CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
8 Ponsel Nokia Terbaik Sepanjang Masa, Dari Symbian sampai Windows Phone
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6146e7b7ac93530e070676a2/8-ponsel-nokia-terbaik-sepanjang-masa-dari-symbian-sampai-windows-phone

8 Ponsel Nokia Terbaik Sepanjang Masa, Dari Symbian sampai Windows Phone



Selamat datang kembali di thread ane gan.

Perkembangan hp atau ponsel di Indonesia dimulai sejak era 90an ketika teknologi 2G sudah muncul dan tersedianya layanan GSM. Pada era 90an dan 2000an teknologi ponsel melewati babak yang menarik mulai dari adanya fitur SMS, multimedia dan juga kamera. Pada waktu itu Nokia tentu saja menjadi raja pasar ponsel sehingga dijuluki hp sejuta umat. Ketika itu Nokia bersaing ketat dengan Siemens, Motorola, Sony Ericsson, dan juga Samsung.

Nokia yang fenomenal mengeluarkan produknya untuk semua segmen mulai dari segmen low end sampai flagship. Sebelum era Android dan iOS ada banyak sekali ponsel Nokia dirilis. Nah, berikut ini adalah 8 yang terbaik sepanjang masa versi ane berdasarkan analisa, review, dan juga referensi dari berbagai media.

1. Nokia 3210 (1999)


Sebuah ponsel legendaris Nokia yang dirilis pada 1999. Bagaimana tidak? Nokia 3210 masuk dalam jajaran ponsel terlaris sepanjang masa dengan 160 juta unit terjual ketika masa penjualannya. Ponsel ini memiliki desain yang cantik pada zamannnya. Layarnya monokrom, dan fiturnya masih berupa SMS dan telepon. Di dalamnya terdapat beberapa game termasuk Snake yang legendaris itu. Penerusnya, Nokia 3310 juga dinobatkan sebagai salah satu ponsel paling ikonik sepanjang masa.

2. Nokia 808 Pureview (2012)

Inilah ponsel Nokia terakhir yang mengusung sistem operasi Symbian. Saat itu Nokia memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Symbian dan beralih ke Windows Phone dan menjadi awal kehancuran Nokia. Namun biar bagaimana pun, 808 Pureview adalah salah satu smartphone terbaik dari Nokia. Yang paling disorot dari smartphone in adalah kualitas kameranya yang mendapatkan pengakuan dari pecinta dan pengamat gadget.

3. Nokia N95

Nokia N95 merupakan smartphone Nokia N Series yang diluncurkan pada 2006 dengan disematkan teknologi 3G dan pada saat itu berstatus sebagai produk flagship dari Nokia. Smartphone ini sukses besar dan terjual jutaan unit di seluruh dunia. Nokia N95 menggunakan OS Symbia 9.2, S60 rel. 3.1. layarnya sekitar 2.4 inchi dan baterai 960 mAh. Teknologi dan fiturnya dirasakan sangat canggih pada masanya sehingga menjadi dambaan para pecinta ponsel saat itu.

4. Nokia N9 (2011)

Berbeda dengan ponsel Nokia lainnya, Nokia N9 memakai OS MeeGo sebagai platformnya dan ini merupakan ponsel MeeGo pertama dari Nokia. Untuk tahun 2011, ponsel ini sebenarnya sudah terbilang canggih dengan segala fitur dan spesifikasinya. Termasuk dari segi RAM yang sudah 1GB. Perlu diketahui jika Android pada 2011 belumlah sebesar sekarang.

5. Nokia 1200 (2007)

Pada 2007 ponsel sudah berwarna, sudah banyak fitur dan bahkan sudah ada yang layar sentuh. Namun Nokia 1200 meluncur dengan fitur yang sangat basic dan layar monokrom. Nampaknya banyak orang yang menbutuhkan itu dan Nokia 1200 ini memenuhi semuanya. Ponsel ini sangat cepat dan enak untuk dipakai mengetik SMS. Selain itu baterainya juga terhitung sangat awet. Tidak heran jika ponsel ini dulu jadi favoritnya banyak pelajar SMP dan SMA kala itu.

6. Nokia Lumia 520 (2013)

Lumia 520 menjadi satu-satunya hp Nokia Windows Phone yang masuk dalam daftar ini. Dirilis pada 2013 Lumia 520 menjadi Windows Phone termurah pada saat itu dengan harga di bawah dua jutaan. Dengan Windows Phone 8, ponsel dibekali RAM 512 MB dan storage 8GB, kamera belakang 5MP namun tanpa kamera depan. Ponsel ini juga disebut-sebut sebagai ponsel Windows Phone terbaik sepanjang masa.

7.Nokia E71 (2008)

Pada 2008 Nokia meluncurkan Nokia E71, sebuah ponsel QWERTY yang terinspirasi Blacberry. Alih-alih meniru iPhone yang saat itu mencuri perhatian dunia, Nokia justru mempertahankan keypad fisiknya. Ponsel ini adalah smartphone Symbian dengan berbagai fitur dan sudah mendukung jaringan 3G di mana sudah tersedia kamera depan untuk melakukan video call.

8. Nokia N73 (2006)

Nokia N73 adalah smartphone Symbian yang dirilis pada 2006 silam. Smartphone ini juga sukses di pasaran dan mendapatkan respon positif dari para pengguna dan juga pengulas gadget pada masa itu. Alasannya tak lain adalah spesifikasi dan fitur yang diberikan pada saat itu memang layak membuat ponsel ini diberi gelar ponsel flagship. Kamera belakangnya 3.15 MP sementara kamera depan hanya berfungsi sebagai kamera video call.

Nah gan, memang sih bukan cuma 8 ponsel Nokia yang bisa disebut terbaik bahkan 10 atau 20 tidak akan cukup. Maka dari itu, menurut versi agan mana nih ponsel terbaiknya Nokia?emoticon-Big Grin

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 32 lainnya memberi reputasi
Sony Ericsson w800i hp kenangan, speaker jernih, bisa buka waptrick emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Smarf dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
hide0606xx
kaskus addict
sefan.ru bre ada konten terselubung emoticon-Genit
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di