CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61667b68823f4f78136c7b08/pro-kontra-menitipkan-orang-tua-di-panti-jompo

Pro Kontra Menitipkan Orang Tua Di Panti Jompo

Pro Kontra menitipkan orangtua di panti jompo

Pro kontra menitipkan orang tua di panti jompo seakan tak habis pembahasannya sebab bila membahas kebahagiaan orang tua yang sudah lansia sangat banyak pertimbangan yang kadang menjadi boomerang akibat nyinyiran orang lain


Foto: gambar orang tua

Salam sehat gansis, tetap semangat walau cuaca agak hot dan bikin rasa haus tiada akhir. Bagaimana cuaca di tempat kalian gansis?

Orang tua yang sudah lanjut usia memang kerap menjadi akar permasalahan dalam keluarga. Ironis sekali, orang tua dijadikan alasan oleh anak-anaknya yang harus menanggung kehidupan keluarga masing-masing. Tak jarang, anak-anaknya menelantarkan orang tua begitu saja namun kadang hal tersebut terjadi akibat masalah ekonomi juga. Lain hal dengan lansia yang ditinggal mati oleh pasangan atau anaknya. Kembali lagi salah satu penyebab menelantarkan orang tua adalah faktor ekonomi.
Padahal orang tua mana yang mau memaksa anaknya untuk mengurusnya.
Masa kecil kita, orang tua tak pernah kompromi akan kebahagiaan kita.



Itu makanya ada pernyataan, 1 orang tua sanggup mengurus 5 anaknya, 5 anak tidak sanggup mengurus 1 orang tua.

Bagaimana kalau yang tidak memiliki anak dan jauh dari sanak saudara bahkan saudaranya pun acuh?
Banyak sekali kasus lansia terlantar dan harapannya pemerintah setempat memperhatikan masalah tersebut.

Seharusnya hal ini bisa menjadi tolak ukur keluarga yang memiliki orangtua lansia.

Namun kenyataannya banyak anak yang durhaka pada orang tuanya. Mungkin saat ini kehidupan sukses seperti yang diharapakan namun balasan untuk anak durhaka adalah akhir zaman yang menyiksa.

Lain pula dengan keluarga yang menitipkan orang tua lansia di panti jompo.

Ada yang alasannya, orang tua sudah menjaga kita dari kecil hingga menikahkan anaknya yang butuh biaya besar, tak pantas menitipkan orang tua ke panti jompo. Sebagai balasannya, anak secara totalitas harus menjaga orang tua di masa tuanya.

Ada pula beralasan, si anak bekerja di luar kota hingga dengan terpaksa menitipkan orang tua di panti jompo. Ditanya kabar sebisa mungkin setiap hari dan sebisa mungkin pantinya dekat dengan tempat tinggal si anak.

Ada lagi beralasan, si anak sibuk kurang waktu mengurus lansia, dan sangat kasihan orang tua juga perlu bercengkrama dengan teman seusianya di panti,dari pada di rumah tidak ada teman berbicara dikarenakan kesibukan anaknya.


Kembali ke keadaan masing-masing keluarga, jikalau memang ada hambatan karena melanjutkan kehidupan yang memaksa harus jauh dari orang tua ya sah-sah saja menitipkan orang tua di panti jompo dengan syarat memilih panti yang lisensi benar-benar memiliki ijin operasional yang legal. Misalnya pun ada pelayanan panti jompo secara gratis, pastikan standar pelayanannya sesuai dengan kriteria yang kita inginkan dan pastikan juga bila ada hal yang tidak diinginkan, masing-masing pihak harus bertanggungjawab.

Bila anak masih sanggup dan sebisa mungkin berkorban untuk orangtua maka pahalanya akan besar. Semoga kita semua bisa ya gansis 👍✌.



Bila ada nyinyiran orang lain yang tidak setuju dengan cara kita menitipkan orang tua di panti, abaikan saja karena menempatkan diri sendiri di posisi terendah orang lainsulit itu sangat sulit.

Yang penting orang tua kita selalu bahagia dan selalu mengusahakan yang terbaik bagi mereka.

Semoga orang tua kita sehat dan selalu bahagia di masa tua mereka ya gansis. Aamiin.

Terimakasih atensinya gansis, sundul cendol dan rate 5 nya ya gansis ☺

Sumber: opri, dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfaag dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sintara85
Hi agan,
Disini ane ga akan nanggepin pro dan kontranya.
Ane hanya ingin membagi pengalaman saja.

Istri ane kebetulan perawat panti jompo di Belanda. Dah belasan tahun.
Dari cerita dia dan bbrp kali ane ikut datang kesana, ternyata suasananya ga sebagaimana yang ane pikir selama ini.
Pointnya adalah suasananya ya, bukan fasilitasnya.

Ternyata mereka, para lansia itu malah lebih suka di panti jompo. Karena ngumpul seumuran. Kegiatannya pun sesuai dengan kondisi mereka. Tentu didukung dengan fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Misal kalau sehari2 musti pake kursi roda. Atau alat pendukung lain.

Ane jadi dikit membandingkan dengan ortu di kampung. Emang tinggal di rumah sih, tp malah lebih banyak dapat tugas momong cucu kl ditinggal kerja. Belum lagi bantu masak, kalau pas ndak sempat. Juga kadang bantu beres2 rumah.

Belum lagi konflik2 yang sebeenrnya ndak perlu sama menantu. Cucu dan anaknya sendiri.

Dipantai jompo di Belanda, para kakek dan nenek itu setiap waktu bercengkrama sesama mereka, berbagi cerita. Ga direcokin sm cucu, ga cape musti momong. Rata2 pada seneng dan bahagia deh. Bahkan ada yang sampe pacaran emoticon-Smilie

Ini asli lho, berdasar pengalaman, hasil ngobrol2 dengan mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rosepetalbackd7 dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
jkkkkkk
kaskuser
Apalagi kalau punya saudara yang hanya pake kekuatan uang tapi nga mau berkorban tenaga bahkan masih menyalahkan satu pihak. Kadang kasian liat nyokap, dahlah penyakit diabet masih disuruh nguruh nenek gw yang ampun DJ. Mending nenek gw baek, ini mah bikin pusing, suka nyumpahin nyokap biar mati,ngatain bokap tukang tenung, suka jejeritan nyalahin ortu gw.

Giliran ada pendapat di taro di panti jompo aja sok-sokan bilang kasihan. Tapi nga punya empati buat orang tua gw.
profile picture
TS sintara85
kaskuser
Setuju gan @edhiemaz
Saya jg kurang setuju kalau orang tua harus jaga cucunya 😩, ya kdg hal ini jg sering pro kontra.. Tapi kalau sebagai anak jg rela berkorban ninggalin pekerjaan utk jaga anak sendiri, ya demi orgtua menikmati masa tuanya
profile picture
TS sintara85
kaskuser
@jkkkkkk ya gmn gan faktor ekonomi memang selalu jd patokan lansia terlantar.. Semoga ibundanya selalu sehat dan yg merawat diberi kesehatan y agan
profile picture
jkkkkkk
kaskuser
@sintara85 aminnn... Makasih
profile picture
satriyasegala
kaskus addict
Beda budaya pertemanan dan kekeluargaan german mirip2 amrik temenya itu2 aja

Lain dengan indonesia kususnya jawa kecuali diperumahan2 elit ibu2 sukanya ngerumpi sama ibu2 se komplek bapak2 juga nongkrong di desa/komplek banyak temenya, makanya dianggap jompo sangat jahat,

Anak gak tau diri ngerepotin orang tua sebulan 1x masih oke/keadaan darurat kalo tiap hari itu orangtua kalian bukan babysitter

Contoh rumah tangga ane ortu udah pensiun, ane nikah udah beli rumah pindah pas pengantin baru tapi ane kasian pagi sama malem kek kesepian banget bapak ibuk ane sama adik cowok, akhirnya ane putisin ke rumah ortu lagi istri biar bisa gantiin tugas ibuk masak bersih2 rumah nemenin ibuk sama biar ibuk bisa main sama cucunya yg datangnya telat karna ane nikah di usia 30, entar kalo adik udah nikah biar ane pindah lagi
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di