CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tata Kota Jakarta Terburuk Versi RTF, Bersanding dengan Dubai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6126cb7b74e61731be264312/tata-kota-jakarta-terburuk-versi-rtf-bersanding-dengan-dubai

Tata Kota Jakarta Terburuk Versi RTF, Bersanding dengan Dubai



Tata kota Jakarta sebagai ibu kota Indonesia masuk daftar yang terburuk di dunia. Menempati posisi teratas versi situs arsitek global Rethinking the Future (RTF).

Menurut pemberitaan laman tersebut, Jakarta bersama sembilan negara lain masuk daftar "10 Examples of Bad Urban City Planning" atau 10 contoh tata kota yang buruk.

Ya, tidak ada kota yang sempurna. Kota terus berkembang, dinamika kehidupan manusia terus berubah dan sistem terganggu dari waktu ke waktu.

Dengan berkembangnya kebutuhan penduduk, muncul kebutuhan untuk mengatasi metode perencanaan kota. Kota datang dalam berbagai bentuk dan ukuran – oleh karena itu, tidak ada satu pun definisi 'perencanaan kota yang baik' yang berlaku untuk semua kota di seluruh dunia.

Tapi lalu apa yang kita sebut 'dirancang dengan buruk'?

Berikut ini daftar kota-kota yang disorot laman re-thinkingthefuture.com, Selasa (24/8/2021), memiliki tata kota yang buruk --masing-masing karena alasan kontekstualnya--, salah satunya Jakarta:

1. Jakarta, Indonesia



Menurut re-thinkingthefuture.com, Jakarta digambarkan sebagai sebuah ibu kota yang sangat padat yang diselimuti asap dan tenggelam dalam air yang tercemar.

Jakarta dikatakan sebagai 'tempat dengan desain terburuk' di Bumi. Intervensi perencanaan selama beberapa dekade telah membawa kota ke keadaan ini, di mana kecelakaan infrastruktur menyoroti kualitas hidup yang buruk di sini.

Ruang hijau dan terbuka yang tidak memadai, kemacetan lalu lintas yang ekstrem, dan perluasan kota yang tidak terencana bersama-sama berkontribusi terhadap situasi tersebut. Di tambah lalu lintas terburuk di dunia, faktor lain yang berkontribusi adalah pembangunan infrastruktur berada di tangan pemerintah daerah, mengurangi kemungkinan pelaksanaan proyek jangka panjang.

2. Dubai, Uni Emirat Arab

Tidak seperti warga Jakarta yang menghadapi kekurangan sebagian besar fasilitas, Dubai justru sebaliknya, telah melebih-lebihkan hampir semua hal tanpa memperhatikan apa yang dipedulikan orang awam.

Seseorang mungkin akan berhenti memedulikan kualitas hidup yang sehat jika mereka lebih memilih fasilitas mewah di pusat perbelanjaan atau museum Ferrari sebagai ruang publik 'bersama'.

Dubai adalah contoh dari fasilitas yang luar biasa – gedung-gedung tertinggi tanpa mempertimbangkan dimensi manusia dalam desain ruang, armada mobil super polisi, dan tata letak yang tidak mendukung pejalan kaki.

3. Brasilia, Brasil



Brasilia disebutkan menderita konsep 'terlalu banyak desain', gagal menemukan yang memuaskan di antaranya.

Tata ruang kota terinspirasi oleh tata ruang 'pesawat' dengan arsitektur modern. Namun sayangnya, kota ini mendapat predikat 'buatan' karena kurangnya koneksi dengan orang-orang yang tinggal di kota tersebut.

Populasi awal untuk kota adalah sekitar 500.000 penduduk, tetapi sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 3 juta populasi - dasar dari rencana, konsep keindahan telah lama dilupakan dan fokus telah bergeser untuk menyediakan akomodasi yang cukup bagi orang-orang ini.

Apa yang tersisa dari Brasilia adalah desain ekstrem yang dibuat semarak hanya oleh penduduk lokal.

4. Atlanta, Georgia, AS



Seperti apa Jakarta bagi seluruh dunia, ibarat serupa ditujukan kepada Atlanta bagi Amerika Serikat – kota ini dikatakan memiliki kemacetan lalu lintas yang 'sangat mengerikan' akibat ledakan penduduk di tahun 80-an dan 90-an.

Masalahnya semakin meningkat karena adanya konektor antar-negara bagian, di tengah pusat kota Atlanta. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah kemacetan adalah sistem angkutan massal yang efektif, selain sistem MARTA yang tidak memadai (kereta bawah tanah berbentuk plus yang perlu diperluas) dan kerangka peraturan yang dapat mendukung proyek perluasan infrastruktur tersebut.

5. São Paulo, Brasil

Selama abad ke-20, Sao Paulo beralih dari lingkungan perkotaan kecil ke kota metropolitan 3.000 mil persegi dengan pusat kota yang kaya dan pinggiran kota yang miskin. Kota ini adalah korban dari perencanaan yang tidak homogen – jalan-jalan padat yang melewati lingkungan yang ramai.

Tapi apa yang dilakukan penduduk kaya dan makmur di Sao Paulo untuk mengatasi masalah kemacetan? Perjalanan dengan helikopter!

Sao Paulo memiliki armada helikopter per kapita terbesar di dunia.

6. Boston, Massachusetts, AS



Meskipun Boston adalah rumah bagi lingkungan terindah di Amerika, kota ini dinilai sebagai kota paling sulit di dunia untuk dinavigasi. Penjelasannya adalah bahwa jalan-jalan itu diletakkan di atas 'jalur sapi', tetapi kenyataannya jalan-jalan itu tidak pernah direncanakan dengan baik.

Fitur geografis tidak dipertimbangkan dan proyek pembangunan kembali yang gagal semakin memperburuk kota.

Fitur geografis yang membuat Boston menonjol segera menghilang dari lanskap kota sebagai akibat dari penimbunan untuk meningkatkan area kota yang dapat dikembangkan.

7. Missoula, Montana, AS


Missoula terkenal dengan lingkungan 'jalan miring' yang aneh, dinamai satu-satunya bagian kota yang tidak mengikuti pola jalan biasa. Ini adalah hasil dari benturan kepentingan antara pengembang saat itu – menyebabkan keributan yang menciptakan bagian kota yang tidak biasa ini.

Selanjutnya, Missoula membangun persimpangan yang rumit, yang paling berbahaya adalah malafungsi persimpangan, yakni persimpangan lima jalur.

8. Naypyidaw, Myanmar



Kota ini dinyatakan sebagai ibu kota pada tahun 2005 dan satu dekade kemudian, Naypyidaw telah berkembang enam kali ukuran Kota New York, dengan 20 jalur jalan raya dan infrastruktur cerdas lainnya.

Lalu di mana perencanaan yang buruk?

Sebuah kota adalah untuk orang-orang untuk tinggal, tetapi Naypyidaw sebagian besar tetap tidak berpenghuni karena lokasinya yang berada di tengah-tengah. Bahkan pada saat-saat tersibuk, jalanan tetap kosong.

Satu-satunya orang yang tinggal di sini adalah sekelompok pejabat pemerintah dan beberapa orang mengatakan, ini adalah kota 'hantu' karena orang mungkin bahkan bisa mendengar gema suara mereka.

9. New Orleans, AS



New Orleans adalah kota di Amerika lainnya yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan sistem yang gagal!

Badai Katrina menghancurkan New Orleans. Segera setelahnya sebuah sistem untuk melindungi kota dari gelombang badai semacam itu dikembangkan.

Kota ini dibangun di atas pasir lembut, lumpur, dan tanah liat - New Orleans sedang tenggelam. Ditambah lagi, kota ini memiliki tata letak jalan yang buruk sehingga memperparah situasi kemacetan lalu lintas.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan kota yang berada di bawah permukaan laut dan di wilayah rawan badai adalah perencanaan kota yang lebih baik.

10. Dhaka, Bangladesh



Pernah mendengar tentang disfungsi perkotaan?

Dhaka adalah contoh klasik tentang bagaimana urbanisasi yang salah bisa terjadi – infrastruktur transportasi tidak ada, waktu perjalanan yang luar biasa lebih lama, dan yang terpenting penduduk terpaksa menanggung kondisi kumuh di dalam batas kota karena kurangnya kesempatan kerja.

Lingkungan perkotaan yang paling distopia ada di Dhaka, yang pada akhirnya menghasilkan sanitasi dan kebersihan yang buruk. Alhasil menurunkan kualitas hidup.

https://www.liputan6.com/global/read...i-hingga-dhaka



Kirain bersanding dengan kabul atau damaskus
Diubah oleh wismangan
Skalipun gw bukan fans pak gubernur yg saat ini, namun klo mau melihat lebih objektif ya ini bukan sepenuhnya diarahkan jd salah gubernur saat ini

Tata kota kan kesinambungan antar periode pemerintahan, dan tiap masa periode hanya memiliki sebagian andil dalam pembentukan tatanan baru di wilayahnya

Yg penting gmn seorang pemimpin dalam hal ini bs menyempurnakan skema pengembangan tata kota yg lebih baik untuk puluhan bahkan ratusan tahun ke depan, mengeksekusi apa yg bs dilaksanakan saat ini, dan meninggalkan cetak biru dan political will yg jelas untuk penerusnya di masa yg akan datang
profile-picture
profile-picture
superman313 dan hantupuskom memberi reputasi
profile picture
yellowmarker
kaskus maniac
Kalo kesinambungan kenapa normalisasi kali ciliwung kok tidak dilanjutkan. emoticon-EEK!

Kalo kesinambungan kenapa reklamasi dari jaman soeharto dijegal orang dengki di jaman ahok. emoticon-EEK!

Kalo kesinambungan kenapa kok pemukiman di sempadan sungai yang sudah digusur dibangun kembali dengan dalih kampanye ..eh keadilan sosial. emoticon-EEK!

Kalo bukan salah gubernur saat ini masa salah org yg jabat gubernur ga genap 2 tahun itu. emoticon-EEK!









Kalo bukan salah gubernur saat ini masa salah juliari. emoticon-EEK!

Kalo bukan salah gubernur saat ini masa salah harun masiku. emoticon-EEK!

Kalo bukan salah gubernur saat ini masa salah joseph paul zhang. emoticon-EEK!

megawati
puan
trump
xijinping
biden
putin
michael jakson
mike tyson
.
.
.

emoticon-Entahlah

emoticon-Stick Out Tongue
profile picture
dwiatmaja
kaskus freak
@yellowmarker memang sok netral dia
padahal aslinya bujer balaikota

berkesinambungan apanya, proyek gub2 terdahulu gak dilanjutin

malah sok2an bikin kebijakan2 baru yang g nyambung emoticon-Big Grin
profile picture
MegaFire
kaskus holic
@yellowmarker @dwiatmaja

banyak yang sok netral mah ane liat emoticon-Big Grin
biasanya suka ngomong "saya bukan pendukung x" tp isi nya muja muji si x ato nyudutin lawan nya si x dan jg sebaliknya "saya pendukung x" tp isinya kritikan yg cenderung menyudutkan (sering kalo kritikan nya malah invalid) emoticon-Big Grin
profile picture
yellowmarker
kaskus maniac
@MegaFire @dwiatmaja

Walau mereka netral pun yang penting saya nampang dulu. emoticon-Stick Out Tongue
profile picture
gmc.yukon
kaskus maniac
Jadi ente diatas semua netral gak
profile picture
campusnight
kaskus addict
Tuh kan....komenan kaskuser emang bener2....

Coba dipahami bner2 dulu baru cb komenan dengan objektif

Mending komenan sok bijak drpada ga bijak sama sekali kan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di