CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Alasan Kucing tidak memakan manusia, padahal masih saudara Harimau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6148afea928426351b202abf/alasan-kucing-tidak-memakan-manusia-padahal-masih-saudara-harimau

Alasan Kucing tidak memakan manusia, padahal masih saudara Harimau



Jawaban singkatnya: karena manusia bukan makanan kucing.

Hanya karena kucing merupakan hewan karnivora bukan berarti kucing mau makan semua jenis daging. Sama seperti anjing, dalam keadaan normal hewan tersebut tidak mau makan daging manusia.

Pernah dengar hiu memakan manusia? Terlepas dari reputasinya yang menyeramkan, hiu jarang menyerang manusia dan lebih memilih memakan ikan atau mamalia laut. Kebanyak hiu akan memuntahkan daging manusia yang terlanjur ditelan. Biasanya mereka memangsa manusia hanya karena penasaran atau mereka pikir manusia adalah ikan atau mamalia laut.

Pernah dengar beruang menyerang manusia? Hal itu terjadi karena manusia mendekati teritori (daerah) atau anak-anaknya. 

Saya pernah mendengar suatu mitos bahwa kalau seekor harimau memakan manusia, dia akan dikucilkan oleh kawanannya. Terlepas dari benar atau tidaknya, saya percaya bahwa harimau juga tidak suka daging manusia.

Dari sudut pandang biologi, kira-kira begini penjelasannya:

Hewan karnivora memiliki naluri bahwa memakan hewan karnivora lainnya akan menyebabkan penyakit. Sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Universitas Granada (UGR) telah menjelaskan untuk pertama kalinya dasar ilmiah dari pepatah Spanyol kuno yang mengatakan 'perro no come perro' (anjing tidak makan anjing).

Bagi hewan karnivora, memakan bangkai hewan karnivora lainnya, terutama dalam bentuk kanibalisme atau memakan spesies yang sama, meningkatkan kemungkinan tertular patogen yang dapat membahayakan hidupnya.


Manusia adalah makhluk omnivora yang mengkonsumsi daging dan tumbuhan, jadi penjelasan tadi juga berlaku untuk manusia sebagai pemakan maupun yang dimakan. Secara biologis manusia tidak boleh memakan karnivora, dan karnivora juga tidak suka daging manusia karena manusia mengkonsumsi daging.

"Tapi kan ada manusia yang makan karnivora."


Ya, namun secara biologis memakan daging karnivora tidak baik bagi tubuh manusia, terutama karena mengandung parasit. 

"Helvetica Neue", sans-serif]Meskipun manusia adalah makhluk omnivora, banyak jenis hewan dan tumbuhan yang tidak boleh dimakan oleh manusia. Virus corona yang sedang merebak, misalnya, dipercaya pertama kali muncul karena manusia mengkonsumsi spesies kelelawar pemakan serangga (rhinolophus ferrumequinum.) 

Apakah Anda pernah mendengar orang yang suka makan kayu jati atau rumput gajah? Kalau pernah, berarti orang tersebut tidak normal. Sama seperti manusia pemakan kelabang atau paku yang muncul di berita-berita atau program-program acara unik semacam [i]"Ripley's Believe It or Not."

Kucing bisa memakan tikus yang termasuk omnivora karena tikus memang berada dalam rantai makanan kucing, serta mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Kucing bahkan mengkonsumsi beberapa jenis tanaman karena memang mereka menyukainya, misalnya tumbuhan kucingan [i](catnip)
, akar manis, cat thyme, valerian, dan lain-lain. 

Sedangkan daging manusia tidak ada dalam daftar menu makanan kucing. Kucing tidak tertarik dengan daging manusia karena memang bukan makanannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 58 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Kucingnya kalah besar sama manusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di