CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6143ac631777ca3f2c63100c/8-cara-mengatasi-mabuk-perjalanan

8 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan



Ane yakin, sebagian besar umat manusia pasti pernah menaiki kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat.

Dan ane yakin juga, sebagian besar dari Agan and Sista, termasuk diri ane sendiri juga pernah banget yang namanya ngalamin mabuk perjalanan.


sumber gambar

Pusing, mual, pandangan kabur, pengelihatan jadi nggak jelas, sampai sakit perut dan hidung mampet, itu yang ane rasain dulu waktu masih kecil pulang ke kampung naik bus atau kendaraan umum lainnya.

Dan baru setelah dewasa ane nggak pernah mabuk perjalanan lagi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan supaya nggak mabuk perjalanan, terutama mabuk darat.

1. Jangan Melihat Lurus ke Arah Samping Saat Kendaraan Sedang Melaju


sumber gambar

Melihat ke arah samping melalui kaca jendela mobil maupun melihat langsung melalui kaca helm yang kita gunakan saat berboncengan, bisa membuat kita menjadi pusing kemudian mual trus mabuk darat.

Karena benda benda seperti pembatas jalan, batang pohon, dll akan terlihat seperti berlari cepat padahal mereka diam, dari pandangan mata ke objek benda tersebut kita jadi pusing mual trus pada akhirnya muntah dah.

2. Usahakan Pandangan Mata Ke Arah Depan


sumber gambar

Dengan selalu melihat ke depan, kita jadi tidak cepat pusing, bahkan bisa menikmati perjalanan.

3. Kalau Menumpang Bus atau Kendaraan Sejenisnya Jangan Duduk di Kursi Paling Belakang


sumber gambar

Duduk di kursi paling belakang akan membuat kita jadi pusing seperti di hempaskan ke kanan dan ke kiri saat bus melalui jalan berkelok. Hal ini terjadi karena kita berfokus pada kabin bus yang panjang, dan kita melihat ke arah kaca depan bus.

Biasanya ane bakalan menghindari duduk di kursi paling belakang ini, tapi kalau terpaksa ane pasti bakal liat keluar lewat jendela samping, tapi ngelihatnya ke arah depan atau menyerong ke depan, nggak lurus ke samping.

4. Hindari Merokok di Dalam Kendaraan


sumber gambar

Ane paling eneg sama orang-orang yang nggak punya rasa peduli ke orang lain dan hanya mementingkan diri sendiri seperti ini.

Biasanya ane bakalan menegur oknum seperti itu dan bakalan pindah duduk kalo ada kursi yang masih kosong.

5. Jangan Membuka Jendela Kendaraan Terlalu Lebar


sumber gambar

Terpaan angin yang kencang, bukannya membuat kita nyaman saat berada dalam kendaraan yang sedang melaju, hal ini justru sering menjadi pemicu dari mabuk darat, karena kita jadi masuk angin, kemudian perut kembung, yang pada akhirnya berujung mabuk darat.

6. Usahakan Makan Sebelum Bepergian Jauh


sumber gambar

Percaya atau nggak, perut yang kosong akan lebih cepat mengalami mabuk darat ketimbang yang udah kenyang, karena otomatis kita jadi punya lebih banyak energi saat menjalani perjalan jauh, selain itu perut jadi tidak mudah terkocok karena sudah penuh terisi makanan.

7. Minum Obat Anti Mabuk dan Gunakan Minyak Angin


sumber gambar

15 menit sebelum melakukan perjalanan sebaiknya minum antimo atau obat anti mabuk perjalanan lainnya. Hal ini sangat membantu, karena kita jadi nggak mabuk saat melakukan perjalan darat dengan jarak jauh.

Aroma minyak angin juga bisa meredakan mual dan pusing kepala.

8. Selalu Bawa Tisu dan Kresek Hitam atau Kantong Karton Kedap Airqb


sumber gambar

Kalau semua hal di atas udah kita lakukan tapi tetap mabuk, opsi terakhir yang kita lakukan yaitu mengeluarkan kresek hitam untuk tempat muntah wkwkwkwk.

Oke deh GanSis, semoga thread ane bisa bermanfaat ya, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : srinami

Sumber referensi : opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh srinami
G ada yg bener gan klo cara bawa sopir nya g bener gas rem nya g lembut kaya butter mo diapain jg tetep mabok

Gw klo ud gt yg plg.mujarab y gw mnt sopir nya brenti mending gw yg nyetir ud lgsg ilamg mabok nya
profile-picture
makgendhis memberi reputasi
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di