CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Miris! Takut Dikira Corona, Seorang Bayi Malah Dikerok Sampai Merah Darah. Waras Gan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1ad7e29217c0a512add35/miris-takut-dikira-corona-seorang-bayi-malah-dikerok-sampai-merah-darah-waras-gan

Miris! Takut Dikira Corona, Seorang Bayi Malah Dikerok Sampai Merah Darah. Waras Gan?



Lantaran takut dianggap terpapar Corona jika diperiksakan ke Rumah Sakit, seorang ibu memilih membawa bayi nya ke Paraji. Dan yang terjadi berikutnya adalah sang bayi di keroki di bagian punggung layaknya orang dewasa. Bagaimana tanggapanmu gan?


Baru-baru ini, tersebar video viral curhatan seorang ibu yang merasa kasihan karena anaknya harus merasa kesakitan akibat di kerok. Jujur saja ketika pertama kali melihat video ini, ane sempat penasaran penyakit apakah yang diderita si adik bayi sehingga mewajibkan ia harus dikerok layaknya orang dewasa? Dan ketika ane menonton video itu sampai akhir, ternyata tidak ada penjelasan detail mengenai penyakit yang di derita oleh si adik bayi, si ibu hanya mencurahkan rasa sedihnya karena melihat tangisan sang bayi ketika sedang dikerok. Dan diakhir video tertulis bahwa si ibu takut membawa anaknya periksa ke Rumah Sakit karena takut dikira Corona, sehingga ia memilih untuk membawa bayinya ke Paraji. Namun yang dilakukan Paraji justru mengerok punggung bayi. What the hell !

Bagi kalian yang tidak paham apa itu Paraji, ane sedikit menjelaskan ya, jadi Paraji itu semacam orang yang memberikan pengobatan di desa, tapi bukan melalui medis dan obat-obatan melainkan melalui pijat, refeleksi, doa dan sebagainya. Pokoknya ya sesuai ritual di desa, bukan dukun tapi lebih ke orang pintar yang melakukan pengobatan di desa.


Jujur setelah melihat video ini ane sangat meyayangkan tindakan yang telah dilakukan kepada sang bayi. Iya memang mungkin ibu nya melakukan hal tersebut agar anaknya lekas sembuh, namun apa boleh seorang bayi yang kulitnya masih lunak, lembut serta sensitif dikerok layaknya orang dewasa? yakin tindakan tersebut menyembuhkan dan mengobati sang bayi? atau justru akan menimbulkan penyakit baru seperti iritasi kulit dan yang lainnya?

Sekarang mari kita lihat secara medis, apakah kerokan itu boleh dilakukan oleh bayi?
dikutip dari laman Popmama.com di laman tersebut dijelaskan bahwa ketika seorang balita masuk angin, tidak baik jika dilakukan kerokan apalagi menggunakan koin (atau logam-logam) lainnya karena bisa mengakibatkan kulit panas dan iritasi. Alih-alih di kerok menggunakan logam, lebih baik bayi dibaluri dengan potongan bawang merah namun dengan jumlah yang sedikit, karena terlalu banyak olesan bawang pun bisa membuat kulit bayi panas.



Informasi lain juga ane dapatkan dari laman dokter.sehat.combahwa kerokan yang dilakukan oleh orang dewasa saja itu bisa mengakibatkan efek negatif diantaranya :

1. Memar dan bengkak.
2. Beresiko pendarahan
3. Beresiko infeksi
4. Beresiko pembengkakan otot
5. Beresiko iritasi kulit
Ketika dilakukan oleh orang dewasa saja bisa berakibat fatal seperti yang ane sebutkan diatas apalagi jika dilakukan pada bayi? Jadi jika ane menjadi ibu dari bayi tersebut, tentu ane akan memilih memeriksakannya ke Rumah Sakit, karena ane mau penanganan yang terbaik untuk anak ane. Dan sebaiknya untuk ibu-ibu diluar sana juga ane sarankan untuk memberikan pengobatan terbaik untuk bayi kita. Karena kesehatan itu mahal dan penting, jangan sampai anak yang kita sayangi salah penanganan dan menjadikan penyakitnya semakin parah. Alih-alih ingin penyakitnya lekas sembuh malah semakin menjadi. Tentu tidak mau kan?

Dan video ini menjadi pelajaran untuk kita semua, agar bisa leih berhati-hati dalam memilih pengobatan untuk anak-anak kita. Dan semoga saja keluarga kita terbebas dari penyakit ya, salam sehat untuk semuanya.

sumber : opini pribadi dan link

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
bayi dikerokin? menurut ente gimana gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
untung kulitnya enggak lecett.
Ada ada aja kelakuan emaknya
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@damen.garing lah iyaa, untung enggak bedarah juga
profile picture
serapionIeo
kaskus addict
Ortunya goblok...
emoticon-Cape d...
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@serapionIeo hahahha iya, gak tau apa kulit bayi masih tipis dan sensiitip
profile picture
serapionIeo
kaskus addict
@sinsin2806 dikerokin itu sakit bre, orang dewasa aja ada yang gak tahan sakitnya dikerokin... Apalagi ini bayi, kulitnya dan syarafnya masih lembut belum berkembang sempurna... Kalau dikerok bisa bahaya, takutnya selain sakit fisik juga kena psikologisnya... apalagi dia ga bisa protes, melawan atau menyampaikan apa yang dia rasakan saat dan sesudah dikerokin... Asli ortunya goblokemoticon-Cape d...
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@serapionIeo cuma satu kata itu doang emang yang pantes buat ibuk nya.
tapi begonya lagi, dia gak sadar kalau sendirinya bego malah dikontenin berharap dapet simpati.
Hadeh
profile picture
serapionIeo
kaskus addict
@sinsin2806 saking gobloknya ga sadar kalau dia pamer kegoblokan di sosmed... Anaknya jadi korban buat konten... emoticon-Cape d...

Kasian si anak punya ortu goblok, kalau kebablasan bisa jadi kayak anak yang dirukyah ortunya ditemanggung sampai mati...

Ini kayak sepele tapi sebenernya serius banget, edukasi buat para ortu tentang kesehatan anak dan penanganan medis yang tepat seharusnya jadi perhatian pemerintah...

emoticon-Turut Berdukaemoticon-Sorry
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@serapionIeo kalo yang ditemanggung mah udah gak ada obatnya, ortu kok bisa begitu, antara bego yang keterlaluan, apa emang ortunya pingin ngebunuh anaknya
profile picture
serapionIeo
kaskus addict
@sinsin2806 mungkin karena edukasinya rendah gan, sebenernya hampir sama kayak kasus anak dikerokin ini, akibatnya juga bisa sama2 fatal tapi untungnya yang anak dikerokin ini gak kenapa2... Dari dua kasus ini bisa jadi termasuk fenomena gunung es gan, yang viral cuma sebagian kecil saja, mungkin di daerah2 banyak lagi yang seperti itu dan lebih parah tapi tidak terekspos... Anak2 jadi korban penyiksaan dari orang tua goblok yang ga sadar udah menyakiti anaknya sendiri...
emoticon-Sorryemoticon-Cape d...
profile picture
b.omat
kaskus maniac
Hubungannya Corona dan dikerokin apaan ? Kagak ada otak banget, Bayi kok dikerokin emoticon-Cape deeehh
profile picture
pake bawang kali biasanya kalo bayi
profile picture
zinski
kaskus addict
kulit bayi tipis bgt jir
iritasi yg ada
masih masuk akal dibalurin bawang sih walau gw ga setuju jg
udah gila kali ya emoticon-Mad (S)
profile picture
b.omat
kaskus maniac
@zinski
Biasanya pakai minyak kelapa plus bawang merah atau pakai minyak telon terus dipijat secara lembut. Bukan dikerokin kayak gitu
profile picture
cois737
kaskus addict
tentu tolol emoticon-Malu
profile picture
zinski
kaskus addict
@b.omat iya pijet ny jg pelan kok
liat bayi dipijit di tukang pijat atau di RS bagian fisioterapi aja mijet ny sama2 harus pelan kok

parah ini ortu nya
profile picture
goblok bgt manusia..anak orok di kerok..pengen bgt gw tendang tuh org pk tendangan maut biar ngerasain kerokan malaikat mautemoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Cape deeehh
profile picture
Ngerokin bayi sama orang dewasa beda,,
Orang dewasa pan pake uang koin,kalo bayi mah pake bawang merah..
profile picture
Tolong di cek di ktp agamanya apa?😁
profile picture
satmofri
kaskus maniac


Tntunya g bleh lah.ckup diksih parutan bawang merah dcmpur mnyak telon.
profile picture
@sinsin2806 kalau dikerok pakai bawang ok2 aj sih, tapi cuma sekadar dioles lembut, bener kt ts, bawang pun masih panas buat kulit bayi,


tapi lumayan juga ya jadi viralemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Ngacir
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 21 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di