CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Sejarah Pengobatan Kanker Dari Masa Ke Masa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60feaa3d9533031caa40c2a1/sejarah-pengobatan-kanker-dari-masa-ke-masa

Sejarah Pengobatan Kanker Dari Masa Ke Masa

emoticon-UltahHalo Gansis emoticon-Ultah





Kalo kita denger kata kanker pasti kita langsung mikir penyakit mematikan, tapi darimana sih asal kata kanker? kenapa bisa mematikan? dan apa aja obat buat menyembuhkannya?

kita bahas dibawah gansis!




Definisi Singkat Kanker





Kanker adalah sebuah penyakit dimana sel membelah secara cepat dan tidak beraturan yang diakibatkan kerusakan dna pada sel tersebut, yang membuat sebuah sel kanker sangat berbahaya adalah mereka dapat bermetastasis ke organ lain dan merusak organ tersebut inilah yang membedakan sel kanker dari tumor jinak, tumor jinak tidak bisa bermetastasis atau menyebar ke organ lain. Bayangin aja gan ada sel kulit tumbuh di otak manusia emoticon-Takut (S)
 





Sejarah kanker






Banyak yang berpikiran bahwa kanker adalah penyakit zaman modern akibat buruknya pola hidup manusia dan polusi atau ada juga yang mengira bahwa kanker adalah sebuah penyakit kutukan.

Faktanya kanker pertama kali ditemukan pada zaman yunani kuno!, Hippocrates adalah orang yang pertama kali menemukan kasus kanker, dan diberi nama carcinos atau carcinoma yang artinya borok yang besar (tumor).

Hippocrates menduga penyebab utama kanker adalah ketidakseimbangan darah dan cairan empedu namun rakyat yunani kuno dulu mengira bahwa kanker draft adalah hukuman dari para dewa.




Perkembangan pengobatan kanker dari masa ke masa



 

Zaman Kuno

Pada zaman yunani kuno atau 1500 sebelum masehi, Hippocrates menghancurkan tumor pada payudara dengan cara menusukan obor api atau besi panas.





Lalu mulai mengangkat tumor dengan melakukan operasi pengangkatan pada tumor, bayangkan betapa sakitnya operasi waktu itu.


1846 - Obat Bius
Tahun 1846 pengunaan anestesi (obat bius)  pertama untuk pengangkatan tumor oleh William T.G Morton dari rahan pasien. Morton memperkenalkan eter sebagai obat bius agar operasi berjalan lancar tanpa rasa sakit




1870 - Fakta Mengerikan
Pada tahun 1870 ahli bedah inggris Campbell de Morgan menjelaskan hipotesisnya tentang metastasis kanker, dimana sel kanker dapat menyebar ke organ-organ lain. inilah penyebab mengapa kanker sulit sekali disembuhkan, fakta yang sangat mengerikan.


1896 - Radioterapi Pertama
Pada tahun 1896 penggunaan radioterapi pertama digunakan oleh Victor Despeignes untuk membunuh sel kanker pada perut pasien.


Berkat penemuan unsur radioaktif oleh Marie Curie, para dokter menjelaskan radiasi dari radium dapat merusak sel kanker.


1906 - Penggunaan Racun


Tahun 1906 Paul Ehrlich menemukan kemoterapi dari nitrogen mustard, yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, zat kimia tersebut sebenarnya pernah digunakan pada perang dunia sebagai racun untuk melawan musuh.


 Paul Ehrlich juga membeberkan bahwa perkembangan tumor berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh, oleh karenanya immunotherapy yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker menjadi senjata andalan di
zaman modern.



1943 - Pap Smear Pertama


Tahun 1943 dikenalkannta test PAP atau screening untuk kanker serviks, George Papanicolaou berhasil menciptakan screening yang dapat mendeteksi sel kanker dan pra kanker sehingga mampu menekan angka kematian akibat kanker serviks.

1950 - Pelarangan Rokok

Tahun 1950, Royal College of Physicians menerbitkan hubungan antara kanker dan rokok, terutama kanker paru-paru, setelah itu kampanye pelarangan tembakau menjadi prioritas utama agar mengurangi korban kanker paru-paru.


Dari sini lah mulai populer seruan dan gambar ancaman bagi perokok 

1960 - Pengobatan Hormonal Pertama

Tahun 1960, Charles Huggins melakukan penilitian yang menunjukan bahwa pengobatan hormonal pada penderita kanker prostat dan payudara dapat dilakukan dengan hasil yang memuaskan.

1970 - Penggunaan CT Scan

Tahun 1970, ditemukannya CT scan (computed tomography), pertama kali digunakan untuk memindai seorang pasien wanita pengidap tumor otak menggunakan sinar x untuk melokasikan tumor tanpa merusak jaringan.



1975 - Harapan Masa Depan


Tahun 1975, George Kohler dan Cesar Milsten berhasil mengembangkan antibodi monoklonal dari sel kanker, untuk yang ini kalian bisa baca thread TS yang ini kalo dibahas bakal panjang banget.






Antibodi Monoklonal, Senjata Modern Dalam Melawan Kanker 

2010 - Penggunaan Vaksin Untuk Melawan Kanker


Tahun 2010, penemuan vaksin untuk mencegah beberapa kanker yang disebabkan oleh virus, diantaranya Human Papiloma Virus/HPV (kanker serviks dan tenggorokan) dan virus hepatitis B (liver)





Kanker bukalah sebuah penyakit yang bisa dianggap enteng, di Amerika sendiri kanker merupakan pembunuh nomor dua setelah sakit jantung, dan diprediksi bahwasanya pada tahun 2050 kanker akan menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Berbeda dengan virus atau bakteri, sel kanker tiap pasien memiliki karakteristik yang berbeda itulah mengapa kanker sangat sulit diobati

sayangi dan cintai diri agan dan keluarga

Bye  emoticon-Traveller

sumber dan referensi:

Spoiler for spoiler:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
officialthoriq dan 32 lainnya memberi reputasi
Oh udh ada dr zaman dlu toh gan, ane kira cma ada di zaman skrg gra2 kbnyn burgeremoticon-Ngacir
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
profile picture
Weh gan sama, ane kira gara2 kbnyakan sosisemoticon-Takut (S)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di