CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Monster Penghuni Sungai Terpanjang Dunia: Reptil Sang Raja Sungai Pemakan Manusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ce4898f032cc11982a0922/monster-penghuni-sungai-terpanjang-dunia-reptil-sang-raja-sungai-pemakan-manusia

Monster Penghuni Sungai Terpanjang Dunia: Reptil Sang Raja Sungai Pemakan Manusia

Kalian pasti sudah tahu, kalau sungai merupakan sumber kehidupan beragam makhluk. Tapi kalian sudah tahu belum sungai mana yang terpanjang di dunia, apakah Sungai Amazon atau Sungai Nil? Beberapa waktu lalu sempat menjadi perdebatan mengenai siapa pemilik sungai terpanjang di dunia. Pada akhirnya Sungai Nil ditetapkan sebagai sungai terpanjang, sedangkan Sungai Amazon diposisi ke-2.

Menariknya tidak cuma ikan-ikan kecil saja yang hidup di kedua sungai ini. Monster-monster sungai juga bersembunyi di dalamnya dan siap menerkam kapan saja. Lalu monster sungai mana yang paling ganas, buas, dan mematikan? Mari kita bandingkan bersama dalam ulasan yang berjudul monster sungai penghuni terpanjang dunia.

1. Reptil Sang Raja Sungai Pemakan Manusia



Siapa sih yang tidak auto merinding ketika melihat deretan giginya yang runcing? Mereka adalah Black Caiman dari Sungai Amazon dan Buaya Nil penghuni Sungai Nil. Perkenalkan, Black Caiman pemangsa terbesar di Sungai Amazon. Memiliki lebih dari 70 gigi tajam disepanjang mulutnya, sang raja sungai ini bisa menangkap mangsa secepat kilat.

Mereka akan memangsa apa saja yang masuk ke dalam wilayahnya termasuk hewan besar seperti Sapi, Kuda, Anaconda, bahkan memangsa Manusia sekalipun. Kalau kalian melihat air Sungai Amazon yang begitu tenang, karena bisa saja Black Caiman sedang mengintai Anda. Warna hitam pekat ditubuhnya menjadikan Black Caiman sangat pandai menyamar.

Gigitannya sangat kuat, bayangkan saja mereka mampu menghancurkan cangkang penyu hanya dalam satu gigitan. Yang makin bikin ngeri adalah mereka tidak memiliki rasa takut sedikitpun. Tercatat penghuni Sungai Amazon ini telah menyerang lebih dari 80 manusia dalam 20 tahun terakhir.

Tidak kalah buas dan rakus mereka adalah Buaya Nil, Buaya Nil merupakan buaya terbesar di Afrika dan terbesar kedua di dunia setelah Buaya Muara. Reptil raksasa ini merupakan predator puncak dihabitatnya. Mereka mampu memangsa hewan berukuran 2x lebih besar dari ukuran tubuhnya seperti Gajah dan Kuda Nil.

Buaya Nil bisa tumbuh hingga mencapai panjang 6 meter dan berat 750 kg dan lebih besar dari Black Caiman. Di dalam air, Buaya Nil bergerak sangat cepat. Mereka akan menunggu mangsanya bermain di sungai, kemudian menyerangnya. Saking rakusnya, Buaya Nil akan memangsa apa pun termasuk manusia.

Diperkirakan 200 - 300 orang tewas pertahunnya karena diserang Buaya Nil. Sama-sama predator tertinggi di wilayahnya, Buaya Nil lebih unggul dibanding Black Caiman dalam hal ukuran dan jumlah manusia yang menjadi korban. Kalau kamu lebih takut mana, dikejar Black Caiman atau Buaya Nil?.

2. Si Panjang Yang Gak Bikin Umur Panjang



Ada yang melilit dan ada juga yang menggigit, inilah ular Anaconda dari Sungai Amazon dan Black Mamba dari Sungai Nil. Menurut legenda masyarakat Afrika, Anaconda bisa tumbuh mencapai panjang 30 meter. Saking besar bobot tubuhnya, Anaconda sangat lambat ketika berada di darat. Tapi jangan remehkan kemampuannya dalam air, ia tergolong hewan yang sangat lincah ketika berenang.

Senjata utamanya adalah kekuatan lilitan, bayangkan saja buaya pun takluk dibuat tidak berdaya. Meskipun kemampuan Anaconda melilit dan menelan mangsa sangat mengerikan, faktanya hewan ini lebih memilih menghindari manusia.

Berbeda 180°, ular yang bisa ditemukan ditepian Sungai Nil ini justru memiliki racun yang sangat kuat. Sifatnya yang agresif dan dibekali bisa mematikan, membuat Black Mamba sangat ditakuti masyarakat Benua Afrika. Gigitan Black Mamba mampu meruntuhkan kesadaran manusia kurang dari 45 menit, jika tidak segera diberikan obat penawar, korban akan tewas dalam hitungan jam.

Yang lebih menakutkannya lagi, Black Mamba memegang rekor sebagai ular tercepat di dunia. Kecepatan Black Mamba bisa mencapai 19 km/jam, kebayang dong bagaimana seramnya dikejar Black Mamba.

Yang satu melilit lalu menelan, satu lagi racunnya sangat mematikan. Keduanya sangat amat berbahaya. Jika dibandingkan kecepatan super milik Black Mamba jauh lebih mengerikan, membuat manusia sulit untuk menghindar jika sudah diincar.

3. Ikan Paling Mematikan



Jangan coba-coba berenang di sungai kalau tidak mau merasakan derita ketemu ikan Candiru dari Sungai Amazon atau Tigerfish dari Sungai Nil. Kecil-kecil cabe rawit, inilah si ikan Candiru ukurannya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari jari manusia. Tetapi ternyata ia lebih ditakuti masyarakat Afrika dibanding ikan Piranha.

Candiru merupakan ikan parasit, mereka memakan darah dan hidup dirongga insang ikan lainnya. Menurut cerita, ikan Candiru tertarik pada air seni manusia. Ketika seseorang buang air kecil disungai, ikan Candiru akan berenang dan masuk ke dalam saluran kencing, lalu menggerogoti bagian dalamnya.

Paling banyak ikan Candiru menyerang alat kelamin laki-laki, makanya jangan buang air sembarangan ya. Candiru yang berukuran kecil saja ternyata mengerikan, apalagi ikan sangat besar bergigi tajam. Jika biasanya ikan takut pada buaya, tidak demikian dengan Tigerfish. Mereka justru bisa menyerang buaya dan mencabiknya hidup-hidup.

Hal itu sangat mungkin, dikarenakan Tigerfish memiliki 32 gigi seperti belati serta fisik yang sangat kuat. Tigerfish memiliki kemampuan berburu yang unggul, mereka memiliki penglihatan yang sangat baik dan mampu mendeteksi getaran frekuensi rendah dari mangsanya. Bahkan ada laporan ikan ini juga menyerang manusia.

Meski memiliki perbedaan ukuran yang sangat jauh, serangan kedua ikan ini ternyata sama-sama mengerikannya. Bila dibandingkan, Tigerfish jauh lebih mematikan, karena bisa menyerang dengan gigi super tajamnya, bahkan saat manusia tidak buang air sembarangan disungai.







profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 29 lainnya memberi reputasi
Ngeri ngeri
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Wongkentiir dan 3 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di