CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Sepetak Sawah dan Toko Kecil, Investasi Ane Untuk Masa Depan Anak-anak.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c3f5b07bf67d753365a0eb/sepetak-sawah-dan-toko-kecil-investasi-ane-untuk-masa-depan-anak-anak

Sepetak Sawah dan Toko Kecil, Investasi Ane Untuk Masa Depan Anak-anak.




Assalamualaikum, Gansis.
Jumpa lagi di tulisan ane kali ini.
Salam sejahtera.

Makin tidak menentunya situasi dunia saat ini, tentu membuat kita harus berpikir ulang tentang planning yang sempat terpikir sebelumnya, terutama tentang investasi. Kenapa sih, kita harus memikirkan hal itu? Toh, rezeki manusia itu sudah ada yang mengatur. Rezeki tidak datang dengan sendiri, melainkan kita yang harus menjemputnya.



Bagi beberapa orang, bentuk investasi berupa sejumlah uang atau barang dan sebagainya. Tetapi untuk ane yang nota bene tinggal di sebuah kampung pinggiran dan agak terpencil dari kota besar, sepetak sawah adalah harta yang sangat berharga. Meskipun luas sawah yang tidak seberapa, tapi ini adalah bentuk investasi buat ane dalam menopang kehidupan di masa datang. Terutama #CuanXtra untuk masa depan anak-anak ane.

Selain ditanami padi yang bisa menjadi sumber pangan ane setiap musim panen, pada sebagian letaknya pun ane gunakan sebagai tempat usaha. Beruntungnya lokasi sawah ane berada di dekat jalan desa, jadi ane memanfaatkannya untuk membangun sebuah toko kecil-kecilan yang bisa ane gunakan untuk mencari rezeki lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlihat sangat sederhana, tapi Insya Allah ini adalah jalan buat ane untuk menjalani kehidupan sekaligus berjuang demi masa depan anak-anak kelak.

Spoiler for Sepetak sawah ane:


Ane adalah orang awam yang hanya mengerti tentang bagaimana menyisihkan sebagian penghasilan untuk di simpan atau pun ditabung untuk investasi dalam bentuk uang. Jadi ane juga menyimpan uang sedikit demi sedikit di sebuah Bank sebagai jaminan jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya mendesak dan keperluan biaya sekolah anak. Karena penghasilan ane sebagai pedagang kecil sekaligus petani itu tidak bisa dipastikan alias tidak menentu.

Spoiler for jualan ane:


Sepetak sawah ane, akan menghasilkan bulir padi di masa panen, kurang lebih setelah tiga sampai empat bulan masa tanam. Jika beruntung, ane bisa mendapatkan hasil lebih yang bisa disimpan dan ditabungkan. Tetapi jika musim panen sedang tidak bagus, setidaknya stok beras ane pun masih tetap aman sampai musim panen yang selanjutnya. Selain padi, di belakang toko ane pun bisa ditanami beberapa jenis sayur-mayur. Tanaman cabai, tomat, kemangi, kangkung, bayam dan lain sebagainya. Sementara kebutuhan sehari-hari pun, ane juga mengandalkan hasil dari ane berjualan di toko. Meski bukan toko serba lengkap, tapi setidaknya mampu memenuhi keperluan ane dan anak-anak setiap harinya. Apa saja bisa menjadi jalan untuk kita mendapatkan #CuanXtra selama kita mau dan mampu berusaha. Intinya mau dan jangan merasa malu.



Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana ane menerapkan tentang pentingnya investasi sejak dini. Bagaimana pun kebutuhan hidup terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jika tidak memaksakannya sekarang, akan sangat sulit bagi kita untuk bertahan ke depannya. Tetap semangat berusaha dan terus berdoa. Insya Allah kita bisa.

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

Penulis : @alunaziya
Sumber : opri dan dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 69 lainnya memberi reputasi
anaknya satu-dua oke, lebih dari itu tetep ada potensi perang saudara..........................opini aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amenoame dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Perang gimana, maksudnya?

Tanamkan prinsip prihatin dan rasa malu untuk meminta-minta, insya Allah tidak ada yang namanya perang saudara.

Mau sesuatu, usaha! Bukan hanya bisa berharap sambil menengadahkan tangan.

Just my opinion😘
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@alunaziya ya masa depan ga ada yang bisa nebak juga, apalagi soal duit dan harta warisan emoticon-Big Grin
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Justru itu.
Ajarkan anak untuk mencari sendiri, bukan mengharap warisan.

Kalau pun memang harus dijual, toh bisa dibagi sesuai dengan jumlah anak toh?
Ndak mungkin semua anak memiliki tabiat merongrong, pasti ada satu atau dua yang berpikir sehat.

Wallahualam ☺️
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@alunaziya errr...perang saudara bisa terjadi mau anak sukses atau ngga...mau anaknya bener atau terdidik sekalipun, namanya juga kemungkinan....intinya sebaik apapun ortu mendidik tetep bukan jaminan pasti, tapi ya kemungkinan buruk tentunya jadi kecil probabilitasnya emoticon-Thinking
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Bukankah ini soal investasi?

Mungkin jika sawah, identik dengan harta warisan. Tetapi balik lagi ke investasi itu sendiri.
Sawah itu ibarat 'emas hitam'.
Tidak akan rugi jika memilikinya sekarang.
Seperti itu☺️
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@alunaziya ha itu ada tulisannya untuk masa depan anak-anak, ya jelas masa depan anak2 itu belum tentu ga ada apa2nya toh...arogan banget bilang udah pasti ga bakal ada apa2 di masa depan abis investasi....mau contoh ekstrimnya ya itu kasus asuransi jiwasraya...emoticon-Ngakak
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Lhoh?

Kenapa merembet kemane-mane, Gan?😅
Arogan sebelah manenye?

Ini kan, yang dibahas soal investasi.
Okelah kalau investasi memang tidak menjamin masa depan anak seratus persen, tapi setidaknya kan kita punya simpanan (jaminan) gitu, loh.

Lagi pula yang ane bahas kan soal investasi pribadi, bukan per-lembagaan seperti yang ente sebut di atas

Investasi, Gan.
Sekali lagi investasi.
Itu milik ane pribadi, jadi lebih kecil potensi 'kejeblos' seperti yang ente sebutkan.

Seperti itu, Gan.
Oke?

Piss!✌️
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@alunaziya iya itu udah dijelasin cuma probabilitas, investasi bagus dan bikin kemungkinan jelek jadi kecil tapi ya tetep ada potensi kejeblos, dan iya investasi itu ujungnya bakal merembet ke mana2 karena itu hubungannya soal duit, dan duit itu macem2 instrumennya dari properti, skill, surat hutang apa lah.....emoticon-Thinking
profile picture
dearond
aktivis kaskus
kayak sodara istri ane sampe mau bunuh2an gegara warisan tanah emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
kocak klo gw lihat udah kayak game taken saat mau bacok2an emoticon-Leh Uga
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
Jadi inget kata2 mertua ane "Warisan ga usah kalian pikirkan... Yg penting kalian sesama sodara rukun"

Alhamdulillah semua anak2nya udah pada mapan, rmh mertua dipegang ama kakak kedua bwt tmpt ngumpul lebaran
profile picture
seadust
kaskus addict
tinggal bagi2 sebelum mati aja biar ga berebut.. langsung pecah biar ga pusing.. tapi itu kalau umur dikasih panjang sampai 60 thn ya.. kalau tiba2 dipanggil ya berserah aja.. semoga hartanya dibagi rata..
kadang anak ga berebut, cucu yg berebut..
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Astagfirullah

Pada mikir horor pada, nih😅

Ane bismillah-nyq janganlah.
Anak ane dua, cewek semua.
Mudah-mudahan mereka akur rukun dan damai sampai bila-bila.

Aamiin🙏✌️❤️❤️❤️
profile picture
gondez2011
kaskus addict
Yg sabar ya mbak TS. Nurut ane TS ini sdh bener, apalagi sebagai cewek.
Bagus banget sdh starting ngumpulin materi buat anak, mulai dari sedikit2.
Toh paralel sambil mendidik anak agar mindsetnya lurus & tidak terjebak konflik gara2 warisan. Ngurus dunia sempet, urusan akhirat dapet.
profile picture
TS alunaziya 
KASKUS Plus
Ngalap berkah aja.
Kewajiban orang yang masih hidup kan berusaha.
Soal nantinya menjadi harta warisan yang diperebutkan, biarlah menjadi urusan yang hidup saja.
Naudzubilah🙏
profile picture
theone222
aktivis kaskus
@alunaziya @hhendryz Agan sama saudaranya ga akur ya?
profile picture
lunar1980
kaskus geek
@alunaziya benar. ajarkan untuk mencari dan bukan meminta. sangat setuju saya dengan opini sista.
profile picture
cewieClown
kaskus addict
Heran...kok banyak yg mikir aneh2 ke depannya...ya memang masa depan gada yg tahu. Tapi kalau anak dididik benar...bisa akur dari kecil...sampai gedepun ga akan ada aneh2. Kaya suami ane. Mertua meninggal..ya gada tuh yg rebutan tanah atau rumah peninggalan. Malah ridho kalau rumah dan tanah dikasih ke ponakan yg yatim (kakak ke-2 suami udah ga ada)...Semua sudah berkeluarga sendiri2 juga, punya sumber rejeki sendiri. Yang suka rebutan itu mentalnya pengemis. Ngarep gratisan mulu.
profile picture
theone222
aktivis kaskus
@cewieClown yg mikir aneh2 banyakan nonton sinetron bun. Ya meskipun di dunia nyata ada, tp presentasenya kecil.
profile picture
@alunaziya santai aja gan.. yang bersangkutan kan sedang ber opini... kan dijelaskan di atas... hehe
profile picture
lunar1980
kaskus geek
@cewieClown kompleks Gan. yang disampaikan TS ini ada benarnya. hanya saja orang tua sudah berusaha (pasti orang tua mendidik dengan baik kan), namun anak bisa berubah seiring berjalannya waktu, karakter dan terutama pengaruh dari pasangan hidupnya. Ini yang saya alami di keluarga besar kita. Namun puji Tuhan, sejak kecil saya dididik Ibu saya untuk mencari dan bukan mengharapkan.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 41 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di