CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menhan Australia Sebut-sebut Indonesia Saat Bicara Soal China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6144085bf29f107701321d22/menhan-australia-sebut-sebut-indonesia-saat-bicara-soal-china

Menhan Australia Sebut-sebut Indonesia Saat Bicara Soal China

Jakarta -

Amerika Serikat, Inggris dan Australia telah menyepakati aliansi pertahanan baru di tengah meningkatnya ancaman China. Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton menyebut kesepakatan aliansi yang diberi nama AUKUS itu adalah "keputusan bersejarah" dalam sejarah Australia, dan merupakan respons terhadap meningkatnya ancaman China di kawasan itu.

Yang menarik, dalam komentarnya, Dutton menyebut-nyebut Indonesia.

"Apa yang diinginkan Australia? Kami ingin perdamaian berkelanjutan di kawasan kami, kami menginginkan stabilitas, kami ingin ada kesempatan bagi Indonesia, Vietnam dan Sri Lanka dan Korea untuk terus berkembang dan memberikan standar hidup yang lebih baik bagi rakyat mereka dan hasil kesehatan yang lebih baik," kata Dutton seperti diberitakan Sky News, Jumat (17/9/2021).

"Itu adalah kesuksesan untuk dunia dan kita perlu memastikan itu bertahan lama," imbuhnya.
Baca juga:
Tanggapi Kemarahan Prancis, Australia: Kapal Selam Nuklir AS Lebih Baik

Dutton juga menyebut Indonesia, Vietnam, dan Korea Selatan sebagai mitra Australia di kawasan.

"Mereka memahami nilai-nilai yang kami anut dan bahwa kami telah secara konsisten menganutnya untuk jangka waktu yang lama," katanya.

Dutton mengatakan kemitraan baru dengan AS dan Inggris ini muncul di tengah kebutuhan untuk menghadapi ancaman "nyata dan meningkat".

"Ini adalah keputusan bersejarah dan kami sangat berterima kasih atas hubungan kami dengan Amerika dan Inggris," katanya.


Ini telah menjadi proyek yang telah dikerjakan untuk jangka waktu yang sangat lama dan ini tentang menangani ancaman dan ancaman itu nyata dan meningkat, kita harus sangat jujur tentang itu," ujarnya.

Inisiatif pertama AUKUS adalah kolaborasi kapal selam bertenaga nuklir untuk Angkatan Laut Australia. Dengan kesepakatan tersebut, berarti Australia membatalkan perjanjian pembelian kapal selam rancangan Prancis.

Seperti diberitakan BBC, pada 2016 lalu, Prancis memenangkan kontrak pembuatan 12 kapal selam untuk Angkatan Laut Australia sebesar A$50 miliar (Rp 522 triliun). Namun, proyek tersebut mengalami penundaan karena Australia mengajukan syarat agar pembuatan kapal selam itu menggunakan banyak komponen dalam negeri.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves Le Drian telah mengungkapkan kemarahannya atas keputusan mengejutkan Australia untuk membatalkan kesepakatan kapal selam demi kapal selam bertenaga nuklir dari Amerika Serikat.

"Ini benar-benar menikam dari belakang. Kita telah menjalin hubungan kepercayaan dengan Australia, kepercayaan ini telah dikhianati," ujar Jean-Yves Le Drian kepada radio France Info.


berita terbaru

Front perang global selanjutnya memang di Asia timur, makanya tentara AS dan NATO ditarik dari Timteng dan mulain banyak kapal militer mereka patroli di LCS untuk counter aksi China disana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 18 lainnya memberi reputasi
Front perang global selanjutnya memang di Asia timur, makanya tentara AS dan NATO ditarik dari Timteng dan mulain banyak kapal militer mereka patroli di LCS untuk counter aksi China disana.

lawan kadrun gk menarik lagi buat sekutu
lawan cina jauh lebih menarik alasannya banyak salah satunya punya cadangan emas banyak....kalo perang terjadi cina keok digangbang sekutu ..ya emas dirampas dan dibagi2 kan kepada negara yg tergabung sekutu....bagi2 jatah2 buat nutup modal perangemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
jerrystreamer1
kaskus maniac
sampai berani serang cina alamat ww3 gan masalahnya
profile picture
MegaFire
kaskus holic
lagi bingung skrg mereka
cina diladenin bukan nya jadi tertekan malah makin kuat
dibiarin malah lebih2
ngajak perang dagang malah senjata makan tuan
paling skrg cmn bisa nyebar2 isu negatif lewat media
profile picture
CM04
kaskus maniac
cina itu lawan berat bung, inget pas perang korea dulu sewktu aliansi amrik, korsel, canada, belanda vs china dan korut berlangsung sengit dan mc arthur sampe mau ngeluarin nuklir krna sangking kewalahannya
profile picture
jerrystreamer1
kaskus maniac
@CM04 nah iya makanya berani lawan cina bisa berujung ww3 nantinya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di