KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Problem Anak Muda Zaman Now : Dituntut Ini Itu, Enggak Boleh Begini Begitu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6171967991052d4d2a1f35cf/problem-anak-muda-zaman-now--dituntut-ini-itu-enggak-boleh-begini-begitu

Problem Anak Muda Zaman Now : Dituntut Ini Itu, Enggak Boleh Begini Begitu



Cangkeman.net - Sebagai seorang yang masih muda dan bergairah, aku masih memiliki banyak semangat dalam hidup. Pesan-pesan optimisme yang digaungkan orang-orang di seluruh dunia terhadap anak muda sepertiku membuatku merasa yakin bahwa masa depan milik kita kaum muda. Kita yang nantinya akan meneruskan perjalanan sejarah umat manusia.

Aku memiliki lingkar pertemanan yang cukup luas. Dari berbagai kalangan dan dari berbagai haluan. Dan rata-rata teman-temanku ini yah anak-anak muda juga sama sepertiku. Mereka memiliki semangat hidup yang masih tinggi, lugas, dan berbahaya.

Harapan memang kerapkali dibebankan kepada kita para pemuda-pemuda ini. Dari lingkup keluarga, masyarakat setempat, hingga negara dan dunia pun membangun narasi-narasi yang membebankan masa depan kepada kita. Mereka percaya, dengan segala perkembangan dunia saat ini dan berbagai macam tools yang ada dapat membuat generasi mendatang lebih baik lagi dari generasi sebelumnya.

Impian-impian kemajuan yang tinggi selaras dengan kemajuan segala hal yang ada di dunia seperti pendidikan, teknologi, dan sains memang hal yang normal. Namun hal itu akan menjadi sebuah bumerang jika kita tidak bisa melihat individu per individu.

Seperti yang kita ketahui, sejarah selalu mencatat tentang kemajuan demi kemajuan dari mulai bangsa pemburu pengupul menjadi bangsa petani, hingga sekarang kita menjadi bangsa industri. Para sejarawan dan mungkin kita sepakat bahwa kemudahan demi kemudahan selalu tercipta dari masa ke masa. Namun adakah yang dapat menjawab apakah segala kemudahan yang manusia peroleh berbanding lurus dengan kebahagiaan? Tentu ini membutuhkan variabel yang lebih kompleks lagi.

Begitu pula dengan anak muda ini. Dengan banyaknya tools, keahlian, serta jaringan yang mungkin lebih banyak dimiliki oleh generasi muda daripada generasi sebelumnya, belum tentu mereka lebih bahagia.

Kini, tuntutan sosial juga jadi lebih beragam. Ketika masyarakat pada tahun 70an mungkin akan bangga ketika anak mudanya sudah dapat menghasilkan uang sendiri, di masa ini hal itu tidaklah cukup. Anak muda zaman now dituntut juga untuk sekolah tinggi, memiliki setidaknya lebih dari satu kehalian dan bahkan tatanan sosial menuntut mereka agar berpakaian, ngopi, dan nongkrong pada merek dan tempat tertentu agar diakui.

Tuntutan sosial tersebut terkadang justru dibenturkan dengan tuntutan sosial lainya. Seperti menikah di umur sekian, lulus kuliah pada waktu sekian, punya rumah, kaya raya, namun tetap beradab terhadap orang yang lebih tua dan peraturan yang ada.

Bahkan jika anak muda ini gagal memenuhi ekspektasi para pendahulunya, tak jarang mereka justru disalahkan dengan berbagai argumen yang menjatuhkan. 

Jangankan setelah jatuh, sebelum jatuh pun, anak muda seolah-olah tidak boleh berleha-leha. Rokokan dan ngopi-ngopi santai dibilang pemalas, membangun komunitasnya dalam banyak bentuk seperti komunitas games dan mungkin perkumpulan sosial juga kadang masih sering dihujat.

Kita anak muda seolah-oleh diatur -baik secara langsung atau tidak langsung- oleh masyarakat agar kita menjadi ini dan itu, serta tidak boleh begini dan begitu. Namun kita mau begini dan begitu serta ini dan itu juga jika kita jatuh, kita akan lebih banyak mendengar hujat dan cemooh daripada suara penolong.

Tulisan ini ditulis oleh Fatio Nurul Efendi di Cangkeman pada tanggal 7 Oktober 2021


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldodickys dan 22 lainnya memberi reputasi
Kalau problem anak zaman purba, lu cari makan hari ini kalau ngga besok lu mati....emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan TUPAIKABEL memberi reputasi
profile picture
TS cangkeman.net
kaskus holic
Pengalaman nih kayanya heuheu
profile picture
McTravish
kaskus maniac
Padahal cuman mau nyari makan, tp harus bertarung sama mamoth dulu emoticon-Frown
profile picture
71disini
kaskus addict
Time traveler kah agan?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di