CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Ninja H2R Dilarang Tampil Di WSBK, Tenaga Lebih Besar Dibandingkan ZX-10RR?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a2fb298adb8a632639e547/kenapa-ninja-h2r-dilarang-tampil-di-wsbk-tenaga-lebih-besar-dibandingkan-zx-10rr

Kenapa Ninja H2R Dilarang Tampil Di WSBK, Tenaga Lebih Besar Dibandingkan ZX-10RR?






Siapa sih yang tak kenal dengan kawasaki Ninja, saat ini menjadi idaman para penghobi motor sport untuk memilikinya. Ngomongin tentang motor pabrikan Kawasaki memang tak ada habisnya, maklum Kawasaki salah satu pabrikan yang kuat di wsbk dengan Jonathan Rea sebagai rider yang terbaik di Kawasaki.

Namun di WSBK motor yang dipakai adalah motor yang diproduksi minimal 2500 unit, bisa dibilang motor untuk umum bisa kamu beli dan dipakai di jalan raya.



Sedangkan untuk MotoGp adalah motor konsep, jadi tidak djual secara umum. Yang menarik Kawasaki punya monster yang dijuluki H2R namun tidak bisa mengikuti ajang WSBK, Kawasaki tetap memakai tunggangan Ninja ZX-10RR di ajang WorldSBK.

Kenapa ya?

Padahal kalau mau dicompare dari tenaga yang dikeluarkan oleh mesin 4 silinder 1.000 cc dari Kawasaki H2R ternyata sanggup memuntahkan tenaga mencapai 296 dk, dibandingkan Ninja ZX-10RR terbaru hanya mempunyai tenaga sebesar 211 dk saja.



Ternyata eh ternyata, pihak WSBK memang melarang Kawasaki H2R untuk beradu cepat di kejuaraan tersebut.

Alasannya karena Kawasaki H2R sudah mempunyai Supercharged, dimana teknologi ini termasuk jenis kompresor dalam teknologi forced induction. Fungsinya untuk menghasilkan tenaga mesin agar lebih besar serta memperirit bahan bakar.



Nah menurut regulasi teknologi forced induction tidak diperbolehkan untuk ikut diajang WSBK, maka secara otomatis H2R tidak diperbolehkan untuk mengikuti ajang WSBK.

Kecuali di masa depan teknologi forced induction dipakai oleh pabrikan lainnya, kalau H2R dipaksa ikut dan powernya disunat juga agak susah akan banyak kendala yang membuat motor ini jadi tidak seimbang.



Sebaliknya jika diperbolehkan dan bersaing dengan pabrikan lainnya, sudah bisa ditebak power Kawasaki akan lebih unggul dari pabrikan lainnya. Bayangkan Kawasaki dengan Ninja ZX-10RR masih perkasa apalagi H2R yang dijadikan tunggangan, setidaknya juaranya sudah bisa dipastikan motor Kawasaki akan mendominasi di setiap racenya.

Namun teknologi ini juga dilarang untuk MotoGp, karena power yang bisa lebih besar dengan teknologi ini membahayakan rider yang kecepatannya setara mobil super sport bahkan mobil Formula One, apalagi di posisi tikungan.





Test H2R



Setidaknya balapan lebih menarik kalau kekuatan mesinnya seimbang, maka skill pembalap yang menjadi pembeda.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




profile-picture
profile-picture
profile-picture
hsk31 dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Ada kriteria buat motor balapan Superbike.

Adalah motor produksi masal dan dimodifikasi sedemikian rupa sesuai regulasi sehingga dapat digunakan untuk balapan.

Yang mana sasis dan regulasi pas buat ZX10R..

Sedangkan H2 /H2R diciptakan buat para penyuka tenaga besar dan kecepatan tinggi... Cocok buat trek lurus makanya sasis dan mesin dibuat spesial dengan Superchager sebagai penambah tenaganya.

Sebelum H2 berjaya... Banyak motor kencang dijual massal seperti Hayabusa dll..

Ane rasa ini produk spesial.. semacam gengsi pabrikan gitu ..

Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lsenseyel dan 16 lainnya memberi reputasi
profile picture
badbironk
kaskus addict
Itu aja ZX10rr udah kena limiter rev / rpm, kalau engga kemungkinan besar 2021 masih milik Rea, setidaknya itu salah satu keluhan Rea kenapa tahun ini kehilangan champion emoticon-Malu (S)
profile picture
jlamp
kaskus maniac
@badbironk Yoi Om, rem buat dominasi... biar balapan lebih berwarna... Hahahha
profile picture
badbironk
kaskus addict
@jlamp mirip mirip sama standarisasi ECU di MotoGP, katanya biar rame, kalau di MotoGP sih memang terbukti jadi lebih kompetitif, banyak manufaktur di row depan, kalau WSBK lihat setahun dua tahun lagi deh, siapa tahu karena Rea yang belum adaptasi saja emoticon-Malu (S)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di