CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/615066c52b0c0a6d2b013194/seragam-sekolah-mau-dibebasin-apakah-ini-solusi-terbaik-ayo-diskusi-gan

Seragam Sekolah Mau Dibebasin, apakah ini solusi terbaik? Ayo diskusi gan !

Ane emang kurang update sama berita gan, cuma masalahnya kemarin malam bapak-bapak di pos ronda pada asik berbincang membicarakan mengenai siswa di Jateng yang ga diwajibkan lagi pakai seragam.



Ini berita emang udah lewat sebulan, tapi ane jadi kepikiran apakah ini memang solusi terbaik.

Niat pak Ganjar emang baik, yaitu mau membantu meringankan siswa yang orang tuanya kurang mampu sehingga seragam sekolah pun tidak perlu beli sebab sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam.

Ini niatnya baik, tapi saya rasa ini juga bukan solusi yang baik. Kalau mau solusi dari saya ya gini solusi nya gan : Kasih subsidi ke sekolah, gratiskan saja seragam sekolah. Hehe, simple kan emoticon-Big Grin

Jangan sampai sekolah dibebaskan dari penggunaan seragam, karena mau tidak mau kita memakai seragam sekolah adalah bukti bahwa kita seorang pelajar dan penggunaan seragam sekolah yang rapih adalah cara sekolah untuk mengajarkan disiplin kepada pelajar.

Saya membayangkan nya seperti ini, Andai saja seragam sekolah sudah tidak ada lalu semua pelajar menggunakan pakaian bebas, maka yang akan terjadi adalah kompetisi diantara para pelajar.

Loh kok jadi kompetisi? Jadi gini gan, masyarakat di Indonesia ini, terutama para pelajar yang sedang asiknya bergaul dengan teman-teman sebayanya punya kebiasaan ingin terlihat mampu meski tidak mampu.

Status sosial di masyarakat Indonesia ini sangat tidak seimbang, ibaratnya ada 4 orang kaya lalu sisanya adalah 100 juta orang yang tidak mampu, ini kan sangat tidak merata, terutama Jawa tengah sendiri merupakan daerah yang memiliki populasi manusia yang banyak, maka sudah jelas akan terjadi ke tidak rataan kelas sosial di masyarakat, nah apalagi sekolah semisalnya negeri, maka yang bersekolah bukan hanya anak orang kaya saja, tapi beberapa anak yang orang tuanya kurang mampu juga akan ada berkumpul di satu sekolah. Jelas ini akan jadi kompetisi sehingga nanti anaknya akan meminta baju paling bagus kepada orang tuanya.

Jangankan waktu sekolah gan, waktu pandemi ketika sekolah daring saja banyak anak pelajar yang memakai jaket Erigo, kaos Deus, dan beberapa baju trendy lainnya. Banyak kan yang pakai, supaya apa coba? Mereka bukan mau pamer, tapi kalau samaan mampu beli maka pergaulan pun akan terjalin baik.

Nah kebayang kan kalau semisalnya si anak mendapat baju dari orang tua yang tidak sesuai dengan ekspektasi sosial, mungkin pembulian akan terjadi, kalau gak pembulian, mungkin si anak jadi merasa minder dan sulit untuk bersosialisasi dengan anak sebayanya.

Tapi kalau pelajar semuanya pakai seragam, nah status sosial tidak akan terlihat. Intinya, yang saya bayangkan jika pelajar tidak pakai lagi seragam maka akan ada pembeda status sosial di sekolah.

Ini hanya pendapat saya saja, jadi kalau ada yang tidak setuju dengan apa yang saya sampaikan, silahkan agan sista berikan pendapatnya di kolom komentar.

Indonesia ini negara demokrasi yang masyarakatnya dibebaskan untuk memberi saran dan kritik kepada pemerintah, apalagi ini Kaskus merupakan sebuah forum diskusi terbuka.

Mengenai ketimpangan sosial di Indonesia saya dapat referensi nya disini https://www.oxfam.org/en/inequality-...s-kept-poverty

Berita yang saya dapat dari situs ini : https://regional.kompas.com/read/202...-pakai-seragam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 27 lainnya memberi reputasi
Menurut agan sista gimana? Setuju gak sama isi thread ane? emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
westciss dan ahmadsodiqin504 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
profile picture
TS whyyoubannedme
kaskus addict
@tera.byte ini cuma solusi ane yg paling radikal aja gan. Lagian pejabat pemerintah juga udah enak dimanja sama rakyat, dapat tunjangan ini itu, dapat anggaran biaya milyaran dari duit rakyat juga, jadi rakyatnya juga kepengen dong fasilitas anaknya sekolah dibiayai sama pemerintah. Ya kalau gak pakai seragam sekolah juga sih gak masalah, yang penting kan sistem pendidikan nya aja harus bener. Nah masalahnya, kira kira dampak positif negatif nya untuk kedepannya bakal gimana? Meniadakan ladang bisnis seragam sekolah yang harganya terlalu mahal adalah solusinya gan. Alasan kenapa pak Ganjar mau bebasin seragam kan mau bantu orang tua yang kurang mampu dalam soal seragam, maka artinya ada masalah sama harga seragam sekolah sekarang.
profile picture


Kan ada bantuan Beeee BOS buat anak kurang mampu, bilang ganjar !!
profile picture
Setuju banget bre....
Wajib harus ada dana sosial yang disisihkan untuk pelajar kurang mampu..
Dan untuk mendapatkan dana sosial dari sekolah, harus ada kriteria yang harus di penuhi untuk minta bantuan tersebut..

Jadi setiap tingkatan ekonomi siswanya mendapatkan dana sosial /beasiswa tergantung tingkatan ekonomi masing2..
Post ini telah dihapus
profile picture
gumnut
kaskuser


Saya punya pengalaman melihat dari dua sisi, pakai seragam dan tidak.

Pakai seragam itu jeleknya ada kesan memaksa, kan harus beli seragam, jadi buat yg per-ekonomian-nya kurang ini bikin resah.

Yg beneran bebas tanpa seragam itu sekolah negeri di Amerika, walau tetap ada aturannya yakni gak boleh pakai jeans robek2 , tank top gitu2. Kalau private school seragam penting, justru semakin elite seragamnya semakin rumit haha.

Mungkin Indonesia perlu meniru Australia, utk sekolah negri di Australia seragam tapi model kaos/t-shirt jadi gampang dirawat dan murah, gak usah pakai dasi2 (dasi itu identik dengan private.school).

Saya barusan Google, di Indonesia sekolah negri seragamnya kelihatan mahal, jadi ini dihilangkan saja, pakai kaos/skort/short kayak kebanyakan sekolah negri di Australia, oh iya dan seragam ini ada pilihan bisa beli dsekolah yg ada emblem sekolah atau beli saja di K-Mart/Target yg penting sama warnanya. Klo cewek biasanya baju kotak2 simple dan murah.




profile picture
raysat3d
kaskus addict
Kaya & miskin ga hanya kelihatan dari seragam, tapi dari tas, buku, alat tulis, sepatu, gadget, dll bahkan dari gaya rambut dan penampilan juga bisa kelihatan. Belum lagi kalau seragamnya warisan kakak, semakin kelihatan bedanya. Jadi, alasan seragam supaya ga terlihat perbedaan antara kaya dan miskin itu lemah sekali.

Kalau soal pakai seragam atau baju bebas, ane lebih milih tetap pakai seragam. Soal harga, seragam bisa dibuatkan terpusat oleh sekolah dan bayarnya menyicil, harusnya bisa sih.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di