CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Gak Semua Pemakai Jean's Ngerti Bagian-Bagian Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614a93f074b8781d4638a4c3/gak-semua-pemakai-jeans-ngerti-bagian-bagian-ini

Gak Semua Pemakai Jean's Ngerti Bagian-Bagian Ini


Foto : Dokumentasi pribadi

Rasanya hampir semua orang punya jeans, mulai dari anak-anak hingga bapack-bapack dan emak-emak. Tapi tidak semua orang tahu kalau jeans ternyata memiliki beberapa elemen, part atau bagian-bagian tertentu layaknya sebuah PC rakitan.....

Dari 50 orang yang saya tanya (termasuk karyawan toko jeans merek terkenal), cuma ada 2 orang yang tau. Itupun gak semuanya alias yang umum-umum doang............. emoticon-Big Grin

Nah, sebelum saya lanjut, adakah yang bertanya kenapa saya tidak menyebut kata 'celana' sebelum kata jeans?

Contoh : "Hampir semua orang punya celana jeans"


Jawabannya gampang saja, karena jeans itu sudah pasti celana panjang berbahan denim. Terus kalo jaket yang bahannya seperti jeans itu namanya apa? Itu denims, bukan jaket jeans!
Apalagi kalo menyebut jaket levis. Itu malah lebih salah lagi. Loh, kenapa salah? Ya, karena Levi's itu merek jeans....Sedangkan belum tentu jeans kamu itu mereknya Levi's

emoticon-Bingung


Mengenal Bagian-Bagian Celana Jeans


1. RIVETS



Orang awam biasa menyebut rivets dengan sebutan paku keling. Intinya paku keling atau rivets adalah salah satu elemen paling ikonik dalam sebuah jeans. Jadi kalo jeans kamu gak ada paku kelingnya berarti belum jeans banget... emoticon-Big Grin

Rivets yang bagus atau berkualitas tinggi tidak akan pernah karat atau mudah patah. Karena rivets biasanya terbuat dari tembaga atau besi.

Tapi jangan salah, ada juga rivets jeans yang sengaja dibuat seperti berkarat dan dipatahkan. Biasanya rivets ini dibuat untuk jeans edisi khusus atau limited edition. Nah, kebetulan saya punya 1 jeans limited edition dengan rivets yang unik dan sangat tidak umum, nih contohnya :


Foto : Dokumentasi pribadi



2. BELT LOOPS


Foto : Dokumentasi pribadi

Apa lagi nih? Belt loops adalah susunan lubang yang berfungsi untuk memasukan ikat pinggang atau sabuk. Gak cuma itu, belt loops biasanya dimanfaatkan juga untuk menggantung celana.



3. SELVEDGE



Ada segelintir orang yang bilang, selvedge adalah salah satu elemen jeans paling penting ketika kita akan membeli sebuah jeans.

Katanya nih, jeans yang bagus atau katakanlah mahal 'harus' memiliki selvedge dengan ujung jahitan membulat atau di obras (punya khas tersendiri)

Pada tahun 90an, salah satu ciri jeans premium itu harus memiliki selvedge. Bukan sekedar klem yang dijahit biasa. Dan kala itu cuma merek Levi's yang memiliki selvedge yang khas, itupun cuma ada di seri 501. Kemudian ditiru oleh beberapa merek lain seperti LEA, Lee Copper, Samurai, dan lain-lain.

Coba cek apakah jeans kamu ada selvedge'nya? Jika tidak ada bukan berarti jeans kamu jelek....



4. LEATHER PATCH



Bahasa lokalnya apa ya? Oke, sebut saja label merek yang biasanya terbuat dari bahan kulit sapi atau sintetis. Ada juga yang terbuat dari bahan lainnya.

Contoh leather patch yang 100% terbuat dari kulit sapi asli nih :


Foto : Dokumentasi pribadi

Kalo ngomongin soal leather patch, semua orang biasanya akan tertuju pada merek jeans paling legendaris sejagat raya. Apalagi kalo bukan Levi's.



5. BRAND TAB



Brand tab adalah salah satu ciri yang khas pada sebuah jeans. Brand tab adalah label kecil biasa disematkan pada bagian saku celana belakang (biasanya di kanan)

Tapi gak semua brand tab jeans itu terpasang di bagian saku belakang loh. Ada juga yang ditempel di saku koin bagian depan. Seperti pada jeans saya dibawah ini :


Foto : Dokumentasi pribadi


6. ARCUATE


Foto : Dokumentasi pribadi

Arcuate adalah pola jahitan ukir yang biasa disematkan pada kantung jeans bagian belakang. Setiap merek biasanya memiliki model Arcuate yang beda-beda sesuai ciri khasnya masing-masing.



7. FLY


Foto : Dokumentasi pribadi

Fly terletak pada bagian depan jeans, tepatnya berfungsi sebagai penutup/pembuka resleting atau kancing.



8. JEANS BUTTON


Foto milik pribadi (Lee Cooper Red Diamond)

Kalian semua pasti tahulah apa itu jeans button. Kita biasa menyebutnya dengan kancing celana.

Bentuk jeans button ini biasanya lebih gede dibanding kancing jenis lainnya. Bahannya terbuat dari tembaga, besi, bahkan ada juga yang dari perunggu loh....

Kancing jeans yang keren itu gak bakalan karatan dan bisa bertahan hingga puluhan tahun.



9. COIN POCKET


Foto : Dokumentasi pribadi

Coin pocket atau kantung koin ini adalah saku kecil yang berada pada bagian depan celana jeans. Tepatnya (selalu) berada di bagian atas kantung jeans sebelah kanan.

Fungsinya buat apaan? Kalo zaman dulu coin pocket ini biasa digunakan oleh para penambang untuk menyimpan koin, biji emas, gas zippo atau benda kecil lainnya agar lebih aman (supaya tidak mudah jatuh).


Oke, sekarang sudah pada ngerti kan? Semoga thread ini bermanfaat untuk sekedar menambah wawasan tentang bagian-bagian pada sebuah jeans.....




Saya, napelogini.............Terima kasih


Foto : Dokpri & Google


Referensi : klik


profile-picture
profile-picture
profile-picture
red.wangyi dan 56 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh napelogini
rivets fungsinya buat apaan?
profile-picture
napelogini memberi reputasi
profile picture
karina.mariin
aktivis kaskus


Untuk memperkuat jahitan pada tiap ujung kantung sekaligus sebagai simbol identitas jeans
profile picture
hungryfoxx
kaskus addict
@karina.mariin thanks pencerahannya gan emoticon-Jempol
profile picture
knollkopf
kaskus addict
Buat cantolan sarung tangan gan. Krn dulu sarung tangan kancingnya rivet yg bisa dicetekin gt. Jd rivet jeans dicetekin ke pasangan rivet female di sarung tangan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di