CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Persediaan Pangan Hanya Cukup Dua Bulan, Korea Utara Terancam Kelaparan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d093490433ca69750b4dda/persediaan-pangan-hanya-cukup-dua-bulan-korea-utara-terancam-kelaparan

Persediaan Pangan Hanya Cukup Dua Bulan, Korea Utara Terancam Kelaparan

Suara.com - Korea Utara terancam kehabisan makanan hanya dalam dua bulan, di tengah kekhawatiran Kim Jong Un menghadapi terulangnya kelaparan yang menewaskan jutaan orang.

Menyadur The Sun Senin (21/6/2021) harga makanan pokok meroket sebagai akibat dari kerusakan pada industri produk negara.
Dilaporkan bahwa barang-barang seperti kopi dijual lebih dari Rp 1,4 juta per paket.

Kim Jong Un berbicara tentang krisis yang berkembang di sektor pertanian negaranya pada hari Selasa, mengakui situasinya "semakin tegang".
Ia juga mengatakan ekonomi yang dikelola negara tidak dapat memberi makan warganya.

Laporan terbaru dari Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mengatakan Korea Utara hanya memiliki dua bulan persediaan tersisa.

Ada kekhawatiran yang berkembang akan terulangnya kelaparan yang pernah terjadi pada tahun 1990-an, yang menurut beberapa perkiraan menewaskan lebih dari tiga juta warga Korea Utara.

Kim Jong Un baru-baru ini juga memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi "Maret yang Sulit," nama yang diberikan untuk krisis pangan tahun 1990-an.

"Saya memutuskan untuk meminta organisasi WPK (Partai Buruh Korea) di semua tingkatan, termasuk Komite Pusat dan sekretaris sel dari seluruh partai, untuk melakukan 'pawai sulit' yang lebih sulit untuk membebaskan rakyat, bahkan sedikit," kata Kim pada bulan April.

CNN melaporkan warga di ibu kota negara bagian Pyongyang membayar tiga kali lipat dari harga reguler untuk membeli kentang, dan hampir Rp 1 juta teh celup.

Kim Jong Un mengungkapkan kondisi negaranya pada sesi konferensi yang dihadiri oleh Komite Sentral Partai Buruh pada hari Selasa, dan awalnya dilaporkan oleh media resmi KCNA.

Ini adalah pertama kalinya Kim Jong Un terlihat setelah sempat tak terekspos lebih dari sebulan.

Dampak buruk dari Covid-19 dikombinasikan dengan pembatasan impor barang semakin membuat kondisi di Korea Utara suram, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

Korea Utara menutup perbatasannya untuk menahan penyebaran penyakit, tetapi perdagangan dengan China menderita.

Korea Utara sangat bergantung pada produk dari China tidak hanya untuk makanan tetapi juga pupuk dan bahan bakarnya.

Pemimpin Korea Utara mengatakan dia telah membiarkan pintu terbuka untuk pembicaraan dengan Presiden AS Joe Biden.

Namun, Kim Jong Un juga telah mengakui bahwa dia siap untuk "dialog dan konfrontasi" mengenai topik senjata nuklir.

Kim telah lama bersikukuh untuk tidak melanjutkan pembicaraan senjata dengan AS, yang dapat menawarkan bantuan dari sanksi yang mencekik ekonomi Korea Utara.

https://amp.suara.com/news/2021/06/2...ncam-kelaparan

Waduhemoticon-Hammer2

Teh celup sejuta cuyemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 41 lainnya memberi reputasi
Sosialisme adalah kutukan peradaban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 12 lainnya memberi reputasi
profile picture
serapionIeo
kaskus addict
Idenya hampir sama kayak khilafah...
emoticon-Takut
profile picture
d112za
kaskus addict
Negara2 skandanavia berhasil dgn sosialisnya
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
tapi bre, ideologi mereka sebenarnya adalah "Juche". mirip dengan komunis tapi lebih dekat ke stalinis. pada prakteknya sih lebih gila dari komunis "biasa" yg diterapkan oleh cina dan rusia. malah ini yang menyebabkan korut agak menjauh dari kedua negara tersebut.
cmiiw yaa.

https://historia.id/politik/articles/ideologi-juche-korea-utara-DB8n5/page/1
https://republika.co.id/berita/internasional/global/17/09/29/ox1ca4377-pakar-ideologi-korut-bukan-komunis-tapi
profile picture
Gentayaumal
kaskus maniac
Knapa bsa gitu gan, mohon pencerahan nya, kenapa bsa di sebut kutukan peradaban
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
wah mulai menarik nih. buka popcorn
profile picture
Lambemu Cuk. Iya lek raihmu golongan 1 %...
profile picture
@d112za negara skandinavia kapitalis boss bukan sosialis

sosialis itu kalau pemerintah mengontrol bisnis dan kegiatan ekonomi, nasionalisasi besar besaran, dan besarnya intervensi pasar

justru negara skandinavia sangat bebas ekonominya, bahkan index economic freedomnya sangat tinggi.

malahan mereka gak punya kebijakan UMR atau upah minimum yang dilindungi UU.

upah pekerja benar2 diserahkan pada mekanisme pasar antara serikat pekerja dengan perusahaan.
profile picture
@th3d4rk mau apa kek, intinya itu hanya ada sosialis dan kapitalis.

intinya yang satu, seluruh kegiatan perekonomian dikuasai negara

satu lagi seluruh kegiatan ekonomi dikuasai sektor swasta

tinggal tarik garis dari kiri ke kanan. nah diantara garis itu lah negara2 di dunia.

paling kiri adalah korea utara

paling kanan adalah hongkong SAR

dah.

saya bahas dengan kacamata ilmu ekonomi aja

kalo ilmu politik dan sosial saya gak tau karena kebanyakan istilah di ilmu2 itu

profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
Yess betul. Dari kacamata ekonomi memang sudah betul. Cuma jangan dilupakan bahwa ekonomi-politik itu suatu kesatuan yg saling mempengaruhi.
Kebijakan politik akan mempengaruhi kebijakan ekonomi, demikian juga sebaliknya.

Bisa diliat ya perbedaan ekonomi cina dan korut kayak langit dan bumi. Padahal perekonomian keduanya dikuasai negara (klo gw boleh pinjem istilah yg lo pakai)

@anti.liberal
profile picture
@th3d4rk masalahnya elmu politik itu terlalu aneh. Klasifikasi terhadap sistem terlalu banyak, tapi gak bisa dipetakan ke dalam sebuah skala ukur.

Sekarang kalo pake kacamata politik. Coba dibikin garisnya, pasti bingung. Paling kiri mana ? Paling kanan mana ?


profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
Pointnya sih. Meskipun disatu sisi ada statement bahwa sosialis adalah kutukan peradaban, faktanya ada negara sosialis yg ekonominya jauh diatas negara demokratis-liberal. Tapi ada juga sosialis yg kondisinya udah gawat darurat. Ini dipengaruhi juga oleh kebijakan ekopolin/nasional yg diambil.
Dan situasi memang nggak bisa diliat dari sisi hitam/putih saja krn negara liberal/demokratis pun ada yg terpuruk ekonominya saat ini. Apakaha bisa dibilang bahwa sosialis/komunis lebih baik dari liberal atau demokratis?
Kan banyak sekali faktornya yg harus dilihat. Ketimbang mengambil kesimpulan tanpa proses berpikir

@anti.liberal
profile picture
@th3d4rk tau arti sosialisme ?

Arti dalam sebenarnya, bukan catut2an.

Faktanya ya negara yang disebut sebut sosialis itu tidak sosialis sama sekali dasarnya, justru kapitalis.

Contoh yg paling sering dipakai ya negara negara skandinavia. Negara skandinavia sesungguhnya adalah kapitalis. Ekonomi disana berbasis pasar bebas dan penguasaan swasta.

Makannya gw bilang, gw gak peduli sebutan sosialis demokrat kek, kapitalis sosialis kek.

Intinya tarik garis lurus

Semakin ke kiri more govt

Semakin ke kanan less govt.

Dan gw yakin seyakin2 nya semakin ke kanan negara semakin sejahtera.

Itu yg disebut si TS sebagai sosialisme kutuk peradaban.
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
betul @anti.liberal sampe sini gw setuju dengan kesimpulan tersebut. meskipun masih ada perdebatan dengan yang ini "Dan gw yakin seyakin2 nya semakin ke kanan negara semakin sejahtera".
tpi gw penasaran kacamata yg dipake oleh bro jerry ini kacamata politik atau ekonomi atau keduanya nih? kita udah bahas jauh2 nggak taunya jangan2 beda dengan yg dimaksud

coba bro @jerrystreamer1 mohon dijelaskan bro maksudnya gmn kok disebut sosialisme kutukan peradaban?
kok bukannya komunis, atau liberalis atau kapitalis yg disebut demikian?
btw, ini dalam scoop politik atau ekonomi nih?
profile picture
@th3d4rk

Semakin kanan semakin sejahtera, itu gua sudah yakin seyakin yakinnya.

Jangan diliat negara ngaku sosialis, terus lu anggap itu negara sosialis. Atau partai kiri menang, berarti negara kiri.

Penamaan2 begitu cuman ngada2 doang dan tidak menjelaskan apa apa

Kalo gw paling gampang, singkirkan aja politik. Politik itu tempat orang ngibul. Apa aja bisa dibalut dengan embel2. Demokratik sosialism lah, sosialisme islam lah, kapitalisme kristen lah, sosialisme kristen, sosialisme hindu lah. Gak abis2 ngikutin org politik.

Kalo saya Lihat saja indeks kebebasan ekonomi. Kalo nilainya tinggi berarti semakin bebas alias kapitalis
Kalo semakin rendah ya berarti semakin sosialis.
Kalo kamu jejerkan dalam garis horizontal, lalu kamu belah di tengah. Saya yakin sisi kanan pasti lebih makmur dan sejahtera.






kalo mendengar cara bicara, mungkin si jerry terinspirasi dari buku kutukan sosialisme karya molesworth.

Kemungkinan besar yg dimaksud si jerry ya sosialisme dalam arti "negara menguasai segala bentuk produksi"

Krn buku tsb keluaran tahun 1918, di tahun yg menurut saya belum ada lah gerakan2 catut2 sosialis macam sekarang ini.


profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
@anti.liberal nah itu yg gw maksud, krn saat ini yg menjalankan murni sosialis itu negara mana sih? paling 1-2 atau bahkan udah gak ada.
umumnya udah mengalami penyesuaian di berbagai sisi, sedangkan kapitalis itu bukan paham/idealisme melainkan proses evolusi.

masing2 punya kekurangan, yes, tapi lebih karena perubahan yang terjadi didalam masyarakat itu sendiri. sistem yang lebih terbuka terhadap perubahan itu yg lebih baik.
jadi gw gak pake ukuran "kanan atau kiri".

meskipun gw setuju bahwa pada akhirnya kapitalis lebih unggul dari beberapa sisi, tapi penyerahan total terhadap mekanisme pasar tanpa campur tangan pemerintah itu tampaknya nggak selalu yg terbaik saat ini.
kalo gw pinjem bahasa lu, "ditengah tapi agak kekanan"
profile picture
@th3d4rk penyerahan mekanisme pasar tanpa intervensi pemerintah mungkin bukan yang terbaik

Tapi

Intervensi penuh pemerintah atas mekanisme pasar selalu yang terburuk.

profile picture
yoxchuy
kaskuser
sumber masalahnya kediktatoran, btw kl beneran mo kelaparan biasanya korut kasih alarm kok, luncurin taepodong & ujung2nya rundingan sama tetangga selatan (& seberang laut) trus ngalir dah bantuan.
profile picture
@yoxchuy kediktatoran kalo ekonomi bebas masih bisa napas.

demokrasi kalo ekonomi sosialis (sosalis dalam arti sebenarnya yaitu faktor produksi dikuasai negara/kolektif) tetap aja bangkrut.

jadi yang masalah adalah tidak adanya kebebasan ekonomi di korut. kalo ekonomi bebas, meski dipimpin diktator sekalipun, tidak akan parah2 amat.

contoh negara diktator yg ekonomi bebas: UAE, republik wadiya.
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
@yoxchuy @anti.liberal contohnya cina dan rusia
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 19 dari 19 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di