CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dianggap Promosi Yang Merusak, Film Animasi Nussa Menjadi Trending Topik Di Twitter!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d0fe3789d326251a13457f/dianggap-promosi-yang-merusak-film-animasi-nussa-menjadi-trending-topik-di-twitter

Dianggap Promosi Yang Merusak, Film Animasi Nussa Menjadi Trending Topik Di Twitter!


sumber
Film animasi Nussa sebelumnya sudah pernah tayang di layar kaca nasional yang mana tokoh utamanya adalah seorang anak laki-laki yang baernama Nussa. Dengan latar belakang keluarga muslim, Nussa dan adiknya Rara menceritakan kesehariannya sebagai anak-anak dengan mengajarkan untuk bersikap baik dan menerapkan ajaran yang dia yakini dalam kehidupannya sehari-hari tanpa 'menyenggol' agama atau keyakinan lain.

Quote:

Dalam waktu dekat Nussa akan diangkat ke layar lebar dan kemudian menjadi trending tipok di twitter lantaran cuitan Eko Kuntadhi yang menyoal masalah pakaian Nussa yang 'menurutnya' merupakan propaganda Taliban, bahkan dirinya dengan jelas mengatakan bahwa pakaian dari Nussa ini sama sekali tidak mencerminkan pakaian anak Indonesia, dan mengkategorikan jika film Nussa ini adalah promosi yang merusak.

Karena pakaian yang dikenakan oleh Nussa tidak mencerminkan pakaian anak Indonesia pada umumnya tapi lebih identik dengan para bomber. Entah bomber mana yang dimaksud, tapi jika dikaitkan dengan pandangannya soal propaganda tadi, ane menyimpulkan jika bomber yang dimaksud adalah para pelaku bom bunuh diri yang oleh masyarakat kita disebut dengan teroris.

Dalam lanjutan cuitannya Eko Kuntadh juga mempertanyakan dimana ada anak indonesia yang berpakaian seperti Nussa? Aduuuh Bang, yang pake baju kayak gitu mah jaman sekarang udah berserakan dan bukan lagi hal 'aneh' keleeeeesss!
Apa abang ini kelamaan di rumah kali ya? sampe-sampe hal-hal disekitarnya sampe missed dari pengamatan dia?
Quote:


Jujur ane sebagai masyarakat awam merasa ngeri dengan 'tuduhannya' yang seolah membenturkan agama dengan mengasumsikan sebuah karya anak bangsa hanya dari tampilan atau kemasan luarnya saja. Dan ane juga merasa ngga habis pikir dengan pemikiran seorang penggiat media sosial dengan solah 'ngaco' dalam memberikan pendapat.

Jika ditanya apa yang ane lihat ketika melihat pakaian Nussa, dengan tanpa ragu ane jawab Nussa mencerminkan seorang anak muslim yang mencoba menerapkan apa yang diajarkan oleh agamanya, dengan membiasakan menggunakan pakaian sunah. Jika dikatakan itu bukan pakaian anak Indonesia, lha latar belakang Nussa adalah seorang anak dari kelurga muslim, jadi sah-sah aja sih menurut ane. Karena Nussa bukan Si Komo. Walaupun film nasional, tapi background ceritanya jelas.

Dengan pemahaman yang menurut ane 'minim' komen dari Mas Eko ini jelas bisa menggiring opini masyarakat ke arah yang salah dan menurut ane sangat mengkhawatirkan, dan menanggapi cuitan dari Mas Eko tadi bahkan Ernest Prakasa menyindirnya dengan 'kode minta jatah'.

“Belum kebagian jatah komisaris ya Mas? Semoga segera, amin!” 

Quote:


Tak hanya sampai di situ, sang sutradara Angga Sasongko pun meradang membaca cuitannya di twitter dan membalasnya dengan sindiran yang tak kalah pedas'

“Ah elo ayam sayur, Eko. Diajak nonton dan diskusi lgsg sama gue, gak nongol idung lo. Mengkonfirmasi untuk tidak datang. Ayam sayur kayak lo cuma berani sembunyi di balik jempol. Gak cukup pny nyali dan intelektualitas buat berdebat. Bisanya cm datang isu identitas pake jempol,” 

Quote:


Sebuah komen yang sangat tidak pantas dan memprovokasi sih kalo menurut ane, terlebih Mas Eko ini adalah seorang kapiten, eh seorang penggiat yang sedikit banyak ucapannya bisa dijadikan tolak ukur oleh masyarakat awam. Dan apa yang terjadi jika yang disampaikan malah seperti 'membenturkan' satu dengan yang lainnya.

Siapapun agan sista di ranah media sosial, jangan asal 'mangap' dalam mengkritisi sesuatu, iya kalo tepat, kalo keliru dan malah menjerumuskan diri sendiri dan orang banyak dalam pemahaman yang keliru akan berabe nantinya.

Semoga masyarakat kita tidak mudah untuk diprovokasi dan lebih bijak untuk menyaring berita yang digulirkan di media sosial dengan melakukan crosscek dengan pihak-pihak yang lebih paham dan lebih berkompeten untuk menjelaskan sesuatu, bukan sekadar cuitan tanpa dasar.

Ane masih pengen sambat sih sebenernya, tapi cukup sekian aja deh buat kali ini. Sampai jumpa di thread ane lainnya, terima kasih.

emoticon-terimakasih

Ulasan dan Opini Pribadi
sumber referensi:
1, 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DianAhmadKaskus
Di Indonesia sekarang memang rasanya serba salah kalau berpakaian selayaknya muslim, dibilang sok alim, terrorist, cuma topeng semata dan lebih parahnya dikucilkan dari pergaulan bermasyarakat, saya tidak tahu apa yang ada di pemikiran orang sekarang tentang muslim, memang sih beberapa tahun belakangan muslim sedikit terpojok gara-gara bahas kadrun dan segalamacam itu, padahal tidak setiap muslim seperti itu kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caduceus22 dan 20 lainnya memberi reputasi
profile picture
lunar1980
kaskus geek
Banyak sahabat saya muslim dan mereka baik. Saya rasa isu-isu seperti ini harus dihentikan. Agama adalah kepercayaan tiap individu. Di setiap agama pasti ada oknum namun tidak langsung menggambarkan citra sesungguhnya agama tersebut.
profile picture
babysitter89
kaskus addict


Ah ga jg gan... D bbrp daerah bagian sumatra malah klo ga berpakaian selayaknya muslim itulah yg jd masalah... Tergantung agan tinggal d wilayah mana dulu.


D beberapa daerah sana, Cew ga pake hijab aj dianggap hina kok
profile picture
gieshand
kaskus addict
muslim awto kadrun itu cap orang2 goblok pemecah belah bangsa,,yg treak2 pancasialis tapi 0.... orang2 yg benci islam sepertinya nyaman berada di kubu pemerintah,,padahal jelas,,ini yg merugikan pemerintah..tapi yg punya kuasa pun diem saja.. entah lah,,,,
profile picture
wangbadan
kaskus addict
Halo bagaimana dengan pekerja yg berpakaian santa waktu natal, jgnkan berpakaian deh, pakai topi santa aja dilarang
Ini cuma atribut loh
Kok standart janda ya? Apakah memang sop nya seperti itu?
Btw anak laki2 umur 9 tahun lebih banyak yg pakai baju barcelona atau naruto ketimbang berdandan kaya nussa, paling pas lebaran doang
profile picture
@wangbadan hallo gan. yg melarang itu mereka punya landasan hukum islamnya. tapi kan hanya sebatas menyampaikan. bukan lantas langsung di paksa untuk resign atau cari kerjaan lain. hanya beberapa oknum saja yg teriak2 kafir dll. saya sering mendengarkan ceramahnya ust khalid bassalamah. saya sehari hari pakai celana cingkrang, pelihara jenggot, tidak ikut tahlilan. tapi saya bekerja di perusahaan milik orang non islam. mayoritas pegawai non islam. bahkan yg muslimah tidak boleh pakai hijab di lingkungan kantor. tapi saya fine2 aja. krn saya yakin setiap substansi punya aturan, dan sbg individu kita punya alasan untuk memilih.
profile picture
wangbadan
kaskus addict
@maulana.chita.m saya hanya balas statement diatas
Ini
"Di Indonesia sekarang memang rasanya serba salah kalau berpakaian selayaknya muslim, dibilang sok alim, terrorist, cuma topeng semata dan lebih parahnya dikucilkan dari pergaulan bermasyarakat, saya tidak tahu apa yang ada di pemikiran orang sekarang tentang muslim"

Dia generalisir loh,padahal saya ngga berpikiran begitu
Kalo ada yg berpikiran kaya anda, semakin banyak semakin bagus
profile picture
yah susah juga ya... masalahnya ketika ada oknum melakukan hal yang dimata orang yang sealiran ataupun tidak sealiran adalah hal yang tidak benar... mereka yang sealiran dan ditunggangi sama sekali tidak bersuara.. bahkan sampai level mereka mengaku mengaku mengatas namakan atas golongan atau aliran tertentu.. tetap hanya bisa diam.. entah sebenarnya main aman karna tidak mau ada masalah.. atau takut di cap oleh sesama aliran bahwa yang tidak setuju adalah orang yang bermasalah dengan aliran tersebut......
profile picture
lunar1980
kaskus geek
sudah saatnya kita belajar untuk saling menghargai. tidak memaksakan kehendak pribadi, dan tidak merasa benar. kita hidup di negara yang beraneka ragam kepercayaannya. cara yang saya terapkan pada diri saya adalah, bahwa saya bukanlah orang spesial yang harus dihargai pendapatnya. orang lain juga berhak mengemukakan pendapatnya. tidak suka ? saya memilih diam. suka ? saya akan berikan pujian. tidak perlu debat.
profile picture
Ada sebab pasti ada akibat.
Coba situ lihat mereka yg suka melakukan bom bunuh diri, membunuh dan meneror org, kira2 mereka agamanya apa?
Cara berpakaian mereka saat membunuh org seperti apa?
Jadi wajar kalau ada org yg takut dan mengecap terorist mereka yg beratribut islam.
Jadi wajar ketika org menggunakan atribut islam, kemungkinan dijauhi.


Jadi ga usah heran gan dan jangan salahkan mereka2 yg takut itu, tapi salahkan mereka yg doyan membunuh org dengan menggunakan atribut agamanya lengkap
profile picture
PACIFIC2012
aktivis kaskus
Lom prna seangkot sama jenggotan berjubag bwa ransel gede

Kringat dingin bro
😭😭😭😭
profile picture
ninja.rangers
kaskus maniac
ribet amat ama urusan baju nussa doang. segala lu bawa2 anak anak pake baju bola. lu tau angga sasongko? coba lu search agamanya apa. dia fine fine aja nyutradarain itu film. karya seni gada batasan tod. jgn kaku kaya besi beha nenek lo.
profile picture
agh05t
kaskus maniac
kondisi itu cm maenan elit politik & lbh byk berasa di dunia maya dan mungkin di ibu kota,...
klo d daerah adem ayem aja,....

mau yg pake cadar celana cingkrang,
mau yg pake rok mini celana seksi,
gak ada "kehebohan" asal gak telanjang,..

emoticon-Betty
profile picture
double.jump
kaskus addict
Ketika Islam dianggap buruk oleh orang yg ga tau Islam, kenapa kita menyadari dan merenungi apa sebabnya dengan Ikhlas, dan mencoba perbaiki keadaan?

--------

Ane sendiri muslim. Kejadian ini membuat ane merenung cukup dalam.

Pernah ada kejadian pas ane dan 3 orang teman lagi duduk santai di kampus, kebetulan kampus ane cukup plural, sampe bahkan agama hindu juga ada.

waktu itu pas kejadian bom gereja di Surabaya.

Temen baik ane yg kristen di ngomong gini:

1. Kenapa setiap ada oknum ngawur di Islam, ga ada tindakan untuk mencegah hal tsb ga di ulangi?

2. Kenapa kok oknum ngawur di Islam ini melakukan tindakan : melarang topi santa, larangan kegiatan itu dibiarkan? Padahal orang Kristen Katolik ga pernah melarang Islam

(seinget ane si oknum kristen yg melarang kegiatan Islam ada, tapi sedikit, ga sebanyak oknum di kita yg Islam, mungkin ini sebabnya mereka berani ngmg Kristen Katolik ga pernah)

Jawaban ane juga sama kayak agan2 : itu cuma oknum, buktinya gw kan ga ngapa2in kalian.

jujur malu pas itu.

Karena itu juga yg kita rasakan sbg umat Islam, gara2 segelintir orang ngawur Islam di cap buruk.

Ane jadi inget kata2 Ustadz ane dulu, : apabila ada saudara kita yg muslim berbuat diluar Aqidah dan menganggu agama lain. Sudah sepantasnya kita ingatkan. Hanya karena mereka Muslim bukan berarti yg salah harus di bela. Karena itu kewajiban kita sbg Muslim.
profile picture
lunar1980
kaskus geek
@double.jump thanks Gan atas kejujurannya. info saja, sahabat saya keluarganya menjadi korban Bomberman di Surabaya. istrinya mengalami kebakaran hebat hingga kulitnya melepuh (dan rambutnya habis), anaknya mengalami luka bakar di dada. sempat di wawancarai oleh beberapa portal berita luar negeri dan sahabat saya sebagai suami dan ayah justru menghimbau agar kita bersatu dan jangan terpecah. Saya Kristen dan saya mungkin cukup beruntung mendapatkan kenalan seorang pemeluk agama Islam yang taat dan baik, sehingga pandangan agama Islam adalah baik adanya. Namun memang kadang sesak di dada ketika kita natal dan dilarang ibadah (gerebekan) dan hal kurang etis lainnya. Mulut ini sebenarnya ingin membantah, ingin mengeluarkan penddapat hanya saja kita takut. Namun, terima kasih Agan sudah berani men share apa yang agan sendiri rasakan emoticon-Smilie
profile picture
wangbadan
kaskus addict
@ninja.rangers ngomong sono sama patung putri duyung yg di kembenin
"Karya seni ngga ada batasan!!"
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 15 dari 15 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di