung posisi ud manager jd lbh gampang lah buat ijin ninggalin kantor

pertama ngurus cek fisik k samsat cilegon trs bawa dokumen2 faktur, hasil cek fisik dll buat k polres cilegon eh ternyata msh blm bs alesan blom online d sana nya disuruh k polda banten...butuh brp jam per hari kali brp hari tuh itu jg g lgsg bpkb lahir kan tetep balik lg ngecek sebulan kemudian
profile picture
@pesawatmainan @Ruuko nah bener kann

kalo udah berangkat mah bukan males

kalo males itu belum berangkat udah bilang ribet
profile picture
badbironk
kaskus addict
@dhycr9 bener gan, sekarang syarat2 ituu mudah, ga membingungkan kaya dulu, yang bikin ane titip, itu karena lamanya proses, calo2 ini kan juga dipelihara orang dalam, makanya di dalam diprioritaskan juga, salah juga sih ane, secara otomatis membiarkan calo berkembang, dan membuat orang yang tidak pakai calo jadi lebih lama, tapi buat kasus tertentu ane ga bisa ijin terlalu lama, jadi terpaksa titip
profile picture
pleguk
kaskus maniac
Males gundulmu.
Kenyataannya gak cocok dengan cocotmu.
Ane dari dulu syarat lengkap juga ribet.

Ngurus birokrasi mbokne asu.
Minta bukti?, sini datang ke sinilah.
profile picture
reznor666
kaskus maniac
Tai anjing lah.. udah blokir no kendaraan yg udh lama dijual. Giliran beli motor lg itu yg di blokir udh kebuka lagi

Kan anjing
profile picture
@red.mind itu rekan2 yg sudah urus sendiri dan dibikin bolak-balik meski berkas sudah lengkap, apa ente anggap pemalas juga?
profile picture
share pengalaman ane,,amu minta tanda tangan ke lurah ,,3 kali dteng ga da ditempat...tapi setelah ngasih amplop...langsng sama petugasnya dibukain lacinya ,yg ternyata ada stempel tanda tangan lurah,,,,anjiimmmm banget dah pokoknya
profile picture
pengalaman gw mutasi R2 dari Jakarta ke Boyolali, kendaraan masih baru ( 1 tahun), syarat2 ud lengkap tapi ada aja alasan di SAMSAT yg katanya harus ke POLDA krn ada berkas yg keselip,, gw lupa apa nama berkasnya, bolak balik POLDA buat nanyain itu berkas sampe 1 bulan,, emang murah sich cuma 75ribu gw habis cuma buat ongkos mondar mandirnya lebih dari 75ribu,, dan adalagi nie knapa perpanjangan SIM C yg katanya 75K klo perpanjang di Mall bisa kena 150K?
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 36 dari 36 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di