CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Sepetak Sawah dan Toko Kecil, Investasi Ane Untuk Masa Depan Anak-anak.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c3f5b07bf67d753365a0eb/sepetak-sawah-dan-toko-kecil-investasi-ane-untuk-masa-depan-anak-anak

Sepetak Sawah dan Toko Kecil, Investasi Ane Untuk Masa Depan Anak-anak.




Assalamualaikum, Gansis.
Jumpa lagi di tulisan ane kali ini.
Salam sejahtera.

Makin tidak menentunya situasi dunia saat ini, tentu membuat kita harus berpikir ulang tentang planning yang sempat terpikir sebelumnya, terutama tentang investasi. Kenapa sih, kita harus memikirkan hal itu? Toh, rezeki manusia itu sudah ada yang mengatur. Rezeki tidak datang dengan sendiri, melainkan kita yang harus menjemputnya.



Bagi beberapa orang, bentuk investasi berupa sejumlah uang atau barang dan sebagainya. Tetapi untuk ane yang nota bene tinggal di sebuah kampung pinggiran dan agak terpencil dari kota besar, sepetak sawah adalah harta yang sangat berharga. Meskipun luas sawah yang tidak seberapa, tapi ini adalah bentuk investasi buat ane dalam menopang kehidupan di masa datang. Terutama #CuanXtra untuk masa depan anak-anak ane.

Selain ditanami padi yang bisa menjadi sumber pangan ane setiap musim panen, pada sebagian letaknya pun ane gunakan sebagai tempat usaha. Beruntungnya lokasi sawah ane berada di dekat jalan desa, jadi ane memanfaatkannya untuk membangun sebuah toko kecil-kecilan yang bisa ane gunakan untuk mencari rezeki lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlihat sangat sederhana, tapi Insya Allah ini adalah jalan buat ane untuk menjalani kehidupan sekaligus berjuang demi masa depan anak-anak kelak.

Spoiler for Sepetak sawah ane:


Ane adalah orang awam yang hanya mengerti tentang bagaimana menyisihkan sebagian penghasilan untuk di simpan atau pun ditabung untuk investasi dalam bentuk uang. Jadi ane juga menyimpan uang sedikit demi sedikit di sebuah Bank sebagai jaminan jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya mendesak dan keperluan biaya sekolah anak. Karena penghasilan ane sebagai pedagang kecil sekaligus petani itu tidak bisa dipastikan alias tidak menentu.

Spoiler for jualan ane:


Sepetak sawah ane, akan menghasilkan bulir padi di masa panen, kurang lebih setelah tiga sampai empat bulan masa tanam. Jika beruntung, ane bisa mendapatkan hasil lebih yang bisa disimpan dan ditabungkan. Tetapi jika musim panen sedang tidak bagus, setidaknya stok beras ane pun masih tetap aman sampai musim panen yang selanjutnya. Selain padi, di belakang toko ane pun bisa ditanami beberapa jenis sayur-mayur. Tanaman cabai, tomat, kemangi, kangkung, bayam dan lain sebagainya. Sementara kebutuhan sehari-hari pun, ane juga mengandalkan hasil dari ane berjualan di toko. Meski bukan toko serba lengkap, tapi setidaknya mampu memenuhi keperluan ane dan anak-anak setiap harinya. Apa saja bisa menjadi jalan untuk kita mendapatkan #CuanXtra selama kita mau dan mampu berusaha. Intinya mau dan jangan merasa malu.



Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana ane menerapkan tentang pentingnya investasi sejak dini. Bagaimana pun kebutuhan hidup terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jika tidak memaksakannya sekarang, akan sangat sulit bagi kita untuk bertahan ke depannya. Tetap semangat berusaha dan terus berdoa. Insya Allah kita bisa.

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

Penulis : @alunaziya
Sumber : opri dan dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 69 lainnya memberi reputasi
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di