- Beranda
- Komunitas
- News
- Sejarah & Xenology
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
TS
tyrodinthor
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
أتاني بإسناده مخبر، وقد بان لي كذب الناقل
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
Selamat Datang di MIA
Pengantar Umum
HISTORIOGRAFI
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 690
- Sumber-sumber Tertulis "Muslim" s.d. 690
- Literatur Apokaliptika
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 900 : (coming soon)
- Pandangan Saksi Hidup Tentang Muslim Awal
KRITIK ASAL-USUL HADITS
- Pengantar Singkat Tentang Hadits
- "Keunikan" Al-Muwaththa'
- Pembuktian Awa'il
- Misteri Hadits Abu Bakar-'Umar-'Utsman-'Ali
- Asal-Usul Konsep Sunnah
- Pengembangan Hadits di Kota-kota Besar dan Karakter Isnad
- Isnad Hijazi
KRITIK-HISTORIS HADITS
- Peranan Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
- Daftar Qadhi Perawi (s.d. 850an)
- Kejanggalan Hadits-hadits Mutawatir
- Kritik Sumber Rijal Sanad
- Teori Sintesis Kontemporer:
- Teori Common Link Juynboll
- Teori Projecting Back Schacht-Juynboll
- Teori Isnād cum Matn Motzki
ASAL-USUL FIQH
1. Madzahib Kuno Pra-Syafi'i
2. Ikonoklasme Leo III dan Yazid II
3. Rivalitas Muhaddits Bashrah vs Kufah
4. Asal-Usul Sunnah
5. Abu Hanifah dan Murid-muridnya
6. Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits
7. Mu'tazilah dan Kebijakan Mihnah
8. Kebangkitan Asy'ari dan Penyeragaman 'Aqidah
9. Persekusi Ekstrimis Hanabilah
AL-QUR'AN TERTULIS
1. Masalah Dalam Tradisi
2. Tradisi Sab'atu Ahruf
3. Scriptio Defectiva dan Scriptio Plena
4. Manuskrip-Manuskrip Tertua
5. Evolusi Rasm Al-Qur'an
AL-QUR'AN ORAL
1. Al-Qur'an Pada Periode Primitif
2. Markers of Orality
- Karakteristik & Proporsi
- Abraham & Pengumuman Tentang Anaknya
- Clausula & Contoh Exegesis Alkitabiah
3. Contoh: Polemik Al-Ma'idah: 41-87
4. Konten Al-Qur'an
KRITIK-HISTORIS SIRAH
1. Kepenulisan Sirah
2. Konten Sirah
3. Karakteristik Sirah Ibnu Ishaq
4. Maghazi dan Asal-Usul Hudud
- Kritik Kisah Penghukuman Bani 'Urainah
- Kritik Kisah Perjanjian Hudaibiyyah
- Kritik Kisah Perang Badar dan Uhud
- Kritik Kisah Pengusiran Bani Quraizhah
- Kritik Kisah Fat'hu Makkah
- Kritik Kisah Pengepungan Khaibar
- Kritik Kisah Fadak
- Kritik Kisah Peristiwa Tsaqifah dan Bani Sa'idah
5. Muhammad mitologis VS Muhammad historis
MUHAMMAD
- Masalah Dalam Tradisi
- Salvation History
- Biografi Tradisional
- Misteri Kehidupan Muhammad
- Hanifisme
- Pengasingan Terhadap Karakter Muhammad
- Hilangnya "Putra" Muhammad
YAHUDI, MUHAMMAD, DAN ISLAM KLASIK
- Yahudi Mosaik vs Yahudi Hellenistik
- Yahudi dan Militansinya
- Beta Israel
- Gerakan Penafsiran Torah di Iraq
- Yahudi di Jazirah Arab
- Umma Document (1)
- Umma Document (2)
- Umma Document (3)
- Kronologi Evolusi Islam (1)
- Kronologi Evolusi Islam (2)
- Kronologi Evolusi Islam (3)
BAHASA ARAB DAN AL-QUR'AN
- Manuskrip-Manuskrip Al-Qur'an s.d. 900
- Bahasa Arab Kuno s.d. Bahasa Arab Klasik
- Pengaruh Bahasa-bahasa Asing
- Konten Dalam Al-Qur'an
- Al-Qur'an Hari Ini
- Corpus Coranicum
- Prophetic Logia
KESARJANAAN
- Tradisionalisme dan Orientalisme Lama
- Revisionisme dan Orientalisme Baru
- Neo-Revisionisme / Neo-Tradisionalisme
MISCELLANEOUS
- Geografi Arab Pra Muhammad
- Prasasti Yudeo-Arab Pra Muhammad
- Literatur Arab dan Evolusi Arab Klasik
- Ortografi Arab Kuno
- Kekeliruan Cara Berpikir Anti-Islam
FAQ
Diubah oleh tyrodinthor 15-05-2021 05:53
Bathara semar dan 87 lainnya memberi reputasi
72
129.1K
1.9K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
iuhuuu
#696
Thread ini berjudul rekontruksi, rekontruksi yang bagaimana?
Yang TS bagikan sebagian besar dari awal hanya kontruksi dari prasangka buruk terhadap prasangka Islam tradisional
Coba diliat aja berdasarkan data yang sepotong-sepotong, TS sering buat narasi teori yang sebetulnya terlalu jauh dan seolah-olah hanya kebenaran tunggal dari data itu
Ibarat ada kayu ada paku ada palu, TS menyatakan membuat bahan tersebut menjadi meja tanpa memperhitungkan kemungkinan kontruksi lainya yang masuk akal
Kontruksi itu dikatakan ga masuk akal kalau dari bahan2 tersebut maka dapat dibuat menjadi sebuah gedung, tapi bila digunakan untuk membuat lemari atau kursi maka data tersebut masih masuk akal.
Tapi TS tidak memiliki sikap seperti itu, dia berusaha menggiring cara berpikir kita berdasar imajinasi TS yang sebetulnya hanya salah satu bagian kecil dari kemungkinan.
Bahayanya kalau pemikiran seperti ini dihubungkan dengan pemikiran2 sesat dan salah maka hanya akan menimbulkan teori salah kaprah yang menyesatkan.
Bermodal data terjemahan copas yang memang termasuk unik, pembaca ga sempat memiliki waktu untuk mengkritisi setiap narasi yang diberikan TS
Teori sejarah Islam berbeda dengan teori evolusi yang memang memiliki kemungkinan tunggal yang paling masuk akal. Sedangkan pada teori sejarah Islam sangat banyak kemungkinan tersebut, jadi hati2 buat para pembaca jangan terjebak pada narasi yang diberikan TS, cukup pelajari datanya saja bukan rekontruksinya
Jadi mohon agar hati-hati dalam membaca thread ini, data boleh dipercaya tapi pendapat TS lebih baik jangan
Yang TS bagikan sebagian besar dari awal hanya kontruksi dari prasangka buruk terhadap prasangka Islam tradisional
Coba diliat aja berdasarkan data yang sepotong-sepotong, TS sering buat narasi teori yang sebetulnya terlalu jauh dan seolah-olah hanya kebenaran tunggal dari data itu
Ibarat ada kayu ada paku ada palu, TS menyatakan membuat bahan tersebut menjadi meja tanpa memperhitungkan kemungkinan kontruksi lainya yang masuk akal
Kontruksi itu dikatakan ga masuk akal kalau dari bahan2 tersebut maka dapat dibuat menjadi sebuah gedung, tapi bila digunakan untuk membuat lemari atau kursi maka data tersebut masih masuk akal.
Tapi TS tidak memiliki sikap seperti itu, dia berusaha menggiring cara berpikir kita berdasar imajinasi TS yang sebetulnya hanya salah satu bagian kecil dari kemungkinan.
Bahayanya kalau pemikiran seperti ini dihubungkan dengan pemikiran2 sesat dan salah maka hanya akan menimbulkan teori salah kaprah yang menyesatkan.
Bermodal data terjemahan copas yang memang termasuk unik, pembaca ga sempat memiliki waktu untuk mengkritisi setiap narasi yang diberikan TS
Teori sejarah Islam berbeda dengan teori evolusi yang memang memiliki kemungkinan tunggal yang paling masuk akal. Sedangkan pada teori sejarah Islam sangat banyak kemungkinan tersebut, jadi hati2 buat para pembaca jangan terjebak pada narasi yang diberikan TS, cukup pelajari datanya saja bukan rekontruksinya
Jadi mohon agar hati-hati dalam membaca thread ini, data boleh dipercaya tapi pendapat TS lebih baik jangan
Diubah oleh iuhuuu 09-08-2021 12:02
pakisal212 dan yusuko memberi reputasi
2
Tutup