CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Wow, Ternyata Zoom & Tiktok Paling Boros Kuota Internet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6102602194f4ae44a644d8de/wow-ternyata-zoom-amp-tiktok-paling-boros-kuota-internet

Wow, Ternyata Zoom & Tiktok Paling Boros Kuota Internet



Zoom dan TikTok tercatat sebagai jajaran aplikasi yang paling banyak menyedot kuota data. Setiap satu jam pemakaian kedua platform tersebut, kuota data yang terserap masing-masing menembus 810 MB dan 840 MB. Terkait dengan itu, PT Hutchison 3 Indonesia melakukan pengujian terhadap sejumlah aplikasi konferensi video dan video streaming.

Pengujian dilakukan untuk mengedukasi siswa dan orang tua siswa perihal besaran kuota data yang mereka gunakan saat mengakses internet sehari-hari. Hasilnya, tercatat bahwa aktivitas Zoom Group Call menghabiskan kuota data sebesar 810 MB per jam, akses TikTok menghabiskan 840 MB per jam, akses Instagram  720 MB per jam, dan streaming Netflix sebesar 644 MB per jam.
 
Kemudian, menonton Youtube menghabiskan kuota data sebesar 429 MB per jam, bermain gim daring sebesar 43 MB per jam, dan akses situs jejaring menghabiskan 60 MB per jam. 
Untuk mendukung segala aktivitas tersebut, Tri menghadirkan kartu perdana baru Happy Unlimited yang dijual mulai dari harga Rp60.000 dengan kuota data sebesar 52 GB. 

Baca : Simak Tips Ini Agar Penampilan Menarik di Layar Zoom

Kuota utama sebanyak 22 GB dan kuota video streaming sebesar 30 GB, yang bisa digunakan untuk akses ke aplikasi YouTube, VIU, dan Netflix. Selain itu, ada juga tambahan total ekstra kuota hingga 260 GB yang bisa didapatkan, setiap pelanggan melakukan isi ulang pulsa.  Pelanggan cukup melakukan isi ulang pulsa mulai dari Rp5.000 dan bisa mendapatkan total kuota hingga 10 GB setiap minggunya. 

Mengenai paket baru tersebut, Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto mengatakan 3 Indonesia memahami kekhawatiran orang tua dan siswa dalam pembelajaran daring, khususnya dalam memastikan paket data mencukupi untuk mendukung kegiatan belajar saat di rumah. 

Melalui kartu Perdana Happy Unlimited 52 GB, pelanggan tidak hanya diberikan keleluasaan dalam memanfaatkan jaringan 3 Indonesia,  juga berkesempatan untuk memperoleh tambahan total ekstra kuota hingga 260 GB. 

“Dengan begitu, orang tua dan siswa makin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan kegiatan digital,” kata Dolly.




profile-picture
profile-picture
ferist123 dan over.power memberi reputasi
Diubah oleh harbisindo
zoom masih pake coding lama, masih pake h264.
efeknya memang boros kuota, tapi videonya lebih ringan untuk dihandle device dg spec pas2an

klo meet, youtube sudah pakai codec vp9, malah mau pindah ke av1
lebih hemat kuota, tapi rata2 device belum ada hardware decoding nya. jadi video diproses pakai cpu. ini yg bikin boros batere
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilke89 dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
Benyamin90
aktivis kaskus
Masa begitu boros sih? biasa di 10kbps, harusnya kecil banget terima dan kirim nya.

H264 ya, codec sejak 1996... semoga codec nya tetep karena komputer lo ga tambah cepet, core doang nambah, tapi program masih singlecore yang dipakek, macam mana pula, dah gitu teknologi baterai di laptop ya gitu gitu aja. laptop 2005 masih bisa dipakai sampe sekarang, 5 tahun lagi ya masih bisa.

Core 2 Duo T8400 aja dari Thinkpad masih laju/cepet buat kerja (kalau coding dan scripting sama remote server).

*Disclaimer, ini cuman untuk kerja, kalau main game tiap tahun harus upgrade.
profile picture
makasi gan info
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di