CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Perjalanan Camera Angle di Berbagai Seri Resident Evil (Serunya Tuh di Sini!)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614be69ba696b8426500efd5/perjalanan-camera-angle-di-berbagai-seri-resident-evil-serunya-tuh-di-sini

Perjalanan Camera Angle di Berbagai Seri Resident Evil (Serunya Tuh di Sini!)

Pembuka

https://www.pcgamer.com/79-percent-of-resident-evil-2-remake-players-chose-leon-for-their-first-playthrough/

Jika di dunia RPG kita mengenal Final Fantasy sebagai franchise game RPG yang telah berusia puluhan tahun, maka di dunia game Horror kita mengenal Resident Evil sebagai franchise game zombie yang terus diproduksi dari era 90an hingga era pandemi ini.

 
Sebagai seri game zombie yang sudah cukup tua, ada banyak perubahan pada seri pertama Resident Evil hingga seri terbarunya. Selain tentunya grafik yang semakin halus dan gameplay yang semakin interaktif, hal lain yang berkembang adalah penggunaan sudut pandang kamera di dalam gamenya. Sudut pandang kamera ini penting karena dapat mempengaruhi nuansa horror apa yang ingin disajikan pembuat Game (Capcom) ke para Gamer.
 
Bagaimana perubahan sudut pandang kamera mempengaruhi jalannya game Resident Evil? Ini lah serunya setiap sudut pandang kamera di Resident Evil versi saya.


emoticon-Jempol

1) Fixed Camera Angle
(Contohnya Resident Evil 1, 2, 3, Code Veronica)

Spoiler for Sudut Pandang Kamera Statis:





2) 3rd Person Camera Angle
(Contohnya Resident Evil 4, 5, 6, Remake)

Spoiler for Sudut Pandang Kamera Orang Ketiga:





3) 1st Person Camera Angle
(Contohnya Resident Evil 7 dan 8)

Spoiler for Sudut Pandang Kamera Orang Pertama:



Penutup

https://www.residentevil.com/village/en-asia/

Resident Evil 9 sepertinya masih akan tetap menggunakan sudut pandang orang pertama. Berdasarkan rumor yang beredar seri ke-9 akan menjadi penutup dari trilogi petualangan Ethan sebagai karakter baru di Resident Evil. Yang saya penasaran, kira-kira nama Resident Evil 9 apa ya? Mengacu ke logo Resident Evil 7 dan Resident Evil 8, Capcom pasti mencari nama yang ada unsur 9 dalam romawinya yaitu “IX”.
Resident Evil 9 FIX?

Resident Evil 9 REMIX?

Resident Evil 9 MATRIX?

Atau jangan-jangan Resident Evil 9 SIX sebagai penebus dosa karena sudah membuat Resident Evil 6 yang gameplay dan logonya kontroversial.

emoticon-Ngakak

 

Yah, kira-kira begitulah keunggulan setiap sudut pandang kamera di berbagai seri Resident Evil berdasarkan pengalaman saya bermain dan beberapa sumber yang saya baca. Mana sudut pandang yang paling seru untuk dimainkan berdasarkan pengalaman kalian? Adakah kelebihan sudut pandang kamera yang belum saya sebutkan? Silahkan berbagi di sini.

emoticon-Shakehand2

 
Terima kasih sudah mampir.
emoticon-Salam Kenal




Spoiler for Sumur:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukidin860 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ada first person dan third person. Kenapa ga ada yang second person ya emoticon-Bingung
profile-picture
arashibirru memberi reputasi
profile picture
TS arashibirru
kaskus holic
Klo gak salah, pada second person camera angle kita selalu ada di depan karakter utama. Karakter yang kita mainkan selalu menghadap ke kita (layar). Otomatis kita cuma tau apa yang ad di belakangnya.

Sudut pandang kamera bgtu cocok buat game yg sifatnya kejar2an, qt harus fokus sama apa yang ngejar kita. klo game zaman dulu mungkin kyk Pepsi Man atau Crash Bandicoot pas lagi dikejar2 jadi ngadepnya ke kita emoticon-Games

Ada momen second person camera angle di RE2 Remake, yaitu pas Leon dikejar2 buaya raksasa. Tapi sebentar aja c emoticon-Ngakak
profile picture
durexz 
KASKUS Plus
@arashibirru eh itu GTA, RDR, kamera angle bisa diputer depan kok tetep disebut 3rd person yak
profile picture
TS arashibirru
kaskus holic
klo second person, kamera kekunci ke wajah karakter utama kita. Pemandangan terkunci ke belakang mereka aja.

First person, kamera terkunci ke depan karakter kita. Kita cuma bisa ngeliat apa yang di depan dy. Klo qt puter kamera buat liat kanan kiri, artinya karakter kita lagi nengok ke kanan atau ke kiri. Intinya apa yang didepan wajah dy.

klo third person, kyk GTA atau RDR, kamera bs kita puter ke sekeliling karakter kita.

mungkin simpelnya.
1st person = Kita menganggap karakter utama sebagai "Aku"
2nd person = Kita menganggap karakter utama sebagai "Kamu" (lawan bicara)
3rd person = Kita menganggap karakter utama sebagai "Dia" (orang yang tidak terlibat pembicaraan dgn kita. Bisa qt observasi dari segala arah)

Cmiiw emoticon-Malu
profile picture
durexz 
KASKUS Plus
@arashibirru jarang² deh ada game pake second person angle
profile picture
TS arashibirru
kaskus holic
Iya, emang jarang. Susah bikin serunya selain kejar2an. Tapi bosen jg klo sepanjang game kejar2an juga emoticon-Ngakak
profile picture
durexz 
KASKUS Plus
@arashibirru game stealth keknya seru, kita bisa tau expresi npc pas kita bunuh
profile picture
TS arashibirru
kaskus holic
@durexz mungkin developer belum kepikiran ide yang ini emoticon-Games
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di