CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Arsitektur /
Selain Menghemat Ruang, Kamar Tidur Bersama Bikin Hubungan Adik-Kakak Semakin Akrab!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c328fa8026aa539f5de04a/selain-menghemat-ruang-kamar-tidur-bersama-bikin-hubungan-adik-kakak-semakin-akrab

Selain Menghemat Ruang, Kamar Tidur Bersama Bikin Hubungan Adik-Kakak Semakin Akrab!



Ukuran rumah yang terbatas tentunya membuat kita memutar otak dalam menciptakan dan mendesain setiap ruang di rumah kita. Salah satunya adalah dengan “menggabungkan” dua ruangan menjadi satu. Tentunya tak semua ruangan bisa dengan mudah disatukan, tapi bukan berarti tak ada ruangan yang bisa dijadikan satu.

Membuat kamar bersama untuk anak-anakmu merupakan salah satu cara menghemat ruang yang bisa Agan dan Sista lakukan. Selain bisa menghemat ruang, kamar bersama ini bisa juga bisa membuat hubungan adik-kakak semakin erat dan membuatnya lebih akrab.

Nah, dalam mendesain kamar bersama ini ada hal-hal yang harus kalian lakukan dan perhatikan, GanSis.



Libatkan Anak-anakmu



Kamar tersebut adalah kamar anak-anakmu, bukan kamar kamu, GanSis. Jadi sudah seharusnya kalian ikut melibatkan anak-anakmu dalam mendesain kamarnya. Bukan berarti diserahkan sepenuhnya ke anakmu ya, kan anakmu masih kecil. Kamu bisa menanyakan gambaran besar tentang kamar impian mereka yang kemudian kamu sesuaikan dengan budget dan furnitur yang ada. Oh iya, kalian juga bisa melibatkannya dalam memilih warna cat/wallpaper, hiasan dinding, seprai, hingga selimut yang akan mereka gunakan.


Hadirkan Sudut Kepribadian



Karena kamar ini adalah kamar bersama, tentunya konsep kamar dalam satu ruangan tersebut memiliki satu konsep utama. Tapi meskipun begitu, anak-anakmu pasti punya kepribadian yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jadi dalam kamar tersebut, sebisa mungkin kalian menyediakan “area” untuk dihias oleh anakmu sesuai dengan kepribadiannya ya.


Adanya Area Pribadi



Nah, area pribadi ini juga penting banget nih, GanSis. Jadi di sini kalian harus bisa menyediakan area pribadi untuk masing-masing anakmu. Area pribadi ini bisa berupa tempat belajar, tidur, hinga tempat menyimpan barang-barang mereka secara pribadi. Jangan mentang mentang kamarnya gabung, semuanya jadi gabung juga yaa. Meskipun masih anak-anak, terkadang mereka juga pasti butuh privasi. Oh iya, hal ini juga mengajarkan anakmu untuk lebih tanggung jawab terhadap barang-barang pribadinya.


Terapkan Aturan



Bukan anak-anak namanya kalau ga suka rebutan barang, ga mau ngalah, dan berantem. Nah, sebelum semua hal tersebut terjadi saat mereka memiliki satu kamar bersama, ada baiknya kalian memberikan aturan-aturan dasar terhadap anak-anakmu. Kalian bisa mengatakan bahwa masing-masing anak harus tanggung jawab dengan barang pribadi masing-masing, dan harus menghargai privasi serta barang milik saudaranya. Jangan sampai mentang-mentang satu kamar dan tak ada aturan, mereka jadi seenaknya dengan barang mereka dan barang saudaranya tanpa adanya rasa tanggung jawab.


Ajarkan Anak Soal Berbagi



Hal yang harus kalian tekankan kepada anak-anakmu adalah sifat untuk saling berbagi. Yap! Meskipun anak-anakmu memiliki barang pribadinya masing-masing, tapi memiliki kamar bersama pasti membuat anak-anakmu memiliki barang yang harud digunakan bersama. Nah, sebelum terjadi kekacauan dan pertengkaran, kalia harus bisa mengajarkan arti berbagi dulu teradap anak-anakmu agar tidak ada pertengkaran-pertengkaran di kemudian hari karena berebutan barang.



Itu dia beberapa hal yang bisa kalian perhatikan saat menciptakan dan mendesain kamar tidur bersama bagi anak-anakmu. Semoga bermanfaat ya, dan semoga anak-anakmu tetap rukun dan hubungan persaudaraannya semakin erat!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 5 lainnya memberi reputasi
Bermanfaat
profile-picture
l3zt1 memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di