CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Time Traveller, Sebenarnya Apa Sih Maunya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610690317f9acf584959ad26/time-traveller-sebenarnya-apa-sih-maunya

Time Traveller, Sebenarnya Apa Sih Maunya?



Perjalanan waktu adalah sebuah topik yang cukup sering dibahas dikalangan pecinta sains maupun pecinta cerita fiksi. Ada banyak teori mengenai mesin waktu dan ada juga beberapa foto yang memperkuat dugaan bahwa time traveller itu memang benar-benar ada.

Ada banyak film, novel maupun komik yang mengusung tema perjalanan waktu dan alasan utama yang membuat mereka kembali ke masa lalu adalah ingin merubah sesuatu agar masa depan menjadi lebih baik. Ada juga orang yang kembali ke masa lalu untuk melihat sesuatu yang sudah punah dan ada juga orang yang kembali ke masa lalu karena kecelakaan.

Saya nggak mencoba untuk membuktikan apakah time travel itu benar-benar mungkin atau tidak karna jika profesor-profesor terkemuka saja tak bisa apalagi saya? Di thread ini saya hanya ingin berbagi pendapat mengenai 'apa sebenarnya yang time traveller inginkan dengan kembali ke masa lalu?'



Tentunya seseorang kembali ke masa lalu karna ingin merubah masa depan namun ada beberapa orang yang mengaku berasal dari masa depan namun tidak melakukan apapun untuk mencoba merubah masa depan.

Mari ambil teori perjalanan waktu dari film 'Back to the future' yang mana jika seseorang merubah sesuatu di masa lalu maka masa depan akan langsung berubah. Nah, jika orang-orang yang mengaku time traveller berhasil merubah masa depan maka sejarah dimana mereka kembali ke masa lalu akan terhapus sehingga 'kita' tak akan ingat bahwa mereka pernah ke masa lalu. Meski demikian saat ini kita masih mengingat para time traveller yang terkenal di internet jadi kemungkinan besar mereka gagal.

Teori film 'Back to the future' bukanlah satu-satunya teori tentang perjalanan waktu. Ada juga teori film 'Avenger: Endgame' yang mana jika kita kembali ke masa lalu maka masa depan tidak akan berubah, itu hanya akan menciptakan arus waktu lain alias multiverse. Dengan berpacu pada teori ini maka fakta bahwa kita masih mengingat para time traveller masih bisa diterima.



Nah, pertanyaan pertama: kenapa tidak ada time traveller yang kembali ke masa lalu untuk mencegah covid-19? Atau mencegah perang dunia? Atau mencegah pembunuhan Munir?

Baru-baru in ada berita tentang time traveller yang berasal dari tahun 5000. Dia menunjukkan foto bumi yang sudah tenggelam alias bumi yang hancur. Nah, buat apa dia kembali ke tahun 2021? Nggak masuk akal rasanya dia kembali ke 3000 tahun yang lalu cuma untuk menunjukkan hal yang nggak ada hubungannya dengan manusia jaman sekarang. Toh manusia jaman sekarang nggak bakalan hidup buat bernafas di tahun 5000. Dia ingin mencegah kehancuran bumi pun nggak bakalan bisa karna harus menunggu ribuan tahun untuk penyebab kehancuran itu terjadi (keburu mokad).



Okay, time traveller tidak mencegah musibah karna jika semua musibah dicegah maka akan menimbulkan overpopulasi. Jawaban ini cukup lemah karna tanpa semua musibah itu pun overpopulasi bumi pasti akan terjadi (kecuali Thanos sukses melakukan Snap). Kalau memang begitu maka buat apa kembali ke masa lalu dan membeberkan masa depan?

Lalu pertanyaan kedua: siapa yang memiliki mesin waktu?

Jika mesin waktu menjadi barang yang bisa diraih siapapun maka dunia akan jatuh pada kehancuran jadi akan lebih masuk akal jika hanya ada sedikit mesin waktu yang tercipta dan yang memilikinya pastilah kekuatan-kekuatan besar seperti pemerintah dunia atau elit global.



Pemerintah dunia (jika mereka benar-benar baik) pasti akan melarang penggunaan mesin waktu karna itu akan merusak banyak hal namun jika itu elit global maka mereka akan menggunakan mesin waktu demi keuntungan mereka sendiri.

Mari bayangkan kasus seperti ini; bagaimana jika di masa depan Munir menjadi orang yang amat berbahaya bagi elit global sehingga orang dari masa depan memutuskan untuk membunuhnya saat dia ada di pesawat tersebut? Tanpa adanya Munir maka pelanggaran HAM akan terus merajalela sehingga elit global semakin berkuasa. Jenis kasus seperti ini bisa dilihat di film 'Terminator'

Jika pembunuhan-pembunuhan misterius itu memang dilakukan karna mereka adalah ancaman di masa depan maka dunia tak diragukan lagi tengah menuju pada kehancuran dan jika itu benar maka pasti ada seseorang yang ikut kembali ke masa lalu untuk mencegahnya dan semuanya pun berakhir pada perang waktu atau pengadaan polisi waktu (lihat kartun Doraemon) yang akan mengembalikan sejarah yang berubah.

Dan dengan demikian sampailah kita pada pertanyaan ketiga: jika polisi waktu yang menangkap seluruh time traveller memang ada maka apakah yang disebut time traveller benar-benar ada?



Well, tanpa sadar kita sudah sampai dalam keadaan loop yang tidak ada jawabannya. Sia-sia saja rasanya saya menulis sampai 700 word hanya untuk mencapai kesimpulan seperti itu.

Kembali ke pertanyaan yang paling awal, apa sebenarnya yang time traveller inginkan dengan kembali ke masa lalu? Merubah dunia dalam skala besar tak mungkin dilakukan karna hanya akan membawa kita pada skenario diatas lalu bagaimana dengan merubah dunia dalam skala kecil? Contohnya mencegah kematian seseorang.

Teorinya begini, ada seseorang yang berhasil menemukan mesin waktu dan memilih menghancurkan mesin waktu setelah merubah satu hal saja. Dia tidak mengumbar apapun dan dengan begitu perang waktu tidak akan ada. Kasus seperti ini rasanya lebih bisa diterima dibandingkan orang-orang yang mengaku berasal dari masa depan namun tidak melakukan apapun dan sekarang malah tidak jelas keberadaannya.



Menggunakan mesin waktu tanpa ada yang tahu memang tidak akan menimbulkan pertanyaan membingungkan yang lain sehingga teori time traveller bisa kita terima namun tetap saja mereka tidak akan memberikan bukti apapun pada kita.

Perjalanan waktu memang terasa aneh di telinga kita dan jika memang benar ada maka harusnya juga tidak ada disaat yang sama. Sebuah paradox yang membingungkan dan tak mungkin kita temukan jawabannya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfidanger dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
menjawab pertanyaan pertama aja.

Ok, jadi kita anggap aja mesin waktu udah ada, dan sudah ada orang yg terbang ke waktu mundur.

Kenapa mereka engga mencegah covid, atau mencegah pembunuh munir?
Karena mereka datang dari masa depan, dan sudah merasakan efek dari peristiwa2 diatas. Kemungkinan besar, ada kondisi yg mengharuskan peristiwa2 tsb tetap harus terjadi di masa lalu (manfaat positif/dampak yg dituju lebih besar).

Jadi penggunaan mesin ini kemungkinan benar akan sangat terbatas. Dan bila harus dilakukan, hanya boleh untuk mengubah kondisi yg membawa dampak yg luas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS ih.sul
kaskus geek
Contohnya covid akan memperkuat imun kita sehingga itu diperlukan? Kalau begitu muncul pertanyaan baru gan. Kenapa nggak mencegah peristiwa yang membutuhkan covid untuk terjadi? Dengan begitu covid juga nggak diperlukan kan?
profile picture
TS ih.sul
kaskus geek
Terus aja sih begitu ampe upin ipin tumbuh rambut
profile picture
a2team
kaskus maniac
@ih.sul engga sesimpel itu.
Sama kaya dagang senjata, engga laku kalo ga ada perang. Dagang obat juga engga laku kalo engga ada penyakit.
Masa iya nilai obat penyakit pandemi sama kaya obat penyakit musiman? Kan engga.

Mesin waktu (kalo bener2 ada) pasti bukanlah alat yg punya tujuan sepele seperti pencipta kedamaian atau pencegahan penyakit.
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
mungkin vaksin yg ada sekarang ini adalah pemberian mereka krn klo nggak gitu mungkin butuh waktu lebih lama sehingga populasi manusia terancam.

mungkin loh ya.

bisa aja gw bilang bahwa preside US harusnya mati kemarin krn dibunuh oleh agen rusia lalu dunia masuk era perang nuklir, tapi ada krn timetraveller yng mencegah jadi hari ini aman2 aja.

mungkin juga loh ya.
siapa yg tau, teori tanpa pembuktian kan
profile picture
a2team
kaskus maniac
@th3d4rk Nah kalo teori begini, gw lebih suka berada di seberang.
Daripada sekedar vaksin, gimana kalo tujuan virus ini adalah untuk mengurangi & menyeleksi tipe2 manusia dg gen tertentu untuk menghadapi jenis penyakit masa depan?
Makanya meski tau, time traveler engga menghentikan awal mula pandemi ini.
profile picture
Kalau menurut cerita The Flash, ketika seseorang merubah masa lalu, maka akan tercipta Paradox waktu dan akan menimbulkan hal yang lebih berbahaya di masa depan.
profile picture
erwhyienzst
kaskus addict
Ketika ane dihadapkan pada dua pilihan,, ane selalu bergumam:
Jgn2 pilihan yg ane pilih ini ada dorongan dr diri ane di masa depan,, cma ga mnampakkan diri aj..
emoticon-Hammer2
profile picture
didi_skywalker
kaskus maniac
Seperti kata the ancient one, time line ga boleh diacak acak, berbahaya

profile picture
sir.bayou
kaskus maniac
Time travel yg masuk logika gw tuhh, misalnya seseorang yang pake suatu benda sbg perantara...

Kita sebut benda itu canggih karena pengetahuan belom sampe menjangkau, atau malah benda tersebut d anggap mistis...

Lewat benda itu kita bisa time travel sesaat ke masa depan dan liat secara garis besar gimana kehidupan manusia sebut aja 100 taun lagi...

Karena ada keterbatasan dan ga boleh melanggar kaidah" ilmu yang lain, jadi hanya bisa menyaksikan saja seperti nonton bioskop versi real time...

Si aktorpun balik ke masa kini, jadi sejatinya dia bisa tau apa yg terjadi d masa depan, atau mungkin masa lalu untuk merekam sejarah yg hilang...

emoticon-Big Grin
profile picture
a2team
kaskus maniac
[mention]sir_bayou[/mention] alat untuk ke masa depan mah engga canggih gan. Tuh alat umumnya ada di kamar semua orang.
Minus nya, dari masa depan, engga bisa balik ke masa lalu.
Nah alat untuk ke masa lalu itulah yg sebenar2nya mesin waktu yang belum ditemukan.
emoticon-Leh Uga
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
@a2team
oh gw tau maksud lo, pasti kulkas kan??
emoticon-Hammer2
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 11 dari 11 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di