CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6172a460e188db56ed33a3e0/apa-writers-block-itu-nggak-ada

Apa Writers Block Itu Nggak Ada?

gambar

cara menulis

Hola Selamat Malam penduduk kaskus di jagat raya di dunia nyata maupun di dunia maya. Pernahkah Gansist membuat tulisan lalu merasa mentok dan kesulitan meneruskannya? Jika iya, maka hal tersebut biasanya dinamakan dengan Writers block.



Namun semakin kesini apakah Gansist merasa bahwa writers block itu benar-benar ada?



Hmm, jika memang demikian, kenapa penulis merasa kesusahan sekali ketika hendak menuliskan sesuatu yang padahal idenya sudah mengendap lama, bahkan sudah ditulis dalam note?



Beberapa bulan yang lalu Ane mengikuti live instagram bersama seorang penulis bernama Okky Mandasari yang domisilinya sekarang adalah di Singapura. Ceritanya Ane yang orang kepo dan akhirnya menelusuri ternyata beliau adalah penulis senior yang memang sudah menelurkan beberapa buku yang sangat recommended untuk dibaca loh.



Dalam menulis kata Mbak Okky, sebenarnya tidak tidak ada yang namanya Writers Block atau mentok dalam menulis. Tentu alasannya karena semua sudah dipersiapkan melalui outline atau diagram penulis atau imajinasi memang tak terbatas.


Bagaimana agar Writers Block Itu Nggak Ada?


1. Penulis Suka Membaca

gambar

Seseorang penulis memang harus suka membaca, karena penulis senior sekelas bunda Asma Nadia telah menyatakan bahwa, "Membaca adalah kuliahnya penulis."


Namun memang ada trik-trik khusus yang perlu dilakukan oleh penulis ketika dia memutuskan untuk menulis buku atau menulis cerita, sehingga besar kemungkinan tidak akan terjadi yang namanya writers block.


2. Penulis Pandai Memilih Konflik

gambar

Writers block sendiri bisa disiasati dengan memilih konflik terlebih dahulu, sehingga penulis terlebih dahulu disarankan untuk menulis konflik dalam sebuah note sebelum memutuskan menulis cerita.



Konflik pilihan di sini dalam sebuah cerita yang baik harus berhubungan dengan karakter tokoh. Di mana fungsi konflik ini akan membuat cerita menegangkan, juga tidak membosankan, sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca cerita yang telah penulis buat.


3. Penulis Menuliskan Realita dalam Karya Fiksi

gambar

Bisa dibilang bahwa writers block itu tidak ada karena penulis bisa menggunakan imajinasinya untuk menghubungkan realita saat akan menulis cerita. Untuk sangat ditekankan adalah jangan lupa cerita harus berdasarkan logika atau tidak cacat logika. Selain itu tulisan hendaknya memiliki pengetahuan. Harapannya tentu saja memungkinkan pembaca dapat mengambil kesimpulan yang berkesan, sehingga juga tidak menganggap bahwa penulis hanya halu aja. emoticon-Smilie


4. Penulis Punya Sikap Empati

gambar

Seorang penulis agar tidak mengalami writers block, maka dalam dunia nyata dia dituntut untuk mempunyai sikap empati atau di manapun dirinya berada. Konon dengan demikian maka menulis akan seperti air yang mengalir saja.



Hingga menulis akan sangat mudah atau dalam hal ini namanya unsur intrinsik dalam diri penulis sendiri. Untuk memunculkan empati ini– membuat seseorang berkesadaran dalam memunculkan emosi-emosi tokoh. Tokoh dituliskan dengan cenderung emosional sehingga pembaca mampu merasakan debaran saat membaca cerita yang telah penulis buat.



5. Penulis Membuat Cerita dengan Menggunakan 2 Karakter yang Bertolak Belakang

gambar

Kemudian untuk menghindari writers block yang lain adalah dengan membuat cerita menggunakan dua karakter yang bertolak belakang. Tujuannya agar cerita menjadi bagus. Misalnya jika kita menggunakan tokoh protagonis itu memiliki sifat pandai, maka protagonis yang lain kita harus membuatnya terlihat bodoh.




Sejurus kemudian pesan Mbak Okky yang lain untuk belajar menulis cerita, penulis bisa membaca novel dari Mbak Okky yang berjudul Pasung Jiwa di sana menjelaskan tentang (sisi lain–perasaan tertekan tokoh–yang orang biasanya melihat mereka baik-baik saja padahal sejatinya mereka punya masalah).



Yeah Gansist apa trick ini cukup membantu? Yuk komen di bawah!🙌 Ane juga lagi belajar nih supaya ke depannya bisa membuat tulisan dan cerita yang bagus sekaligus menarik. emoticon-Smilie


Thread murni olahan @qoni77

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Okutet dan 18 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hahhaha gitu nbanget Gan? Menohok (:

Quote:


Iya sih Gan, tapi tetap ajah kadang kesusahan merangkak kata
Hiks
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di