hyde13Avatar border
TS
hyde13
Konsep "FLOW" Dalam Dunia Video Games
Pernahkah kita bertanya mengapa seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar televisi untuk bermain sebuah games? lalu mengapa kita bisa sangat antusias dalam bermain sehingga melupakan kebutuhan primer seperti makan dan tidur? Ayo kita bahas..


1. Definisi Flow.
Flow adalah suatu keadaan sadar dimana individu menjadi benar-benar tenggelam dalam suatu kegiatan, dan menikmatinya dengan intens, Sedang menurut Csikzentmihalyi (1990), Flow adalah perasaan yang timbul pada diri seorang manusia saat ia bertindak secara total dalam kegiatan yang ia lakukan. Saat seorang individu yang mengalami Flow maka dia akan mudah merasakan kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan terkait kegiatan yang dilakukannya.



2. Mengapa seseorang bisa sangat antusias dalam bermain sebuah games?

Dalam salah satu artikel menarik yang ditulis oleh Jenova Chen (Flow in games (and everything else)). Menurut Chen, sebuah game yang dirancang dengan baik akan menggiring pemainnya untuk masuk ke Zona Personal Flow yang dapat menumbuhkan perasaan senang dan bahagia. Untuk membuat sebuah game menjadi menarik, Chen menuturkan bahwa salah satu syarat awal yang dibutuhkan game developer adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh user (dalam hal ini user adalah orang yang akan memainkan game). Hal ini selaras dengan pernyataan seorang filsuf besar Yunani Aristoteles 2300 tahun silam bahwa di atas segalanya manusia memiliki kecenderungan untuk mencari kesenangan dan kebahagian pribadi (“the pursuit of happiness“). Konsep “bahagia” inilah yang kemudian menjadi salah satu fokus utama para game developer.  Meski demikian, menentukan parameter kebahagiaan seseorang  bukanlah hal yang mudah. Terlebih karena parameter kebahagiaan setiap individu tidaklah sama.





Di pertengahan tahun 1970, Flow pertama kali diperkenalkan oleh  seorang professor psikologi dari universitas Claremount Graduate university, Csikmiszentmihalyi, dalam usahanya membahas mengenai kebahagiaan. Flow direpresentasikan sebagai fokus yang dipusatkan pada sebuah kegiatan dengan tingkat perasaan bahagia dan perasaan utuh yang tinggi. Pada saat seseorang berada dalam zona Flow, Ia dapat melupakan konsep mengenai waktu dan rasa cemas. Inilah mengapa game yang dibangun berdasarkan konsep Flow membuat pemainnya tenggelam ke dalam permainan dan kerap melupakan waktu. Menurut Csikmiszentmihaly, terdapat delapan komponen utama dari Flow:


Aktifitas menantang yang membutuhkan kemampuan (skill).

- Gabungan antara aksi dan tingkat kewaspadaan.
-Tujuan yang jelas.
- Terdapat feedback langsung.
- Konsentrasi pada aktivitas yang saat itu sedang dikerjakan.
- Tumbuh sebuah rasa untuk mengatur (control).
- Kesadaran mengenai diri sendiri.
- Perubahan perasaan mengenai waktu.

Meski demikian tidak semua komponen di atas diperlukan untuk memberi user  pengalaman untuk berada di zona Flow.



3. Apakah konsep Flow hanya ditemukan dalam konteks Video Games?

Chen menuturkan bahwa Flow dapat tumbuh dalam aktivitas apa saja dan tidak terbatas pada konteks video games. Hal ini termasuk saat kita  melakukan aktivitas-aktivitas yang kita senangi seperti melakukan suatu hobby, bermain bersama anak, berolahraga, bermain musik, dan sebagainya. Hal ini mengingatkan saya akan pernyataan Mario Teguh dalam salah satu tayangan televisi dimana beliau membahas mengenai passion. Menurut Mario Teguh passion dapat ditemukan di dalam suatu kegiatan dimana jika anda bangun dipagi hari anda akan terpacu untuk langsung  melakukannya  tanpa beban, dengan perasaan senang, hingga terkadang melupakan makan, minum, bahkan tidur. Jika Anda melakukan aktivitas tersebut, kemungkinan besar itu adalah passion Anda. Ini sangat mirip dengan konsep Flow yang ditulis oleh Jenova Chen.


Pengalaman pribadi saya, saya sangat suka bermain Bola Basket sejak SMP hingga SMA, hampir setiap hari saya habiskan untuk bermain bersama teman-teman saya, pertandingan kecil-kecilan sering terjadi setiap harinyaadanya lawan baru yang tiba-tiba datang kelapangan basket tempat saya biasa bermain memberikan perasaan antusias, penasaran dan tantangan untuk menjadi lebih baik. Selama 6 tahun karir saya dalam Bola basket ada beberapa kejadian, yang tidak bisa saya pahami pada waktu itu, yakni saya masuk ke keadaan yang dinamakan Zone Flow ini, saat masuk ke Zone, perasaan yang saya rasakan tentunya bahagia, semangat, antusias bercampur rasa lelah, serta adanya keyakinan untuk memenangkan suatu pertandingan.


Saat masuk ke Zone ini, saya merasa waktu pada saat itu terasa lebih lambat, gerakan pemain lain terasa lambat,  sehingga saya bisa menggerakkan bola lebih leluasa saat melakukan Lay Up Shoot. Setiap gerakan yang saya lakukan terasa seperti sangat tepat, diribell, shoot, cross over dll terasa begitu mudah, semua indra saya seperti naik ke level yang lebih tinggi. Namun untuk masuk ke keadaan Zone Flow ini tidak bisa se-enak kita, dan terjadi secara random saat komponen-komponen yang dibutuhkan terpenuhi hal ini baru bisa terjadi. Seingat saya 2-3x dalam 6 tahun saya bermain Basketball. Adanya istilah "Zone" sendiri pertama saya tonton di anime Kuroko no Basket (walau terlihat sangat lebaii), dan konsep Zone Flow saya tahu dari serial Netflix - High Scoreep. 1 "Boom & Bust".

4. Mengenai Flow dan filosofi hidup.
Bagi saya pribadi kajian Flow ini sangat menarik dan sedikit banyak membuat saya berfikir mengenai filosofi kehidupan. Konsep Flow bagi saya bersinergi dengan konsep dimana tantangan di dalam hidup telah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.




Bisa kita bayangkan bagaimana konsep kehidupan jika semua serba mudah tanpa tantangan?  Akankah kita tetap berusaha dan bekerja keras?




Sebaliknya apa yang akan terjadi jika tantangan hidup terlampau sulit melebihi kemampuan kita?


Disclaimer, Sebagian besar artikel ini saya cuma copas dari sumber di bawah.




Sumber : 

https://www.ceritagames.com/2020/09/...deo-games.html




ap6328030458
epopolocrois
anton2019827
anton2019827 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
kurniawan.roniAvatar border
kurniawan.roni
#12
Nge-Flow kalo sudah rakit beginian
Spoiler for FLOW:
yoseful
atmajazone
atmajazone dan yoseful memberi reputasi
2
Tutup