CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sekolah Tatap Muka Berbahaya, yang Kerja Saja Disuruh WFH Kok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd33b939bc5a51bd5c5dad/sekolah-tatap-muka-berbahaya-yang-kerja-saja-disuruh-wfh-kok

Sekolah Tatap Muka Berbahaya, yang Kerja Saja Disuruh WFH Kok

KOMPAS.com - Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono, menyebutkan, sekolah tatap muka berbahaya untuk dilakukan dalam situasi seperti saat ini. Menurut dia, kekhawatiran ini karena melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Ya berbahaya, orang-orang yang kerja saja disuruh work from home (WFH) kok, ini anak-anak masak disuruh sekolah, kan enggak logis," ujar Pandu saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (18/6/2021) siang.

Menurut rencana Kemendikbud, seluruh sekolah di Indonesia diharapkan dapat menggelar pembelajaran tatap muka terbatas pada tahun ajaran baru 2021/2022 yang dimulai pada Juli 2021. Baca juga: 12.624 Kasus Baru Covid-19 pada 17 Juni.

Pandu menyarankan, sekolah tatap muka sebaiknya bukan hanya ditunda, melainkan jangan dulu dilaksanakan. "Secara psikologis itu enggak mungkin dilaksanakan, orang semuanya lagi gawat kok. Jadi ya (sekolah tatap muka) tidak bisa dilaksanakan," kata dia. Terima kasih telah membaca Kompas.com.

Pemerintah daerah (Pemda) juga diminta untuk tidak mengizinkan penyelenggaraan sekolah tatap muka, apalagi melihat perkembangan kasus Covid-19 yang tengah melonjak seperti saat ini. Alasannya, jika sekolah tatap muka tetap digelar, dikhawatirkan terjadi penularan di antara siswa sekolah maupun guru-guru yang mengajar. "Tetapi misal (Pemda) tetap mengizinkan, kalau sekolahnya enggak mau, ya enggak usah dilakukan," ujar Pandu.

"Risiko terberatnya ya kalau keluar rumah lalu berkerumun, apa yang terjadi? Akan terjadi penularan. Artinya jika tetap dilakukan, akan berbahaya untuk anak-anak, untuk keluarganya, guru-guru yang mengajar juga," kata dia.

Alarm Dihubungi secara terpisah, epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman, juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, kembali melonjaknya kasus Covid-19, dapat dijadikan sebagai alarm peringatan agar menghentikan sejumlah aktivitas. "Meledaknya kasus dan meningkatnya angka hunian rumah sakit, itu adalah pertanda bahwa bukan hanya sekolah ya, tapi aktivitas sosial ekonomi harus berhenti," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Strategi yang benar, kata Dicky, dengan memutuskan untuk menunda terlebih dulu pembelajaran tatap muka. Berikutnya, pemerintah harus melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengerem laju penularan virus corona. "PSBB ini yang harus dilakukan, itu yang benar, tetapi ketika hanya mengatakan bahwa sekolah ditutup tapi aktivitas lain dibuka, itu salah besar," kata dia. Baca juga: Aturan Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli: Jumlah Murid, Jadwal, dan Durasi Pelajaran

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Sekolah Tatap Muka Berbahaya, yang Kerja Saja Disuruh WFH Kok"", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/202...kok-?page=all.
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Semua ahli kesehatan dan pemerintah daerah udah menolak sekolah tatap muka. Kalau Nadiem terus memaksakan, berarti dia memang bebal dan enggak pantas jadi mendikbud.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
kayaknya pemerintah udah serba salah, apa yang harus dilakuin.

ekonomi udah keteteran, langkah apa lagi yang mau diambil . . . .

covid, mengganas dengan varian baru.

dan satu hal yang seharusnya diperhatikan, dalam hal penanganan covid, masyarakat seolah "tak acuh" dengan himbauan pemerintah. apa penyebabnya?


dalam covid begini, udahlah, tak perlu maksain sekolah tatap muka, sekolah secara daring juga udah bagus, yang penting kembangkan terus metode yang ada.
berfikir secara out of the box lah istilahnya.
profile-picture
profile-picture
Razhad dan ksatriabajaputi memberi reputasi
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic


dari awal penanganan udah salah...mustinya contoh wuhan...begitu virus mulai nyebar langsung lockdown...tapi pemerintah enggak mau karena banyak prioritas lain seperti bangun ibukota dan butuh duit......jadinya gini...serba nanggung...
profile picture
@Kuratif
udah lookdown kok . . . .
wk wk wk wk wk wk wk wk wk
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@The.Lord.of.Uni indonesia blom pernah karantina wilayah (lockdown)
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
Hoam. Lockdon gak efektif.
Tengok aja tetangga elu.
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo ngomong tanpa dasar emoticon-Stick Out Tongue

https://www.liputan6.com/global/read/4582763/kasus-covid-19-malaysia-turun-saat-lockdown-indonesia-malah-melonjak
profile picture
Emang sebener nya lockdown harus nya, kalo ga salah daerah istimewa yogya mau siap siap lockdown
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
@Kuratif nggak usah denial. Kasusnya pernah melonjak kan?
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo melonjak karena lockdown dilepas padahal belum bersih, bukan krn melonjak saat lockdown emoticon-Ngakak

jgn jadi katak dalam tempurung lah emoticon-Ngakak
profile picture
Razhad
kaskus maniac
@daddydaddydoo yahelah cebong goblog penjilat pantat kodok detected.
profile picture
Razhad
kaskus maniac
@Kuratif kacangin ae bray orang idiot
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
Ya elu juga sama.
Gak pernah keluar rumah.
Makanya gak tahu kalau semua udah banyak yg WFO100%

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
@Razhad gak bisa debat auto buzzer. Mantap emoticon-Wowcantik

Khas SOP orang yg gak pernah keluar rumah. Makanya gak tahu di luar rumah elu itu orang setiap hari pergi kerja masih pada sehat. 3M sangat efektif kok.

Saya yakin ortu elu juga keluar rumah setiap hari gak kenapa kenapa.
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo bego....WFO 100%? lu tau gak yang WFO itu berapa banyak kena covid? uda ribuan orang...jgn baca berita di kaskus doang makanya...
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
@Kuratif hoam kena kena sih kena
tapi OTG

makanya keluar rumah dong, jangan kayak anak ansos
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo banyak yang bergejala kok...kemana aja lu? btw, OTG tetap bisa nularin. otak lu dmn? emoticon-Ngakak

jgn ngumpet di dalam selimut dulu makanya...
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
@Kuratif Hoam yang bergejala juga mayoritas ringan,

kasihan bangat elu di rumah terus, jadi gak pernah lihat realita.
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo ringan pala lu gembos emoticon-Ngakak

sekali2 keluar liat keadaan rumah sakit sekarang kyk apaan. jgn jadi hikikomori yang ngaskus di atas kasur... emoticon-Ngakak
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
@Kuratif
elu kali yang hikikomori, tahunya cuman dari media doang.
emoticon-Cape d...

Coba tanya ama pedagang yg di luar sono, pernah kagak sakit?

ibu kantin langganan saya masih sehat sampai sekarang,

karena taat prokes 3M.
profile picture
TS Kuratif
kaskus holic
@daddydaddydoo jelas lu yang hikiko mori, keluar kamar cuma buat makan dan minum doang kan lu? boker dan pipis pasti di pispot krn males keluar dan nanggung ngaskus emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 19 dari 19 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di