CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Ponsel Lokal Melawan, Advan GX Hadir Apakah Akan Laku?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fa996e7db6e346631a1a42/ponsel-lokal-melawan-advan-gx-hadir-apakah-akan-laku

Ponsel Lokal Melawan, Advan GX Hadir Apakah Akan Laku?





Sudah lama ponsel lokal terdiam dari serbuan pasukan ponsel Tiongkok, baik itu Xiaomi, Vivo, Oppo, bahkan banyak brand baru yang mereka buat namun punggawanya tetap saja grup yang sama dengan sang kakak.

Mereka telah merajai pasar di Indonesia seakan bertarung secara gerilya, diam-diam sukses menundukkan sang pemuncak singgasana asal Korea dialah Samsung, yang tak punya brand macam-macam dari yang termurah hingga termahal tetap memakai nama Samsung.



Sedangkan pasukan Tiongkok mereka berada dalam satu grup yang sama namun berbeda nama, seperti BBK grup dan Xiaomi grup menaungi banyak brand untuk bertarung di dunia ponsel. Lantas dengan semakin gilanya Cina menggempur Indonesia, kemana dengan produksi lokal?

Polytron, Evercross, Mito, Luna, Zyrex, Digicoop, dan advan seakan hilang ditelan bumi gaungnya. Mereka memang agak susah bertarung melawan pasukan Tiongkok karena mindset konsumen ingin kualitas mewah harga murah, sedangkan untuk mencapai kualitas sempurna itu butuh R&D yang mahal, mau balik modal darimana bila dari harga saja tak bisa ditekan.



Terlebih pasukan Tiongkok benar-benar menggempur dari semua lini. Karena walau namanya Advan produk lokal tapi bahan yang paling murah itu tetap saja berasal dari luar, bingungkan? Gini loh komponen utama seperti layar LCD, ROM, IC, camera dan komponen 4G, baterre semuanya didatangkan dari luar, Indonesia hanya membuat desain pcb, case, box dan kabel charger. Karena untuk menjadi kesatuan yang utuh di dunia elektronik jarang yang buatan full lokal atau dalam negeri, begitu juga negara-negara lain seperti Korea, Jepang, atau Tiongkok sekalipun chip set nya saja banyak yang ambil dari Amerika untuk Snapdragon dan Taiwan untuk Mediatek. Samsung punya sendiri dengan Exynos tapi terkadang masih menggunakan snapdragon. Bahkan sekelas Apple saja pabriknya berada di Tiongkok dan komponen mereka banyak buatan dari Samsung.

Jadi mengertikan maksudnya, tetap Advan kita harus bilang buatan lokal yang bisa dibilang masih punya daya gempur untuk melawan ponsel Tiongkok di Indonesia.

Semakin banyaknya brand-brand baru Cina dengan harga murah seperti Infinix dengan batere badak dan kualitas lumayan, tak menyurutkan langkah Advan menerjang dominasi mereka.



Advan GX meluncur dengan spesifikasi yang cukup unik, dengan chipset Unisoc Tiger T618 (12 nm), serta GPU: Mali G52 MP2, dan RAM: yang besar disematkan 6 GB serta Memori Internalnya 64 GB, membuat Advan dilirik di kelas entry level.

Kenapa? Bayangkan desain yang menarik seperti ponsel masa kini, serta ditanamkan juga Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 0,3 MP lalu Kamera Depan 25 MP ditambah dengan Baterai yang cukup besar 5200 mAh siapa yang kuat melihat godaan Advan yang mulai nakal.

Terutama dari segi harga yang ditawarkan, awalnya baru keluar diangka 1,7 juta tapi saat ini reseler menjual diangka 1.9 juta bersaing ketat dengan Infinix namun siapa sangka Advan berani memberikan layar yang cukup lebar, dengan IPS LCD 6,82 inci, HD+ cukup worth it untuk ponsel harga 2 jutaan.



Mungkin masih banyak yang bingung dengan chipset yang disematkan, UNISOC Tiger T618 itu seperti apa kekuatannya bisa dibilang kemampuan chipset itu diatas MediaTek Helio G70 maupun Snapdragon 660, masih mumpuni untuk daily user kalau untuk gamers kurang dana lebih baik pilih Infinix atau Advan, maka ponsel lokal ini masih sanggup melawan Infinix apalagi UI nya stock room Android bersih tanpa iklan.

Namun kalau punya duit lebih Rp 500rb Redmi Note 10 bisa kamu pinang, tapi kalau pas di 2 juta Advan bisa menjadi pilihan terbaik. Bagaimana dengan Oppo dan Vivo? TS menyarankan beli produk mereka yang di seri tinggi, entah itu Oppo Reno 6 atau Vivo V21 atau diatasnya karena bisa dibilang kedua brand dari ponsel itu masih terbaik kameranya di kelas mid range.



Untuk test game berat, bisa dilihat video dibawah



Tapi untuk entry level sepertinya Advan bisa membuka peluang menjadi raja di kelasnya. Bayangkan main game yg lumayan stabil, main game di 40 fps sudah cukup oke untuk ponsel kelas entry level. Apalagi gyronya sudah hardware loh, bikin pusing ponsel Tiongkok kan.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star






profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Org2 skrg pada sadar chipshet/prosesor dan cari reviewan service center
profile-picture
profile-picture
ku.datanglagi dan c4punk1950... memberi reputasi
profile picture
syark04
kaskus maniac
sadar pas liat review. dateng ke conter kena sleding joget bawa pulang oddo pipo emoticon-Leh Uga
profile picture
3770372 
Retired Do it Yourself Enthusiast
@syark04 hrs teguhkan hati
profile picture
duckman11
aktivis kaskus
@syark04 kena genjutsu emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di