CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Debt Collector Memang Sejahat Itu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fd3abb0081c96c0023d77e/apakah-debt-collector-memang-sejahat-itu

Apakah Debt Collector Memang Sejahat Itu?



Saya cukup sering melihat orang yang ketakutan saat debt collector datang untuk menagih hutang-hutang mereka yang telah jatuh tempo. Orang-orang yang biasanya bertampang sangar dan bertubuh besar itu memang tidak memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat dan rumor sekaligus kesan yang mereka tampilkan memang mendukung reputasi buruk tersebut.

Debt collector di sinetron atau film sering kali diperlihatkan sebagai sosok kejam yang tak segan menggunakan kekerasan demi mendapatkan uang dari orang yang menunggak dan itu saja cukup untuk membuat orang-orang tak mau berurusan dengan mereka tapi apakah debt collector memang seburuk itu?

Debt collector alias penagih hutang adalah orang yang akan datang mencari nasabahnya jika (dan hanya jika) hutang sudah jatuh tempo. Biasanya debt collector digunakan untuk menagih uang secara paksa karna nasabah tidak sanggup membayar atau memang tidak mau membayar.



Mari kita tekankan poin pentingnya disini, debt collector menagih hutang karna hutangnya tidak dibayar. Penggunaan debt collector dalam menagih hutang seratus persen bisa dimengerti karna di dunia ini banyak sekali orang yang saat hutangnya ditagih malah lebih galak dibanding yang menagih hutang. Wajar kan kalau pemberi hutang menyewa orang yang lebih galak agar uangnya kembali?

Namun anehnya ada saja orang yang melapor pada polisi karna dikejar-kejar debt collector. Emangnya salah siapa sampai Kamu dikejar debt collector? Kan Kamu yang minjam uang. Kecuali kalau Kamu kena tipu sampai harus menanggung hutang maka wajar jika lapor polisi.

Lalu apakah debt collector itu memang 'kejam' dalam menagih hutang?



Well, semua pekerjaan pasti ada bagian yang nggak enak nya. Kalau bagian kejamnya saya ngerasa kalau itu hanya tuntutan pekerjaan. Jika diminta baik-baik tidak dibayar juga maka mau nggak mau harus pakai kekerasan. Bukannya tidak bersimpati atau tidak merasa kasihan, hanya saja yang namanya hutang memang harus dibayar.

Debt collector bukanlah penjahat. Mereka hanya menagih apa yang memang menjadi bagian dari pekerjaan mereka namun keberadaannya sering kali dianggap meresahkan layaknya preman. Rasanya memang tidak adil namun begitulah hidup, jika tak ingin didatangi debt collector maka bayarlah hutang tepat waktu dan jika tidak mau jadi debt collector maka belajarlah dengan giat sejak muda.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
S4ngpecinta dan 30 lainnya memberi reputasi
Tmn w dlu pernah jd dc, cerita gimana pas nagih tagihan/penarikan unit dirumah para nasabah yg kadang malah mau digebukin sama yg ngutang emoticon-Leh Uga

Ada jg bokap tmn yg punya pengaruh/massa cukup besar mungkin terbesar diwilayah tsb, kredit mobil pas jatuh tempo cuma didatengin sekali sama debt collector abis itu ga pernah ada yg dateng lagi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kyurenjo dan murayh0 memberi reputasi
profile picture
gushastoko
kaskus addict
Pas jatuh tempo udah di datengin debt coll? Kayaknya gak mungkin, debt coll bergerilya minimal 1 bulan nunggak
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@gushastoko udah pernah didatengin bre tp sekali doank abis itu ga didatengin lagi, ga tau dh masuk cicilan keberapa, w jg ga percaya tp itu faktanya sih cuma ga tau jg skg cz tmn w dh lama jg ceritanya emoticon-Leh Uga
profile picture
zavoyan
kaskus maniac
Seharusnya jadi Sengketaemoticon-Cape deeehh

Orang barang kokemoticon-Cape deeehh
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
Seharusnya sih bisa dibawa ke ranah hukum cuma selama ini kayanya pihak leasing klo dh mentok nagih ya pake dc jd kemungkinan besar klo dc nya mentok jg yaaa dibiarin aja cz ga ada beritanya jg nasabah leasing dipolisikan emoticon-Leh Uga
profile picture
zavoyan
kaskus maniac
@bociljamannow masuk BI check bre.....

Gak bakal bisa transaksi kredit apapun....

Biasanya kaget belakanganemoticon-Big Grin
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@zavoyan klo setelah itu dia kredit lagi tp kredit kendaraan kayanya kaga dh tinggal nyari leasing yg mau ngasih aja soalnya tmn w beberapa x kredit macet sama leasing, fif adira wom dll udah dicobain semua emoticon-Leh Uga

Kecuali untuk properti atau minjam duit dibank/kartu kredit kayanya ga bisa
profile picture
@gushastoko 3bulan bray.
Klo nunggak 1bulan biasanya cuma ditlp dri perusahaan
profile picture
@bociljamannow iya memang sering dibiarkan,,tapi nama nasabah uda kotor banget tu diBI checking gan emoticon-Ngakak
profile picture
@zavoyan @bociljamannow iya betul itu.
Dipikir sipenunggak klo bsa dia gelapkan barang2 yg dikredit maka dia uda berasa jago banget.
Pdhal nama dia jadi rusak didunia keuangan emoticon-Ngakak
profile picture
@bociljamannow @zavoyan biasanya setiap perusahaan finamce ada level toleransi NPL nya.
Mungkin temen ente ngajukan kredit secara beruntun atau dlm jangka waktu yg gk trlalu jauh jadi bsa jebol semua
profile picture
gushastoko
kaskus addict
Soalnya ribet gan.. harus pakai surat dari pengadilan klo mau ngambil baranya lagi, klo gak salah fidusia deh. Makanya mereka lebih suka pakai debt collector yg galak galak itu untuk ambil barang, kayak mata elang dsbnya.

Sebenarnya itu melanggar aturan klo mau menyita barang itu harus pengadilan baru bisa ambil barang.
Nah skr ada bpkn@bociljamannow. Bpkn itu mengurus fidusia.

Nah nasabah klo dipolisikan juga cuma perdata aja bukan pidana, beda klo debt collector bisa kena pidana klo pengambilan barang, karena dianggap pasal pencurian.

Gak hapal pasalnya, coba cari aja fidusia. Di google banyak

profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@zavoyan @tokoalshop org kaya gtu mana mikir namanya rusak didunia perbankan bre emoticon-Leh Uga
profile picture
gushastoko
kaskus addict
Bukannya nanti klo udah lunas bakalan baik lagi namanya di BI? @bociljamannow @tokoalshop
profile picture
gushastoko
kaskus addict
@tokoalshop maksudnya apa gan? Bisa di jelasin terperinci?
profile picture
gushastoko
kaskus addict
Kredit macet maksudnya barangnya ditarik lagi sama dealer ya? Trus gak bayar lagi?
@zavoyan @bociljamannow
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@gushastoko nah itu bre jd titik lemah pihak leasing dan dimanfaatkan oleh nasabah geblek emoticon-Leh Uga

Nunggu waktu bre klo mau jd bersih lagi pasca pelunasan atau bisa langsung jg tp harus ke BI nya
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@zavoyan @gushastoko w ga ngerti bre yg dimaksud kredit macet apakah bila barangnya sudah ditarik lagi termasuk atau kaga
profile picture
zavoyan
kaskus maniac
@bociljamannow kresit macet ya gak bayaremoticon-Ngakak

Kalo ditarik leas mah akibat kredit macet ituemoticon-Ngakak

Ya kagak ada urusan lagiemoticon-Ngakak
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
@zavoyan nah mungkin iya emoticon-Leh Uga
profile picture
@bociljamannow @zavoyan iya dia gak mikir,,klo mikir mah pasti dia gak akan begitu emoticon-Leh Uga

Pernah gw punya teman yg namanya diBI checking uda rusak banget.
Dia selalu bilang gak mikir soal itu.
Nah,dia baru berpikir waktu dia dpat proyek pengadaan sirtu disebuah perusahaan perkebunan,dan kontrak proyeknya 5tahun dengan persyaratan dia harus punya armada truck yg cukup utk memenuhi kebutuhan perusahaan.
waktu itu dia butuh min.10unit truck baru utk mendukung dia utk bsa dapat jatah proyek itu.
Alhasil disitu dia baru berpikir,,dia melakukan pengajuan kredit kebanyak finance tapi semuanya menolak.
dan dikarenakan armada truck dia gk mencukupi jadi proyek tersebut melayang dri tangannya.
Disitu dia baru betul2 berpikir smpe stres emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 21 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di