CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61528124d8e4c12a1a54a97b/pppk-honorer-banyak-yang-tak-lolos-apakah-passing-grade-ketinggian

PPPK, Honorer Banyak yang Tak Lolos, Apakah Passing Grade Ketinggian?


sumber

Hai Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya?

Lagi marak-maraknya nih yang membahas tentang PPPK. Gansist ada yang ikut mendaftar menjadi PPPK, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja?

Seleksi tahap 1 telah selesai dilaksanakan dari 13 sampai 17 September 2021 kemarin, sekarang tinggal menunggu pengumuman siapa-siapa yang diterima menjadi PPPK.

Santer berembus kabar kalau pegawai honorer yamg mengikuti seleksi banyak yang tidak lolos passing grade terutama guru yang telah sepuh. Mereka kebanyakan mengeluh karena passing grade terlalu tinggi. Apa benar sih passing grade-nya ketinggian?

Tes seleksi PPPK terbagi menjadi 3 kategori ujian yakni tes kompetensi tehnis, tes managerial dan sosio kultural serta tes wawancara. Dari tiga hal tersebut memiliki standar passing grade yang berbeda.

Adapun rinciannya sebagai berikut:
-tes kompetensi tehnis jumlah soal 100 durasi waktu pengerjaan 120 menit dengan nilai maksimal 500.
-tes managerial dan sosiokultural, jumlah soal 45 durasi pengerjaan 20 menit nilai maksimal 200 dengan passing grade 130.
-tes wawancara, jumlah soal 10 durasi mengerjakan 10 menit nilai maksimal 40, dengan passing grade 24.

Dari ketiga kategori tersebut kebanyakan yang tidak lolos passing grade adalah tes kompetensi tehnis. Apakah nilai passing grade ketinggian?

Untuk nilai passing grade (PG) pada tes kompetensi tehnis berbeda-beda antar mata pelajaran/mapel. Aku ambil sampel mapel bahasa Indonesia SMP ya, Gansist. Untuk PG mapel bahasa Indonesia SMP sebesar 265 poin.

Secara mata awam nilai 265 harusnya mudah dicapai karena nilai maksimal cukup banyak yakni 500 poin. Bisa dihitung-hitung nilai 265 hanya setengah dari 500 poin artinya hanya mengerjakan 50% lebih sedikit soal atau sekitar 55 soal dijawab benar. Alias hanya separo lebih sedikit, kemungkinan sudah dapat passing grade. Iya, kan, Gansist? Tapi, nyatanya banyak yang tidak mencapai PG sehingga gugur.
sumber

Apa sebenarnya yang menyebabkan peserta tes sulit untuk mencapai nilai PG? Pastinya ada berbagai faktor yang menjadi pemicunya. (Versi TS)

1. Durasi
Waktu menjadi kendala yang utama, apalagi durasinya terlalu singkat. Misal, soal bahasa Indonesia yang kebanyakan memiliki soal yang panjang dan berparagraf-paragraf butuh waktu yang lama untuk membaca dan memahami. Aku yakin bapak ibu guru bisa menjawab soal-soal tersebut selama waktunya cukup tidak diburu-buru.

2. Penglihatan

Untuk membaca soal di layar komputer dalam jangka waktu yang lama juga merepotkan untuk para bapak ibu guru yang sepuh. Apalagi bila soalnya panjang, huruf bisa ngilang sendiri dari pandangan karena kabur.

3. Daya ingat

Bagi bapak ibu guru yang senior terkadang lupa dengan teori-teori mengajar waktu di jaman kuliah. Lebih banyak berpraktik mengajar secara langsung dari pada mementingkan teori, yang terkadang kurang relevan dengan keadaan di lapangan. Jika dibandingkan dengan para new graduate yang masih fresh tentu saja akan kalah poinnya.

Nah, itu tadi bahasan tentang nilai passing grade yang banyak menilai ketinggian. Nilai passing grade ketinggian atau tidak, tergantung dari aspek/sudut pandang orang per orang.

Sekian thread dari aku, semoga menambah wawasan. Sampai jumpa dan terima kasih.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Referensi: 1 dan 2


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivandyyy dan 38 lainnya memberi reputasi
Logika dulu deh, mau cari yang bisa kerja buat negara dan masyarakat masa mesti pake standar kasian dan simpati? bukan cari yang benar2 terbaik dari semua orang? itu dulu deh ya.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danjau dan 9 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS dalledalminto 
KASKUS Plus
Benar gan, kadang teori tak sejalan dg praktik di lap
profile picture
santosvanjones
kaskus addict
sebenernya sistem yg dipakai udah bagus sih, semua berdasar kompetensi, intinya harus bisa menyesuaikan dengan zaman, apalagi ini bidang pendidikan yg sangat dinamis.
profile picture
fcb.com
kaskus addict
Klo ane punya pendapat ini utk mengakomodir honorer2 terutama di daerah2 (kebanyakan guru) dr sistem yg lama. Jd pemerintah yg sekarang serba salah, maka diambil jalan tengah seperti ini. Mdh2an yg namanya honorer ud ga ada lagi kedepannya
profile picture
kurangdolan
aktivis kaskus
Kadang ada rasa kasian juga. Tapi benar juga pendapat agan. Semua ingin yg terbaik, maka berkompetisilah.
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
Mau yg terbaik??? Tambah lah kuota guru pppk jadi kesempatan 50:50 fair square
profile picture
angelpesek
kaskus maniac
@fcb.com jadi sebenernya gaji dari honorer aja bisa hidup kan ?
profile picture
fcb.com
kaskus addict
@angelpesek ane pastinya ngga paham jg, tiap2 daerah pny anggaran masing2 dn tingkat hidup layaknya jg beda2 tiap daerah. Terlalu luas range gaji honorer seprtinya, ga da patokan, misal. honorer t.pendidik d tiap daerah minimal sekian rupiah. cmiiw
profile picture
papahjahat21
kaskus addict
Ane berpendapat, ketika yg diutamakan utk yg berumur. Akan ada siklus berumur terus karena yg muda seperti saat ini akan menjadi tua, perputaran itu akan dialami jika pesaing tidak dibuat terpisah. Contoh: Yg PPG sama PPG, yang K2 dengan K2, dan fresh gradu sama fresh gradu. Itu aja sih seharusnya. Toh, guru ke murid selalu menarget KKM bukan? Ga malu sama pandangan sendiri kalo gitu. Hal yg diiyakan dalam sistem P3K ini ga ada hari tua, lah mau2 an lagi. Pejabat 5 tahun aja dpt gaji tunjangan. Terakhir sistem penilaian apakah layak atau tidaknya ditentukan kepsek nah ini lagi trouble. Ketika berbeda pandangan sendikit saja, bisa2 di umur 45-50 bisa hilang dah P3K, efeknya yakin masih ada sekolah yg nerima umur 45-50 tahun kalo kontrak hanya 1-5 tahun aja?..
profile picture
danjau
aktivis kaskus
Setuju gan, krn selama ini mayoritas pegawai honor org titipan pjabat
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di