CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Makassar /
Belajar Menikmati Hidup di Pulau Kapoposang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b4e0a3512f861a4b471040/belajar-menikmati-hidup-di-pulau-kapoposang

Belajar Menikmati Hidup di Pulau Kapoposang


Quote:


***

Perjalanan ke Pulau Kapoposang ini tanpa rencana maupun ekspektasi. Saya sama sekali tidak tahu apa yang ada di sana. Kawan saya Dedi, yang merayu untuk ke Kapoposang, hanya bilang bahwa kami akan ke kampung halaman temannya yang sekarang menjadi Kepala Desa Mattiro Ujung, wilayah desanya meliputi Pulau Kapoposang dan Pulau Papandangan. Tapi, katanya di sana listrik hanya berasal dari panel surya. Dan sinyal internet juga tergantung cuaca.





Jarak Pangkep kota dengan Pulau Kapoposang sekitar 40 mil. Rata-rata waktu tempuh 4-5 jam dalam kondisi normal. Tapi, kami sedang berada di kondisi tidak normal. Jadi, menurut perkiraan, perjalanan akan memerlukan waktu sekitar 6 jam. Untuk menuju ke Pulau Kapoposang menggunakan perahu nelayan berbadan kayu biasa disebut joloro. Perahu tipe 2 GT ini jamak dijumpai di perairan Sulawesi. Panjangnya sekitar 15-20 meter dan lebarnya bisa mencapai 1,5 meter. Berhubung bukan didesain untuk penumpang, perahu yang saya naiki ini ibarat mobil bak terbuka yang lapang dengan segala macam isinya. Perlu kemampuan khusus untuk memosisikan diri tidur dengan nyaman di antara jeriken solar, kardus, dan karung logistik.


Quote:


Setelah sandar di pantai, saya disambut pemandangan pohon sukun yang diameternya mungkin cukup untuk dipeluk 3-4 orang. Usianya mungkin sudah ratusan tahun, seperti pohon beringin tua. Dan, hebatnya lagi, ternyata tidak hanya ada satu atau dua pohon sukun berukuran super jumbo di pulau ini—ada lebih dari sepuluh!



Spoiler for Pohon Sukun Raksasa:


Yang semula dijadwalkan seminggu berkunjung, sekarang sudah lebih dari setahun saya tinggal di pulau ini. Tak ada alasan khusus untuk tinggal menetap di pulau ini. Dengan berbagai kondisi dan keterbatasan, pulau ini memang tak jauh beda dengan pesisir-pesisir daerah lain. Tapi disini saya mendapatkan banyak pembelajaran apalagi tepat dengan kondisi pagebluk corona saat ini.



Quote:




Quote:



Quote:





Quote:




Quote:




Quote:




Kalau dipikir-pikir, tak akan sulit jika diberlakukan lockdown di Pulau Kapoposang, sebab pada dasarnya masyarakat di pulau cukup mandiri. Hidup di tempat yang jaraknya jauh dari Pangkep atau Makassar, mereka terbiasa bertahan dengan kondisi yang serba terbatas. Saat musim barat, misalnya, bisa hampir sebulan orang Kapoposang tidak keluar pulau.


Ketika dunia dilanda wabah seperti ini, anjuran untuk menjarakkan diri dengan dunia luar tidak terlalu jadi masalah untuk mereka. Yang perlu dilakukan warga justru bagaimana membuat orang sementara tak mampir dulu ke pulau.


Quote:



Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
hudazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh SyuKroN
Thread nya bagus banget, mod.

Bikin ane teringat kenangan 3 tahun lalu di Kapoposang. Sebuah pulau yang masih jauh dari jamahan oleh orang asing. Benar-benar sebuah surga tersembunyi.
Btw, saat ane diajak ke sana, sepertinya sudah berencana dibuka menjadi tempat wisata. Sekarang melihat foto momod, terlihat sudah banyak perubahannya.

Spoiler for ikan:


Oya yang tidak akan terlupakan itu, masakan si ibu yang enak banget, ikan bumbu coklat, seperti resep toppalada diberi kecap manis hingga agak kecoklatan.

Ya disana ada VCO, seingat ane, peninggalan pengusaha Jepang. Dan ane sempat membawa pulang 1 jerigen, nekat angkut naik pesawat balik ke Jakarta hehe.

Spoiler for kelapa:


Spoiler for datuk:


Oya saat itu selain kepala desa, ada seorang Datuk yang dihormati. Kami dibawa ke pantainya yang indah.

Dan tidak jauh dari pulau, saat snorkeling dan nyelam, kami sempat juga melihat penyu dan baby shark. Dan banyak sekali ubur-ubur tanpa sengat seperti di Derawan, namun di sini ubur-uburnya berwarna pink. Unik!

Btw, saat itu kami LOB, kapal bersandar di depan pulau selama bbrp hari saja. Nikmat bener jauh dari keramaian kota, walaupun tanpa koneksi internet.

Spoiler for Kapal :
profile-picture
SuperDong memberi reputasi
Diubah oleh yo09
profile picture
TS SyuKroN
Moderator Kaskus
Ah sayang sekali tidak berjumpa kita
semoga ada kesempatan bertemu kembali emoticon-Angkat Beer
profile picture
yo09
Moderator Kaskus
@syukron emoticon-Shakehand2
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di