CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kampung yang Digusur Ahok Tidak Dibangun Kembali oleh Anies, LBH: Warga Disuruh Sewa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616d75dcab039d7b207f0a23/kampung-yang-digusur-ahok-tidak-dibangun-kembali-oleh-anies-lbh-warga-disuruh-sewa

Kampung yang Digusur Ahok Tidak Dibangun Kembali oleh Anies, LBH: Warga Disuruh Sewa



Suara.com -Lembaga Bantuan Hukum (LBH) mengungkapkan kampung-kampung yangdigusuroleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atauAhoktidak dibangun kembali oleh GubernurAniesBaswedan. Pasalnya, warga malah disuruh sewa untuk bisa tinggal di situ.

Pengacara Publik LBH Jakarta Yenny Silvia Sirait mencontohkan pembangunanKampung Akuariumdan Tanah Merah. Kedua kawasan ini disebut Anies telah dibangun kembali setelah dulu digusur oleh Ahok ketika memimpin.

"Gubernur mengatakan, itu kampung yang digusur di era Ahok itu sedang dibangun kembali, pada praktiknya tidak begitu, betul memang dibangun kembali tapi dijadikan rusunawa, warga disuruh sewa," ujar Yenny di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/10/2021).

Yenny menyebut warga diminta menyewa Rumah Susun Sewa (Rusunawa) selama lima tahun di lokasi itu. Warga tidak bisa mendapatkan hak kepemilikan.

"Itu nggak menjamin keamanan bermukim orang disuruh bermukim di sana selama lima tahun, itu pendek banget (waktu sewa)," tuturnya.

Yenny pun menganggap Anies tidak memenuhi janji kampanye membangun kembali pemukiman untuk warga. Tindakan ini disebutnya tidak berbeda dengan yang dilakukan oleh Ahok.

"Itu bukan dikembalikan kampungnya seperti yang digadang gadang, tempat mereka digusur itu cuma dibangunkan kembali Rusun untuk kemudian disewakan warga. Apa bedanya, mereka kemudian digusur dan dipindahkan ke rusunawa," ucap Yenny.

"Bedanya kalau lokasinya dulu waktu mereka digusur di tempat yang jauh," tambahnya menjelaskan.

Yenny mengaku sudah pernah memberikan pendapat legalnya kepada Pemprov mengenai pemberian hak milik kepada warga Kampung yang digusur itu dengan mekanisme hibah. Namun, ia menyayangkan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta masih belum juga mau melakukannya.

"Saya enggak tahu apakah DPRKP tidak menggali aturan-aturan yang baru atau memang dengan sengaja tidak memresentasikan itu kepada warga," pungkasnya.

https://www.suara.com/news/2021/10/1...a-disuruh-sewa

Makanya.. Jangan remehkan kekuatan kata2 + ayat.. emoticon-Malu (S)

Makan tuh.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 27 lainnya memberi reputasi
emang begitu endang不不不. krn gk punya sertifikat makane dibangun rusunsewa biar tertata dan warga gak jadi kumuh dan pemalas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waruremi dan 8 lainnya memberi reputasi
profile picture
samsol...
kaskus maniac


hanya 5 tahunemoticon-No Hope



Tim pemenangan Ahok-Djarot bidang data dan informasi Eva Kusuma Sundari mengatakan apabila pasangan Ahok-Djarot kembali terpilih, akan melakukan subsidi hunian pada warga Jakarta yang tidak mampu.

"Subsidi penuh bagi yang tidak mampu, penghasilan di bawah satu juta, hanya bayar uang kebersihan. Seumur hidup boleh diturunkan ke anak cucu, tidak akan digusur," ujar Eva kepada wartawan, Kamis (6/4/2017).

Apabila penghasilan warga tersebut masih belum stabil, pemerintah Jakarta akan menggratiskan 6-10 bulan. Tapi, warga dilarang menyerahkan hunian pada orang lain.
Skema kedua, bagi warga yang penghasilannya Upah Minimum Provinsi hanya membayar sewa Rp300 ribu sebulan. Unit bisa dipakai selama seumur hidup.
"Bisa diturunkan ke anak cucu, 6-10 bulan gratis, tidak akan diusir sampai penghasilan stabil. Tidak boleh dialihkan kepada orang lain," kata dia.

Pada skema ketiga, menerapkan skema sewa beli, bagi warga yang penghasilannya di atas UMP hingga Rp19 juta, dapat memperoleh Hak Guna Bangunan (HGB) setelah membayar sewa dalam jangka waktu tertentu.

"Bayar sewa dari Rp450 sampai Rp600 ribu per bulan, untuk jangka waktu tertentu, dapat tanda lunas dan HGB. Hanya boleh dijual kepada Pemda DKI," jelas Eva.

Pada skema keempat, warga yang penghasilannya diatasi Rp10 juta, dapat mengajukan kredit kepemilikan rusun.

"Kredit rumah susun lewat KPR," kata dia.

emoticon-Toast
profile picture
Lantas kenapa dia selalu nyalahin Ahok kalau solusi yang dia kasih justru biadab!
profile picture
khafidz99
kaskus geek
yg penting seiman, ya ga emoticon-Leh Uga
profile picture
vegasigitp
kaskus maniac
goblok dengan bangga bener nih kunyuk
profile picture
tigaporsi
kaskus addict
Setelah 5 tahun diusir dan naikkan biaya sewa 10x lipat buat dihuni orang2 menengah bermobilemoticon-Big Grin
profile picture
bedilsakti
kaskus addict
@tigaporsi buat nyimpen gundik2 hahaha
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
×
穢 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di