CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Suasana Tempo Dulu yang Mungkin Telah Hilang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619f2b67e634d45b86076942/suasana-tempo-dulu-yang-mungkin-telah-hilang

Suasana Tempo Dulu yang Mungkin Telah Hilang

 
emoticon-Haiemoticon-HaiHay selamat datang lagi di trit Ryan nih, dan sekarang masih selow nggak bahas tentang klenik, horor atau gaib lagi, kita bahas yang ringan ringan dulu saja, setelah kita kemarin membahas tentang film ______ kali ini Ryan mau bahas lagi tentang hal yang kiranya membuat kita kangen dengan masa lalu nih.emoticon-Jempolemoticon-Jempol


Pernah nggak sih kalian merasa kangen dengan suasana masalalu yang begitu asri, bergitu nyaman untuk tinggal, dan kalau mengingat masa masa itu rasanya ingin merasakan hal hal yang dulu pernah kita rasakan, namun semua itu sangat sulit kita jumpai lagi di masa modern seperti sekarang.


Ryan pribadi kangen dengan suasana kampung yang sangat enak untuk bermain, kadang kesawah kadang kelapangan, hanya untuk menjadi Bolang kampung, main sampai sore hari, sampai ada suara adzan maghrib dan pulang dengan keadaan kotor, suasana peringatan hari tujuh belasan yang lebih meriah dibanding 10 tahun kebelakang ini, nuansa kebersamaan terasa sangat kental hanya sampai tahun 2007 menurut Ryan,


Entah apa yang kalian rasakan, tapi pasti untuk anak yang lahir ditahun 80an – 90an akan kangen masa masa seperti dulu, beda dengan masa sekarang yang semua terlihat begitu sangat praktis, bahkan untuk sekedar permainan anak kecil.


Nah disini Ryan mau bahas tentang hal dan suasana apa saja yang dulu ada dan kini sudah tidak ada, dan mungkin kalian akan merasakan hal yang lain mulai mengingat ingat masa lalu yang begitu mengasikan dibanding masa sekarang ini.


Untuk itu kita mulai pembahasan nya, yoookkk CEKIBRROOOOTT


1.     Suasana Nonton TV


Spoiler for Menonton TV:


Ingat tidak kalian suasana nonton jaman dulu, apalagi kita yang tidak punya tv dirumah, soalnya pada jaman dulu TV masih sangatlah hal yang istimewa dan hanya dimiliki oleh beberapa orang kaya saja dikampung kita, dan banyak anak yang dari keluarga biasa biasa saja tidak memiliki benda itu karena harganya yang masih terbilang sangat mahal.


Hehe dan oleh sebab itu banyak anak yang menumpang menonton TV ditetangga meraka yang memiliki televisi, tapi tidak sedikit juga sipemilik TV itu pelit, dan saat kita lagi nonton asik asiknya dari luar tiba tiba pintu atau jendela ditutup dan seketika anak anak yang sedang menonton pada bubar.


Tapi bagi pemilik yang murah hati, mereka akan mebiarkan para anak anak atau tetangga mereka untuk menonton beramai ramai, sehingga suasana saat menonton terasa sangat asik, hangat dan penuh dengan rasa kekeluargaan, sembari menonton pasti ada saja pembicaraan yang dilontarkan saat menonton acara di TV dan membuat atmosfir menonton menjadi lebih hangat.


Tapi kalian tahu nggak sih, TV jaman dulu itu ternyata dilain mahal, TV jaman dulu juga dikenakan pajak oleh pemerintah seperti layaknya kendaraan bermotor seperti sekarang ini, atau biasa disebut Iuran Telvisi, kisaran pembayarannyapun cukup mahal pada tahun itu kisaran Rp. 1.000 sampai Rp. 3.000 tergantung dengan besar televisi yang dimiliki, dimasa itu uang seribu sangatlah mahal, dan buku iuran Televisi pun harus diikut sertakan jika TV itu berpindah tangan,


Spoiler for Bukti Pembayaran Iuran:


Nah mungkin itu yang membuat sipemilik TV yang enggan berbagi untuk menonton bersama karena dulu mereka nonton TV itu bayar.

2.     Suasana Lebaran

Spoiler for suasana lebaran:



Kalian merasa nggak sih suasana lebaran beberapa tahun belakangan ini tidak seperti dulu lagi (terlepas dari masa pandemi), suasan terasa sangat berbeda apalagi bagi kita yang sudah beranjak dewasa dan memiliki keluarga sendiri.


Suasana hangat dan penuh dengan ketenangan dihari yang bergembira itu sedikit berkurang dengan adanya HP, bukan menyalahkan adanya HP, tapi suasana lebaran beberapa puluh tahun yang lalu tepatnya di bawah tahun 2006 (opiniku). Suasana kekeluargaan masih sangat kental.


Semua keluarga berkumpul saling bermaafan, dan setelah itu salih bercengrama dari paman, om, kakak, adik, semua saudara pokoknya larut dalam suasana lebaran, ditambah lagi keluarga yang masih lengkap, dengan adanya bapak ibu, kakek nenek, dan semuanya, membuat suasana hangat yang tidak pernah terlupakan


Apalagi dengan adanya makanan khas di hari lebaran tempo dulu, ada emping, krecek, makanan tai kucing kalau dijawa, terus dodol dll, dan kini mulai jarang kita temui.


Spoiler for jajanan lebaran:


Kalau dimasa sekarang semua berbeda, suasana lebaran lebih cenderung ke hanya sekedar berkumpul bermaafan dan main hp, itu saja.

3.     Suasana Menunggu Bapak Pulang Kenduri

Spoiler for Berkat Kenduri:


Jaman dulu saat bapak diundang oleh tetangga untuk Kenduri, pasti anak anak yang berada dirumah sudah menunggu, dan mengharapkan makanan yang dibawa pulang oleh bapak, kalau di jawa tepatnya di derahku namanya “Genduren”


Suasan menyambut bapak pulang Kenduri pasti ditunggu, apalagi waktu Kendurinya berada di tetangga yang lumayan berada, pasti isi makanannya sangat lah enak enak, para anak anak pasti sudah menunggu didepan pintu dan setelah bapak masuk kita berebutan untuk membuka bawaan bapak dari tempat genduri itu, suasana riang dan senyum sumringah dari kedua orang tua membuat hangat kala itu melihat anaknya saling berebutan memilih makanan yang disukainya, tak jarang karena memiliki minat makanan yang sama sedangkan yang tersedia hanya terbatas maka sebagai penengah, bapak pasti akan membaginya dengan adil untuk anak anaknya, dan tak jarang mereka malah tidak ikut menikmati makanan yang dibawanya pulang


Spoiler for Berkat Kenduri:


Berbeda dengan ditahun sekarang, bapak mau ke acara Kenduri atau apapun, anak anaknya akan cuek dan tetap fokus terhadap HP nya, dan hal semacam ini membuat suasana keluarga terasa sangat dingin.


4.     Suasana Pulang Sore atau Kemalaman


Spoiler for pulang main sore:


Nah tadi kan kita sudah bahas tentang suka ria nya pada masa itu, kini kita bahas tentang dukanya,

Anak jaman dulu lebih sering bermain diluar, bermain kegiatan yang lebih menguras tenaga, seperti bersepeda, sepak bola, bermain petualangan, dan lain lain, kebanyakan kegiatan mereka masih berhubungan dengan alam sekitar, dan hal itu terasa sangat asik dilakukan pada tempo dulu, alam yang masih asri, rerumputan yang masih banyak dimana mana, dan yang jelas tempat bermain anak anak masih sangat lah banyak, tidak terbatasi oleh tembok tembok seperti sekarang ini,

Tak jarang saking asiknya bermain dengan teman teman, para anak jaman dulu bermain sampai lupa waktu, dan bahkan ada yang baru mendengar adzan maghrib baru pulang, hal itu membuat orang tua mereka marah, karena harusnya sudah bersih dan tinggal berangkat sholat dan ngaji, ini masih belepotan dan bau keringat dan selain itu karena jaman dulu masih kental dengan adanya sosok makhluk halus, makanya jika anak mereka belum pulang hingga petang, orang tua mereka takut anaknya dibawa oleh makhluk halus mungkin Lampor, terus ada dijawa namanya SandingKala, dll.


Dan yang jelas setelah kita sampai rumah, sebuah cambuk atau sapu atau yang lain lah intinya untuk memukul kita, sudah menunggu kita dengan gagahnya, tinggal kita gimana bisa menghindarnya saja, tapi itulah yang membuat kangen masa masa itu


Spoiler for senjata emak:



Dan kurasa anak anak jaman sekarang tidak akan pernah tau seperti apa rasanya jika pulang malam


 __________________________________________________________________________________


Nah seperti itulah beberapa point tentang suasana masalalu yang mungkin sudah tidak bisa kita temui dimasa modern ini, rasa yang tidak akan pernah ada duanya


Nah seperti itulah pembahasan Ryan kali ini, buat yang belum follow tolong di follow ya akun Ryan ini, dan jangan lupa cendol dan Rate bintang limanya, semoga dengan membaca pembahasan yang satu ini, kalian bisa teringat dan sedikit bernostalgia dengan masa kecil kalian terutama yang lahir pada tahun 80 dan 90an, terimakasih.
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoomInIc dan 50 lainnya memberi reputasi
Nostalgia ntn tv di tetangga karena di rumah blm punya tv. Apalagi iklan marlboro itu lhoo yg masih terngiang.

Setiap sore maen gerobak sodor,galasin atau petak umpet. Klo siang naik pohon mangga tetangga. Diajarin naik pohon sama tetangga sampai dibuatin tapak di batamg besarnya dengan golok.

Bikin ayam tepung diam diam ternyata pas di makan ayamnya kurang matang, padahal tepungnya idah warna coklat, biasanya klo kayak gt hbs ambilin telur ayam di kandang untuk di jual tetangga.

Hujan deres, maen hujan hujanan sama temen temen, bahkan saat banjir berenang klo banjir sebetis sambil cari ikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zero dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
badbironk
kaskus addict
iklan malrboro yang naik Koboi naik Kuda bawa lasso terus ngejar kuda hitam di atas bukit bukan gan?

Jam 5 jatahnya Baja hitam RX, Siluman ular putih jarang lihat karena jam 7 malam emoticon-Ngakak (S)
profile picture
gushastoko
kaskus maniac
Hhahahahahahhaa iya marlboro pakai lasso. Skr juga masih ntn siluman ular putih. Tp versi baru@badbironk
profile picture
badbironk
kaskus addict
@gushastoko versi baru yang mana tuh? emoticon-Bingung (S)
profile picture
gushastoko
kaskus maniac
Ntnnya gak di tipi atau utube. Tp di aplikasi Iqui. Ada dua versi baru, remake white snake legend sama destiny white snake@badbironk
profile picture
tiarap86
kaskus addict
Nonton tetangga main nintendo / ps1 sambil nunggu giliran
profile picture
gushastoko
kaskus maniac
Iya betul juga. Main nintendo zelda. @tiarap86
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di