CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d0033e79cd435cbf333c0c/ngiler-saat-tidur-karena-kecapekan-benarkah

Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?

Agan Sista, pernah nggak sih pas bangun tidur berasa ada yang basah basah dan agak lengket gitu di pipi? Terus cek bantal, ada peta dunia antah berantah juga. Hayo, ngaku! Ngiler/ileran, Agan Sista pasti pernah ngalamin hal ini, 'kan?


Halo Agan Sista, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Lanjut yang tadi, yuk. Ngiler, dalam bahasa kedokteran disebut sialorrhea. Lalu, kenapa sih kita bisa ileran? Kecapekan? Atau keenakan tidur? Masa? Kali ini, kita sharing yuk, kenapa pas tidur kita bisa ngiler.



Pada saat kita tidur, semua fungsi tubuh kita diistirahatkan. Nah, saat istirahat ini, seluruh otot tubuh akan melemah sepanjang malam. Namun, ada 3 organ yang tetap bekerja, yaitu jantung, paru-paru, dan otak. Ya iyalah mereka tetep bekerja, kalo nggak? Kebayang nggak kalau paru-paru ikutan istirahat, bisa ga nafas kita. Atau jantung berhenti berdetak, whattt?

Demikian juga dengan otak. Pada saat kita tidur, otak pun tetap bekerja. Dia tetap memerintahkan mulut untuk memproduksi air liur. Air liur atau saliva, merupakan cairan yang diperlukan untuk lubrikasi mulut, sehingga mulut tidak kering dan bebas dari gangguan mulut lain.



Pada saat ini pula, refleks kita menelan itu lemah, sehingga kita tidak bisa menelan air liur. Akibatnya, air liur tertampung di dalam mulut. Di saat yang sama, otot mulut juga melemah, jadi kemampuan untuk menahan air liur pun terbatas. Ya, ibarat tanggul, kalau nggak dapat menahan, jebol juga kan akhirnya.



Nah, saat kita tidur miring atau telungkup, didukung dengan mulut terbuka pas lagi tidur inilah, air liur bisa terjun bebas keluar dari mulut. Akibatnya, ileran! Kenapa mulut kita bisa terbuka saat sedang tidur? Ya itu tadi, karena kerja otot tidak maksimal, dan kondisi tubuh sangat rileks. Selain itu, kita butuh lebih banyak oksigen.

Lalu, normalkah ngiler ini? Ya, ngiler sangat lumrah terjadi dan itu normal bila tak didasari gejala penyakit tertentu, sebab, ada kondisi di mana ileran ini merupakan indikasi penyakit tertentu. Kelelahan, bisa jadi menjadi salah satu faktor penyebab ileran, tetapi itu bukan sebab utama ya? Maka, bila dirasa ileran ini sudah melampaui batas, Agan Sista bisa cek ke dokter ya.

Sekian thread ini, semoga bermanfaat.

Symber gambar dan referensi:

1. Di Sini

2. Di sini

Jogja, 21 Juni 2021

Dari ane, yang pagi tadi juga ileran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 23 lainnya memberi reputasi
Tidur tengkurap = 98% ngiler
Tidur telentang = mokad

Habisnya tang di telen. Yang bisa hidup pasti punya kekuatan ajaib
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
profile picture
yusufym
kaskus addict
Hmmmmm jokes bapack bapack sekali gan -___-
profile picture
TS mayyarossa 
KASKUS Plus
Wadaww
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di