CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Belum Merdeka Impor BBM, Padahal Punya Harta Karun Energi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/611be7572e7bce513656fb0c/ri-belum-merdeka-impor-bbm-padahal-punya-harta-karun-energi

RI Belum Merdeka Impor BBM, Padahal Punya Harta Karun Energi!

NEWS - Arif Gunawan, CNBC Indonesia

17 August 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia sudah berusia 76 tahun, atau tiga perempat abad lebih. Duduk di atas cincin api Pasifik, Indonesia diberkahi dengan energi terbarukan yang melimpah. Sayangnya, kedaulatan energi belum sepenuhnya aman karena candu minyak bumi. 


[center]Foto: Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Indonesia masih menghadapi tantangan krusial dalam hal ketahanan energi. Ketergantungan energi fosil (minyak dan batu bara) dinilai kian riskan berdampak pada terancamnya kedaulatan energi nasional, meski kita telah menyatakaan kemerdekaan 76 tahun. 

Kemerdekaan adalah satu hal, yang bisa diproklamirkan. Namun kedaulatan adalah hal lain, yang terus dieja karena merupakan proses yang belum usai. Di tengah usia kemerdekaan Indonesia yang mencapai 76 tahun, bangsa ini terus berjuang mewujudkan kedaulatan energi.

Kedaulatan energi dimaknai sebagai hak negara dan bangsa untuk secara mandiri menentukan kebijakan pengelolaan dan penggunaan energi. Sudah berdaulatkah Indonesia di sektor energi? Pertanyaan ini bakal memicu perdebatan panjang. 

Namun, kita bisa setidaknya mengukurnya dari ketahanan energi, yang memaparkan 5 dimensi: ketersediaan pasokan energi (availability), kemampuan membeli (affordability), dan akses (accessibility) bagi pengguna energi, keberterimaan (acceptability) dan efisiensi (efficiency
). 
Global Energy Institute (GEI), lembaga riset sektor energi di bawah US Chamber of Commerce (Kamar Dagang Amerika Serikat/AS) pada tahun lalu menerbitkan laporan "International Index of Energy Security Risk Index (IESRI): Assessing Risk in Global Energy Market." 

Di dalamnya terdapat analisis mengenai tingkat ketahanan energi negara yang menjadi pemain utama energi dunia, termasuk Indonesia. Di situ, peringkat ketahanan energi Indonesia berada di urutan 9, dari 25 negara pemain energi terbesar dunia.


lebih lengkapnya silakan simak link dibawah ini ;
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210817204925-4-269143/ri-belum-merdeka-impor-bbm-padahal-punya-harta-karun-energi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
udmin dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rumahbatamerah
Maka nya kita butuh felix siauw
profile picture
neptunium
kaskus maniac
eh anjing suruh dia gali bumi pake tangannya
profile picture
pembela.tuhan
kaskus addict
@neptunium
astagfirullah...antum meragukan the power of kunfayakun
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di