CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Satgas jelaskan alasan pemerintah tak terapkan "lockdown"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cf6892d049d977e6229ab0/satgas-jelaskan-alasan-pemerintah-tak-terapkan-quotlockdownquot

Satgas jelaskan alasan pemerintah tak terapkan "lockdown"



Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Hery Trianto menjelaskan alasan pemerintah hingga saat ini tidak mengambil kebijakan penerapan "
lockdown" atau karantina wilayah.

Hery Trianto dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa substansi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro sebagai kebijakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang berjalan selama ini sama dengan "
lockdown"

.

"Jadi jangan dibenturkan antara kebijakan lockdown dengan pembatasan kegiatan masyarakat. Substansinya sama, membatasi mobilitas masyarakat untuk menekan laju penularan," kata Hery.

Baca juga: Epidemiolog usulkan karantina wilayah di Kabupaten Kudus

Pemerintah memperpanjang PPKM mikro, 15-28 Juni 2021. PPKM mikro menggunakan acuan beleid Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2021.

Aturan itu menjelaskan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran COVID-19.

PPKM mikro membatasi kegiatan di tempat kerja/perkantoran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, mengatur pemberlakuan pembatasan kegiatan restoran dan pusat perbelanjaan, mengatur kegiatan di tempat ibadah, kegiatan fasilitas umum, serta kegiatan seni, sosial dan budaya.

Hery mengatakan petugas di lapangan memperketat pelaksanaan PPKM mikro melalui operasi yustisi yang melibatkan TNI dan Polri. Petugas di lapangan memantau kegiatan dan menertibkan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Tujuannya untuk mengurangi mobilitas agar masyarakat lebih banyak di rumah. Karena faktor penularannya manusia. Jadi, kalau aktivitas manusianya dikurangi, akan menekan penularan," kata dia.

Hery menegaskan, PPKM mikro sebenarnya cukup efektif menekan laju penularan COVID-19. Belakangan, kasus positif meningkat karena beberapa hal.

Seperti, masyarakat tidak mematuhi larangan bepergian, larangan mudik lebaran. Menurut Hery, pemerintah sudah berupaya agar masyarakat tidak bepergian dan mudik, tapi ternyata banyak yang tidak mengikuti imbauan pemerintah.

Baca juga: Warga jalani karantina wilayah di Cilangkap dapat bantuan makanan

"Kasus di Kudus, kita tahu di sana ada ziarah setelah Lebaran di Sunan Muria dan Sunan Kudus, kemudian itu dianggap salah satu yang memicu penularan. Di Bangkalan juga sama, setelah Lebaran masyarakat punya tradisi berkumpul. Ketika berkumpul terjadi interaksi, terjadi risiko penularan," kata Hery.

Penyebab lainnya lanjut dia adalah varian baru COVID-19 yang diduga turut mempercepat penularan.

Dengan PPKM mikro menurut Hery kebijakan mitigasi risiko hingga tingkat RT/RW semakin mudah. Hingga saat ini ada puluhan ribu desa yang membentuk posko.

Posko aktif melaporkan perkembangan kondisi di daerah masing-masing. Efektivitas kebijakan PPKM mikro sudah terlihat sampai pertengahan Mei.

"Sehingga kita dapat data yang lebih valid tentang apa sebenarnya yang terjadi di berbagai daerah. Ketika kita bisa memetakan zona risiko hingga ke RT/RW, tentu saja itu akan semakin baik, kita semakin presisi," katanya.

Selain itu, Hery mengatakan, kebijakan mikro lockdown juga sudah diterapkan beberapa daerah. Misal, satu RT melakukan mikro lockdown karena ada lima keluarga yang terpapar COVID-19.

"Ini terjadi di beberapa daerah. Mikro lockdown sudah dilakukan sebenarnya, tapi skalanya mikro," ujar Hery.

https://www.antaranews.com/berita/22...medium=twitter

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
Yg kmrn psbb aja gaje

Ini malah mau lokdon

Bansos dr atas sampe bawah dikorup, bahkan ampe rt lurah pun nilep

Blm lagi ribut" lebaran ga mudik ga ibadah di mesjit ampe solat bawa sajam

Ciyus mau gitu?

Herd immunity aja ude
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.bau.edan
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
mudik kemarin aja banyak jebolnya

kadrun betina duta "anjing" maki2 petugas aja dibiarin, itu yang viral, yang g viral banyak banget

ane yakin kenaikan ini karena mudik kemarin titik emoticon-Smilie
profile picture
conaga
kaskus maniac
@dwiatmaja
Ane ga yakin karena mudik, lebih tepatnya ekonomi.

Ga berani lah lockdown, test dikurangi supaya ga panik aja. Coba test banyak mungkin ratus ribuan.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@conaga pemerintah 'longgarin' mudik kemarin juga karena faktor ekonomi juga

test dikurangi jga terkait anggaran hehe
mknya covidiot yang bilang semua penyakit 'dicovid' khan itu begok

lha yang terjadi sebaliknya koq emoticon-Big Grin
profile picture
conaga
kaskus maniac
@dwiatmaja
cuma mereka ga mau mengakui, yang disalahkan adalah mudik.
profile picture
DENIAL IS REAL
































emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
profile picture
adie.sunkyu
kaskus holic
herd immunity sekalian mengurangi jumlah penduduk emoticon-Thinking
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@adie.sunkyu kyknya gak bakal gan, udah kebanyakan penduduknya gak kurang2 koq emoticon-Big Grin

india aja kasusnya udah turun skrg, dan....
penduduknya g berkurang signifikan tuh emoticon-Big Grin
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
Maka dari itu ga lockdown dari awal pandemi. Udah proses herd immunity dari awal pandemi, cuman ya gtu ga mau 'mengakui' kalo herd immunity. Baru mengakui official ketika ada vaksin darurat, padahal ya udah.
profile picture
conaga
kaskus maniac
@masfuad2015
herd immunity adalah omong kosong lah. itu para saintis entah belajar dari mana sampai ada istilah herd immunity. logika saya virus itu kecil bisa menyerang siapa saja. bagaimana banyak orang bisa melindungi yang lemah ? teori dari mana itu. kalau ada vaksin yang benar2 ampuh mungkin bisa. seperti flu.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@masfuad2015 @conaga dulu flu spanyol bisa hilang tanpa vaksin
tp setelah makan korban ratusan juta orang
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@conaga ga ada gan banyak orang bisa melindungi yang lemah. Yang dimaksud herd immunity ane rasa ya seleksi alam, yang punya imun bagus dan bisa adaptasi ya mereka yang hidup, yang lemah binasa. Cuman pemanis biar ga panik aja dan vaksin pun ga mungkin langsung jadi, yang ada sekarang aja vaksin darurat blum bener" pakem
profile picture
conaga
kaskus maniac
@masfuad2015 @dwiatmaja

Benar gan, flu spanyol ratus jutaan korban nya. ini artinya bukan herd immunity gan, tetapi seleksi alam.

kita mesti ingat, manusia adalah virus bagi bumi. dan covid 19 adalah vaksin untuk bumi.

profile picture
Michael Essien
kaskus addict
Dulu ilmu pengetahuan masih belum seadvance sekarang. Optimis lah dulu aja bisa dilewatin. Sekarang dengan teknologi yang semakin canggih pasti bisa dilewatin kok. @masfuad2015 @conaga @dwiatmaja
profile picture
Herd immunity bukan nya ngurangi penyebaran ya
Bukan ngilangin virusnya

Dan herd immunity itu diraih dengan vaksin
Kalo makin banyak yg kebal kan
Virus nya mati sblm org itu nyebar ke org laen
profile picture
conaga
kaskus maniac
@thesadistperson
kenyataan nya ga mati virus nya.
profile picture
kepalaember
kaskus addict
@dwiatmaja inda udah turun skrg gan ? btw gue kurang paham sama wabah ini. kemarin sempet di beritakan covid menurun di indonsia. sampe rumah sakit pun udah mulai sepi dari pasien covid. skrg di kabarin covid mulai naik kembali paska libur lebaran. klo ternyata faktanya dari awal sebelum libur lebaran covid tidak pernah turun gmn ?
soalnya jauh dari sebelum libur lebaran jg masyarakat banyak yg melanggar protokol kesehatan.
profile picture
conaga
kaskus maniac
@masfuad2015 @dwiatmaja [mention]Michael Essien[/mention]

jangan lupa gan, virus mutasi juga karena faktor X.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@kepalaember klo dilihat di grafik memang naik turun gan polanya

indonesia sempat naik drastis akhir januari (efek liburan nataru)

lalu turun bahkan awal mei, IGD di sby sempat g ada pasien covid bbrp hari

lalu naik lagi mulai 10 juni kemarin dan terus memuncak sampe skrg emoticon-Big Grin

cob cek aja di worldometer.info
profile picture
conaga
kaskus maniac
@dwiatmaja @kepalaember
ga usah binggungan, yang pasti
1. Prokes bukan jaminan untuk tidak kena virus covid 19, tetapi mencegah 30% untuk terjangkit. karena prokes dibuat untuk ekonomi di jalankan.
2. sebelum dan sesudah hari libur sebetulnya bukan liburan yang salah gan, tetapi ekonomi. karena prinsip ekonomi, ekonomi akan ada jika ada transaksi, transaksi membutuhkan interaksi orang. misalkan agan beli online : pasti ada interaksi dari pabrik sampai ke tangan agan.

jadi jangan binggung, masalahnya sekarang pemerintah ga mengakui cluster ekonomi. tidak mungkin kita bisa hidup berdampingan dengan kesehatan dan ekonomi. harus pilih.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@masfuad2015 @conaga [mention]Michael Essien[/mention] betul makanya jangan fanik gan

berita bagusnya eropa dan amerika udah mendekati herd immunity gara2 vaksin, mknya bentar lagi kiriman vaksin ke sini akan genjar2nya, karena sono udah gak perlu lagi nimbun vaksin emoticon-Big Grin

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 34 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di