CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Terdapat Bisnis Surat Bebas Covid Palsu Seharga Rp 90.000?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6104f9299b4db53cac1b8b5c/benarkah-terdapat-bisnis-surat-bebas-covid-palsu-seharga-rp-90000

Benarkah Terdapat Bisnis Surat Bebas Covid Palsu Seharga Rp 90.000?




Kegiatan swab sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh semua masyarakat agar mengetahui kondisi kesehatan mereka, apakah terbebas dari virus Covid atau terpapar virus tersebut. Namun, masih ada saja oknum yang menyalahgunakan prosedur tes swab ini dengan membuat bisnis surat hasil swab palsu.

Hal tersebut terlihat dari beredarnya rekaman video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang perempuan tenaga kesehatan atau nakes ber-APD lengkap mengutip Rp 90.000,- untuk surat bebas Covid palsu. Dalam video berdurasi 1 menit 39 detik itu juga disebutkan nakes tersebut mengutip uang untuk surat bebas Covid palsu di atas bus, tepatnya di Jalan Tol Trans-Sumatera.



Sumber Foto: Kompas.com

Lantas, apakah video tersebut terbukti mendeskripsikan bisnis surat bebas Covid palsu?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait bisnis surat bebas Covid palsu tersebut melalui situs CNN Indonesiadan Kompas.com.

Setelah ditelusuri, klaim yang mengatakan jika perempuan tersebut menjual hasil swab palsu adalah tidak benar. Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin mengonfirmasikan, kejadian yang terekam kamera penumpang itu terjadi di Rest Area KM 33 Jalan Tol Trans Sumatera, Lampung Selatan pada Jumat, 23 Juli 2021 lalu.

Edwin menjelaskan bahwa video tersebut tidak menampilkan secara utuh kejadian yang sebenarnya pada hari itu. Selain itu, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto juga membantah isu tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan diketahui bahwa petugas berhazmat itu membagikan kartu kepada penumpang yang memang sudah menjalani tes swab antigen sebelum naik bus, bukan menjajakan kartu hasil tes palsu. Adapun kejadian sebenarnya adalah semua penumpang turun dari bus untuk rapid antigen. Sambil menunggu hasil rapid test, penumpang naik ke dalam bus.

Setelah itu, petugas masuk ke bus dan memanggil nama-nama penumpang seraya membagikan hasil tes. Apabila ditemukan yang reaktif/positif, maka penumpang tersebut dipanggil dan diarahkan oleh petugas agar tidak melanjutkan perjalanan.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax menyatakan informasi mengenai bisnis surat bebas Covid palsu tersebut merupakan informasi tidak benar alias Hoax.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 10 lainnya memberi reputasi
kalaupun nyata juga wajar koq emoticon-Cool
apa sih yang gak di korup oleh bangs ini. dari pejabat tingkat rendah sampai tertinggi mental sama saja emoticon-Cape d...
sekitar gw juga banyak contohnya. dari SD sudah diajari korupsi dan manipulasi oleh ortunya. yang biasanya anak bodoh nilainya malah lebih bagus dari anak pintar sejak ada belajar online. aneh kan...? emoticon-Bingung
profile-picture
helloworld100 memberi reputasi
profile picture
Jaman dulu jg banyak gan anak sekolah, ane jaman smp belajar sampe jungkir balik dapet nem 25.5 jujur kaga nyontek2, lah ini anak begajulan atu dapet nyontek kanan kiri nem 27 dia doang yg di elu2kan di sekolah emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di