CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Apa Itu 'Bluemoon' Dan Bagaimana Proses Terjadinya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619af5215d146749ad4fd065/mengenal-apa-itu-bluemoon-dan-bagaimana-proses-terjadinya

Mengenal Apa Itu 'Bluemoon' Dan Bagaimana Proses Terjadinya!

Pernah mendengar kata Blue Moon? Bulan yang terkenal sebagai satelit alami bumi yang seringkali menghadirkan berbagai tanda tanya di benak manusia, bentuknya yang bulat terkadang hanya bisa terlihat setengah, seperempat bahkan terkadang hampir tak terlihat.
Quote:

Berbagai fenomena lain yang sejenis juga tak kalah menarik seperti adanya supermoon atau bulan berdarah dalam kurun waktu tertentu, ketika gerhana menyebabkan tampilan bulan tampak kemerah-merahan, tidak jauh dari peristiwa supermoon ternyata ada fenomena serupa yang terjadi pada bulan ketika terjadi purnama yakni dikenal dengan istilah Blue Moon. Melihat dari unsur katanya sebagian besar dari kita pasti berpikir bahwa blue moon berarti bulan ya yang berwarna biru, namun ternyata tidak pada kenyataannya istilah blue moon hanyalah kata untuk menyebut peristiwa bulan purnama kedua yang terjadi pada satu bulan masehi seperti contoh tanggal 2 Januari terjadi bulan purnama namun pada tanggal 31 januari juga disusul dengan bulan purnama lagi sehingga satu bulan terjadi dua purnama.

Uniknya istilah bulan biru ternyata tidak ada hubungannya dengan warna, warna bulan pada saat purnama tersebut umumnya berwarna pucat kemerah-merahan namun tidak menutup kemungkinan bahwa blue moon benar-benar bisa berwarna biru, meski tidak total lalu bagaimana fenomena blue moon dapat terjadi? berikut penjabarannya

Pada umumnya bulan purnama hanya terjadi sebanyak 12 kali dalam 1 tahun atau bisa disebut hanya terjadi satu bulan sekali, namun di beberapa kali kesempatan bumi memperoleh purnama ekstra dari bulan Sshingga dalam setahun terjadi 13 bulan purnama. Hal ini dikarenakan adanya ketidaksinkronan antara rotasi bumi dan bulan, yakni rata-rata siklus rotasi bulan yang terjadi selama 1 bulan adalah 29,53 hari sehingga rotasi bulan dalam satu tahun terjadi dengan rata-rata 365,24 hari, pembagian dari 365,24 hari dengan 29,53 hari menghasilkan rata-rata 12,37 siklus bulan purnama dalam setahun kemudian jumlah 366 hari bumi yang terjadi pada tahun kabisat menyebabkan angka rata-rata rotasi bulan berlebihan sehingga menghasilkan 1 bulan purnama extra setiap dua sampai tiga tahun sekali atau jika di rata-rata akan terjadi setiap 2,7 tahun sekali, itu sebabnya ada tahun di mana bumi mengalami 13 bulan purnama yang salah satunya disebut sebagai blue moon.

Quote:

Akhirnya segala kemungkinan memang dapat terjadi pada alam namun sebagian besar fenomena alam tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah selama dijalankan uji secara sistematis.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai apa itu blue moon dana  bagaimana prosesnya. Apabila gansis ada pendapat silakan tulis dikolom komentar ya, semoga thread ini bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1 & 2
S
umber Gambar : SINI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dhekazama dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Oo... taunya cmn blue waffle sih emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan kakekane.cell memberi reputasi
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di