CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Air Keran Terbukti Positif Covid-19? Cek Dulu Faktanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61022d6d554f086a873ffa43/air-keran-terbukti-positif-covid-19-cek-dulu-faktanya

Air Keran Terbukti Positif Covid-19? Cek Dulu Faktanya!




Beredar informasi air keran yang di tes menggunakan Rapid Test Antigen dan hasilnya positif. Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook Info Seputar Blora. Video itu diunggah pada 22 Juni 2021. Hingga kini video itu telah disukai 3 kali dan diputar ulang sebanyak 800 kali.


Sumber Foto: Kompas.com

Dari video tersebut muncul hasil reaktif atau positif. Narasi di video menyindir apakah air keran yang di tes positif akan dikarantina. Selain itu narasi juga mengarahkan penonton untuk percaya bahwa tes Covid-19 adalah penipuan.

Akun Facebook Info Seputar Blora menuliskan bahwa air keran yang dites hasilnya positif. Itu adalah bukti bahwa rapid test antigen tidak valid.

Kali ini video yang sama kembali beredar dan diunggah di akun Facebook Sportss Giffts. Video tersebut menunjukkan seorang satpam yang melakukan tes antigen dengan menggunakan air keran dan alat tersebut menampilkan positif Covid-19. Postingan ini disukai sebanyak 10 kali, dikomentari 1 kali, dan disebarkan kembali 32 kali.


Sumber Foto: Turnbackhoax.id


Sumber Foto: Kumparan.com

Lantas, benarkah air keran positif Covid-19 dan dapat menyebarkan virus tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait air keran positif COvid-19 tersebut melalui situs Kompas.com dan AFP Fact Check.

Kabar ini sudah berulang kali muncul tetapi dengan video yang berbeda, Dicky Budiman selaku Epidemiolog Universitas Griffith menjelaskan bahwa informasi tentang air keran positif Covid-19 dengan menggunakan alat tes antigen adalah tidak benar.

Ia menjelaskan SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui air tetapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan bisa terdeteksi oleh alat. Penggunaan alat tes antigen pada video tersebut menguji sampel yang bukan semestinya sehingga PH dari alat tes antigen terganggu dan merusak antibodi pada film alat sehingga hasil yang dikeluarkan tidak valid.

Alat tes antigen sendiri hanya bisa digunakan dengan menggunakan sambil yang diambil dengan swab yang dimasukkan melalui hidung bukan dengan menggunakan sampel air ataupun cairan lainnya.



KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax menyatakan informasi mengenai air keran yang positif Covid-19 tersebut merupakan informasi tidak benar aliasHoax.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohri17 dan 18 lainnya memberi reputasi
Itulah makanya, ane paling ga suka sama hoax!

Menjijikkan dan menyesatkan! emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.priority dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
spectre2015
kaskus maniac
hai manis emoticon-Hai
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di