Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Manajemen File Dokumen Di Rumah, Seberapa Rapihkah Milikmu?


[ HT# 792 ]

Apakah pernah terlintas dalam benakmu seberapa rapih sih, file-file penting yang ada di rumahmu dan apakah sudah lengkap ataukah belum?

Manajemen file yang saya maksudkan adalah seperti piagam penghargaan, ijasah, surat perjanjian, Kartu Keluarga, lembar PBB, buku nikah, SKKB, buku tabungan, sertifikat tanah dan lain sebagainya.

Dokumen-dokumen yang saya sebutkan (mungkin masih ada yang terlewatkan) adalah dokumen penting yang seharusnya atau biasanya kita simpan ditempat yang paling aman, bahkan ada beberapa yang dengan sengaja menitipkan ke sebuah bank untuk di 'sekolahkan' alias menjadi jaminan untuk pinjaman uang dengan nilai tertentu. Hehe.



Dokumen-dokumen tersebut memang tidak setiap hari kita tengok dan butuhkan, seperti akan mengurus sekolah, melamar kerja, mengurus kendaraan, PBB, dan lainnya. Jika tidak di manajemen file dengan baik biasanya kita akan ribet sendiri. Ternyata jumlah filenya semakin banyak, dan kita biasanya baru tersadar ketika kita lagi butuh-butuhnya. Semua terlihat berceceran (keleleran), tidak tersusun rapih, bahkan tempat menyimpannya sampai ada yang terpencar sehingga kita jadi lupa ditaruh dimana.

Kalau sudah begini orang dirumah lah yang biasanya jadi kena sasaran. Panik nggak? Ya, panik lah karena kalau sampai ada yang hilang urusannya bisa panjang, dari harus ke rumah pak RT, RW, Kelurahan, walikota, sampai kepolisian buat surat kehilangan.

Jujur saja, karena belum lama ini saya mengalami sendiri ketika harus mengurus penggantian plat kendaraan 5 tahunan. Seingat saya file-file seperti BPKB, fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan fotokopi STNK jumlah dulu sudah lengkap dan saya satukan dalam satu map terpisah (sekitar setahun lalu).



Tapi akhirnya saya harus membolak-balik beberapa map dan folder yang memang ternyata tercecer atau terpisah dan jumlah fotokopiannya sudah tidak lengkap. Sudah ribet melengkapi persyaratan, eh... ternyata musti harus ke tempat fotokopi lagi, padahal hari sudah menjelang siang, antri pula. Keluh.

Bukan hanya manajemen file komputer saja yang harus rapih, tapi manajemen file hard dokumen ternyata tak kalah penting disaat genting atau butuh di waktu yang mendesak. Sebaiknya memang hard file disimpan berdasarkan kelompok dan kategori di map folder terpisah kalau perlu dibedakan dengan warna foldernya masing-masing, ya.

Sempat terlintas dalam fikiran saya, andai ada semacam aplikasi Defragment file tentu kita tinggal klik 1 tombol seperti di pc komputer maka file akan dirapihkan secara otomomatis tanpa kita harus ribet buka map yang kadang isinya berlembar-lembar fotokopian dan tak jarang yang umurnya sudah expired alias butuh di perpanjang lagi seperti KTP dan PBB.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal yang sama seperti saya. Adakah pengalaman yang unik yang bisa kamu ceritakan disini, yuk kita berbagi cerita agar thread ini semakin lengkap. Sekian dan terima receh..






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 23-09-2021 15:40
xoxoanna
emineminna
alifrian.
alifrian. dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.6K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
a2teamAvatar border
a2team
#4
Fotokopi KK dan KTP tuh kudu sedia banyak.
Jadi ga bentar2 ngobrak abrik tumpukan map cari KK. Bikin yg udah rapih jadi berantakan lagi.
Kalo menurut gw sih, tiap keluarga harus punya brankas besi atau semacam itu. Ngeri aja kalo tumpukan kertas2 itu kenapa2.
emoticon-Ngakak

Lagian juga birokrasi negara kita tuh ruwet (ntah dimana sumber ruwetnya), ngurus KTP lama, KK lama, apalagi surat tanah, waduh.
minearenotmine
birdbird2021
iskrim
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup