CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mancing Jaring, Dapat Ikan Tembakang Banyak? HOAK Itu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610211eec3a34837a31ba1c5/mancing-jaring-dapat-ikan-tembakang-banyak-hoak-itu

Mancing Jaring, Dapat Ikan Tembakang Banyak? HOAK Itu!



Mancing jaring, dalam istilah orang Banjarmasin adalah 'melelangit', bedanya jika melelangit tidak menggunakan umpan. Sementara mancing jaring menggunakan umpan.

Mancing jaring sendiri memang sungguh mengasyikkan. Pelampung jaring saat ada ikan terperangkap memiliki sensasi tersendiri. Seperti halnya saat mancing dengan umpan, tarikan ikan terasa sampai ke jantung.

Gw tidak pungkiri, jika mancing jaring untuk jenis ikan tertentu memang menghasilkan banyak ikan, terutama ikan sepat siam. Ikan jenis yang satu ini kata orang-orang biasa disebut ikan paling bodoh.

Untuk menangkap ikan sepat siam sangat mudah. Bisa menggunakan jaring (ringgi) tegak, ringgi apung (lelangit) atau pancing jaring, jala, atau dipancing biasa.

Beda halnya dengan ikan tembakang, dipancing sangat susah, dijala kadang perlu kesabaran ekstra. Soalnya saat jala dilempar, dibutuhkan waktu yang relatif lama agar ikan naik ke permukaan. Ikan biasanya merebahkan diri di dasar atau lumpur. Jadi ketika jala diangkat, ikan masih ada di dasaran. Peluang dapat ikan tembakang sangat kecil.

Ikan tembakang termasuk jenis ikan yang pintar dan liar walau kelihatan jinak. Jarang sekali ada pemancing yang sanggup bertahan dengan kesabarannya.

Lah, sementara yang kita lihat berseliweran di youtube dan lainnya banyak sekali youtuber mengunggah cara dan trik mancing tembakang. Rata-rata mereka dapat banyak.

Biasanya ikan tembakang tidak hidup dalam kerumunan ikan tembakang saja. Ada ikan seluang (wader), sepat siam, sepat, pepuyu dan ikan lain.

Bayangkan saat menaruh umpan ke dalam kerumunan tersebut, ikan apa yang paling awal makan? Para pemancing pasti tau. Ikan waderlah yang pertama kali makan umpan. Lalu kapan dapat ikan tembakang?

Dengan kesabaran mungkin saja saat ikan wadernya habis kena pancing (padahal ikan wader jumlahnya sangat banyak), ikan sepat dan sepat siamlah yang akan menyantap umpan. Kesempatan dapat ikan tembakang pun semakin tipis.

Bagaimana halnya dengan pancing jaring? Persis sama! Umpan yang kita gunakan jenis umpan apa? Jika ada ikan seluang (wader), sebelum tembakang mendekat, umpan sudah habis duluan. Begitu juga jika ada ikan sepat atau sepat siam. Mereka inilah yang bakalan terperangkap di jaring kita.

Kalaupun kebetulan ada ikan tembakang apes satu mungkin ada yang terperangkap, otomatis rombongan ikan tembakang akan kabur menjauh.

Lantas bagaimana halnya dengan unggahan rekan youtuber itu? Mungkin saja spot yang ada sudah kering, ikan lain sudah tidak ada lagi, mungkin juga spot yang digunakan adalah kolam khusus tembakang. Sehingga wajar jika hasilnya banyak.

Trik mancing jaring tembakang agar dapat banyak memang jarang diketahui orang. Yang mereka tahu, karena susah dipancing, dijaring, atau dijala menjadikan mancing jaring ikan tembakang jadi primadona.

Pengalaman gw selama mancing jaring tembakang tak pernah dapat banyak, paling banter dapat satu atau dua kilo saja. Kadang malah dapatnya sangat sedikit.

Jadi agar banyak dapat, tentu saja spotnya adalah spot dimana ikan tembakang sangat banyak. Musim kemarau, saat debit air sedikit ikan tembakang akan bergerombol di tempat ynag agak dalam jadi peluang ikan masum jaring lebih besar. Bukan karena pancing jaring dan umpan yang hebat, tapi tak bisa lari ke tempat lain lagi.

Dalam posisi di atas sebenarnya tak perlu menggunakan pancing jaring. Hanya tinggal bercebur kemudian ditangkap saja, pasti dapat banyak. Saat ikan terdesak, ikan akan masuk ke dalam lumpur di dasar. Sangat mudah ditangkap dari pada menggunakan pancing jaring.

Oleh karena itu, jika hanya untuk sensasi mampu mendapatkan ikan tembakang tanpa risau hasil banyak atau sedikit tak mengapa menggunakan pancing jaring.

Sementara jika berharap dapat ikan tembakang dalam jumlah banyak, sulit rasanya berhasil. Kalau ada yang mengatakan mancing jaring dapat ikan tembakang bisa dapat banyak, hoak itu, kecuali mancingnya di kolam ikan tembakang atau selokan yang sudah hampir kering. Ditangkap malah mampu lebih banyak lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Mancing masih jadi hobi andalan niih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS Surobledhek746
kaskus geek


Tetap, pasti saja tentunyaemoticon-Cendol Gan
profile picture
evywahyuni 
Education Enthusiast
@Surobledhek746 sebagai pengisi waktu luang yang menghasilkan, mantul, Yah😊👍
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di