KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Masih Sering Pakai Rem Tangan saat di Lampu Merah? Sebaiknya Dihindari!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61667b995a99c50d5f464c9e/masih-sering-pakai-rem-tangan-saat-di-lampu-merah-sebaiknya-dihindari

Masih Sering Pakai Rem Tangan saat di Lampu Merah? Sebaiknya Dihindari!



Saat berkendara di perkotaan, sudah menjadi hal biasa perjalanan kita harus berhenti sejenak di lampu merah persimpangan jalan. Pada saat itu, banyak pengguna kendaraan yang memanfaatkan momen ini untuk bersantai, khusunya bagi pengguna mobil, mereka bisa mengambil kesempatan untuk peregangan tubuh atau sekadar mengecek notifikasi pada ponsel.

Agar lebih rileks, beberapa pengendara kadang mencoba untuk memberikan kesempatan bagi kaki mereka untuk bersantai dari pedal rem dengan memasang rem tangan atau hand brake. Tapi amankah ini?

Mengutip keterangan resmi Suzuki Indonesia, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa penggunaan hand brake saat berhenti di lampu merah merupakan keputusan yang kurang tepat. Sebabnya, keputusan ini justru malah akan membuat Anda jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar.

Misalnya, saat menarik tuas hand brake, kalian jadi merasa lebih aman dan santai hingga bisa melakukan banyak hal, termasuk bersantai dan mengecek ponsel. Jelas aktivitas ini sangat berbahaya karena fokus Anda yang terganggu.

Menurut Sony, lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya yang bisa menurunkan konsentrasi. Bagaimanapun juga, selama berhenti di lampu merah Anda wajib tetap waspada. Kalaupun ingin sedikit bersantai, sebaiknya langsung menepi saja.

Baca : Ini 3 Macam Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Kendaraan

Selain masalah fokus, saat tuas hand brake aktif, mobil memang tidak bergerak. Tapi tetap berbahaya karena lampu rem dalam kondisi menyala. Jika seperti ini, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka dan berisiko menyebabkan kecelakaan seperti mobil ditabrak atau bersenggolan.

Sony menegaskan tidak ada jalan lain kecuali kalian harus terus fokus sambil menginjak pedal rem. Dengan begitu, mobil tidak akan melaju dan lampu rem pun menyala. Alhasil, pengguna jalan lainnya akan tahu jika Anda sedang melakukan pengereman.

Selain itu, dengan posisi kaki yang tetap berada di pedal rem, kalian akan tetap waspada dengan kondisi sekitar, termasuk saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba untuk menerobos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit, biasanya pengguna sepeda motor.

Mengenai penggunaan hand brake, fitur ini diciptakan khusus untuk membuat mobil tetap diam saat diparkirkan di jalur yang landai atau menanjak. Selain itu, hand brake pun bisa difungsikan saat kalian terjebak macet di jalanan menanjak atau menurun dengan teknik buka-tutup.

Jadi, tetap gunakan semua fasilitas dalam mobil sesuai dengan fungsinya, dan jangan lupa untuk terus fokus selama berkendara!

Sumber : https://hypeabis.id/read/5915/sering...knya-dihindari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jayyyuss dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jahemerah01
Sony ini mesti orangnya kaku banget kyk kanebo kering. Emang selalu gitu narik hand rem/rem parkir di lampu merah lalu mainan hp atau menurunkan konsentrasi? Bagi pengemudi, cara ini juga bisa dipakai untuk istrht kaki. Masak disuruh injak rem terus menerus. Kalau udah capek dan berharap mobil berhenti pakai rem kaki, ternyata gak sadar kaki keangkat dan malah mundur pelan akhirnya nabrak kendaraan lain. Saya bayangin sony ini kalau di lampu merah berhenti lalu injak rem, terus matanya melihat serius sekeliling dan gak mau diajak bicara biar waspada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
McTravish dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donisgh
profile picture
geminibb
kaskus addict
klo temennya dr jauh negor, woooiii sonyyyyy, apa kabarrrrr?? trus dia respon dan lambainya ke depan y, ga liat sekeliling siapa yg manggil wkwkwkkwkwkwkkw. baru belajar nyetir atau gmn itu si sony
profile picture
donisgh
kaskuser
@geminibb asem. Wkwkwkwk
profile picture
McTravish
kaskus maniac
ngakak ane ngebayanginya wkwkwkwkwkwkw emoticon-Ngakak (S)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di