CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Gelang, Gulma Yang Satu Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614c6e7344033913355065da/gelang-gulma-yang-satu-ini-ternyata-bisa-dikonsumsi-loh

Gelang, Gulma Yang Satu Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi Loh!

Gelang Alias Krokot Liar



Apa kabar sahabat Kaskus?

Kembali berjumpa di forum tanaman yang banyak memberikan informasi menarik.

Bagi yang tinggal di daerah pertanian seperti perkebunan atau pesawahan tentu tak akan pusing mencari aneka lalapan atau bahan sayuran untuk dimasak. Baik itu ditanam sendiri atau dapat dibeli dari petani.

Namun ternyata, selain tanaman yang lazim dibuat lalap atau sayuran yang biasa diolah. Ada juga tanaman gulma yang biasa dianggap sebagai tanaman pengganggu pada tanaman utama. Tahukah gansis jika ada beberapa jenis gulma ladang atau sawah yang bisa dibuat sebagai lalapan atau bahan dasar memasak sayur?


Penasaran? Yuk kita ulas di terbaru kali ini!



Quote:


Gelang ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai olahan sayuran.
Mungkin terdengar aneh. Namun bagi sebagian masyarakat terutama pedesaan. Gelang adalah alternatif tanaman yang sering dimasak.

Ternyata tamanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tak banyak diketahui.


Gelang untuk lalapan: dokpri

For your information, tanaman krokot liar memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh kita. Siapa sangka, tanaman ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Cara mengonsumsi gelang ternyata mudah, cukup dibersihkan dari akar dan kotoran, untuk lalapan bisa langsung dimakan bersama sambal favorit gansis. Untuk yang dimasak adalah salah satunya pecel dan tumis gelang.


Pecel tanaman gelang: dokpri


Urap gelang


Tumis gelang

Khasiat gelang atau krokot:

1. Untuk diet

Untuk gansis yang memiliki keluhan berat badan berlebihan. Tanaman ini memiliki kandungan serat tinggi, namun rendah kalori. Serat bisa melancarkan pencernaan dan membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu lumayan lama

2. Bagus untuk kesehatan otak

Tanaman krokot liar memiliki kadar asam lemak omega-3, ini merupakan salah satu lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam lemak omega-3 berguna dalam kerja organ penting dalam tubuh seperti otak. Bahkan dalam kasus perkembangan janin asam omega 3 ini sangat penting mencegah kelainan gen seperti penyakit autis.

3. Kaya akan vitamin

Vitamin adalah salah satu penunjang kesehatan tubuh manusia. Tanaman krokot mengandung vitamin A, E, dan C.
Krokot juga memiliki antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas dan juga meregenerasi sel yang rusak dalam tubuh.

4. Melancarkan sistem peredaran darah

Krokot memiliki kandungan zat besi atau fe yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Mengonsumsi krokot bisa menyuplai oksigen dalam darah.

Catatan penting yang wajib diketahui saat mengonsumsi krokot liar adalah untuk penderita batu ginjal. Karena krokot memiliki asam oksalat yang lumayan besar. Namun jangan khawatir untuk menghilangkan asam oksalat ini kita cukup merebusnya dalam air mendidih baru dikonsumsi atau dimasak. Jangan tertukar ya antara krokot hias dan liar. Dari bentuk daun dan bunganya berbeda. Daun krokot hias lonjong mungil. Sedangkan krokot liar daunnya agak bulat dan Bunganya tidak menumpuk di bagian kelopak.


Krokot hias: dokpri


Nah, bagaimana gansis? Penasaran mau nyoba tanaman krokot sebagai tambahan menu makan?

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trit berikutnya.




Opini pribadi
Gambar: dokpri
Grup Facebook Masakan Tradisional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
gulma = musuh berat ane gan. soalnya dihalaman rumah ane ada kebun kecil2an, kalo gak ada gulma itu indah di pandang. kalo udah ada gulma malah gak enak di pandang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nooboks dan 2 lainnya memberi reputasi
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di