CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengintip Biaya Haji Indonesia dan Malaysia, Siapa yang Lebih Murah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bf316e68f4c2467d391ea2/mengintip-biaya-haji-indonesia-dan-malaysia-siapa-yang-lebih-murah

Mengintip Biaya Haji Indonesia dan Malaysia, Siapa yang Lebih Murah?

Ilustrasi/Foto: Shutterstock

Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan keberangkatan calon jemaah haji 2021 Indonesia batal. Keputusan yang disampaikan pekan lalu ini diambil karena kasus COVID-19 Indonesia masih tinggi.

Kasus harian di Indonesia rata-rata masih di atas 5.000 kasus. Kerajaan Arab Saudi juga belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Selain Indonesia yang selalu mengatur jemaah haji ke Tanah Suci, Malaysia, juga mengatur warga negaranya yang akan berangkat haji. Nah, berapakah ongkos haji di Indonesia dan Malaysia, siapa yang lebih mahal?

Dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (8/6/2021) untuk biaya haji di Indonesia sendiri terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berikut rincian biaya haji reguler sesuai dengan tempat embarkasi dan sesuai dengan regulasi pemerintah:

Embarkasi Aceh Rp 31.454.602
Embarkasi Medan Rp 32.172.602
Embarkasi Batam Rp 33.083.602
Embarkasi Padang Rp 33.172.602
Embarkasi Palembang Rp 33.073.602
Embarkasi Jakarta Rp 34.772.602
Embarkasi Kertajati Rp 36.113.002
Embarkasi Solo Rp 35.972.602
Embarkasi Surabaya Rp 37.577.602
Embarkasi Banjarmasin Rp 36.927.602
Embarkasi Balikpapan Rp 37.052.602
Embarkasi Lombok Rp 37.332.602
Embarkasi Makassar Rp 38.352.602


Kemudian, berapa biaya haji di Malaysia?

Mengutip dari website tabunghaji.gov.my, pemerintah Malaysia menetapkan biaya haji sebesar RM 9.980 atau Rp 34 juta (kurs Rp 3.464). Total biaya itu sudah termasuk biaya kos haji sebesar Rp 22.900 dan Tabungan Subsidi sebesar RM 12.920.

Sebagai informasi, jika untuk jemaah yang baru pertama kali akan berangkat haji, biaya haji di Malaysia sudah disubsidi oleh pemerintah lewat Tabung Haji, sebuah lembaga pengelola dana haji yang dibentuk pemerintah Malaysia.

Sementara untuk warga negara Malaysia yang berangkat haji kedua kalinya, dikenakan biaya sebesar RM 22.900 setara Rp 79 juta, biaya itu tanpa potongan subsidi.

Total biaya haji untuk yang baru pertama kalinya dan kedua kali, sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi. Lalu transportasi di Arab Saudi, kelengkapan haji, serta akomodasi hotel dan makan di Mekah dan Madinah.

SUMBER

Ternyata beneran d subsidi.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wetenggede dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
memang disubsidi om, wapres aja mengakui koq emoticon-Big Grin

tapi malaysia lebih cerdas, disana tabungan hajinya diputer buat investasi gan, mknya bisa untung dan subsidi warganya juga

disini mau diginikan, kadrun otak primitif kedjang2 emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
giliran abu tour sama first travel mingkem
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
Kalau lepas saja bagaimana.. pemerintah tak usah nngurusi dana haji..tapi pemerintah gak mau kan .
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@Nibrashilmy2 Pemerintah lepas dana haji, ntar gk bisa dikorupsi dong

emoticon-Leh Uga
profile picture
Bagusnya disana yg berulang auto mahal
profile picture
@Nibrashilmy2 @eltosicu3 Semua devisi pemerintahan punya mafianya masing masing yak gan
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@eltosicu3 @yanchespenda Ya I50 trilyun..sejuta dua juta semilyar seperti remah2 saja..
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@Nibrashilmy2 @yanchespenda ada gula ada semut, apalagi gulanya segunung, diambil 5 karung jg gak ada yg tau. Apalagi uangnya diinvestasikan, keuntungan investasi berapa jg gak ada yang tau

emoticon-Leh Uga
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
Gw setuju dilepas aja jadiin meknisme pasar...

Mulai dari konsensus aja lewat ormas islam besar, dari parpol islam semuanya harus bulat minta pemerintah ga usah urus haji...

Yanh haji kan itunganya orang mampu, silakhan upaya sendiri gimana caranya...

emoticon-Big Grin

profile picture
eltosicu3
kaskus addict
[mention]sir_bayou[/mention] mana mau pemerintah, duit aja kagak punya. Uang segitu besar masuk kantong milyaran jg masih receh.


profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
@eltosicu3

Posisi terbaiknya di konsumen, coba dimulai dari semua ormas islam, partai islam setuju enggak...

Inikan bukan soal pemerintah mau enggak, lu cek komentar gw...

semua jamaah 100% ambil dananya semuanya, terus bikin mekanisne pasar lewat swasta...

Gw malah setuju kayak gitu....

Pemerintah ga usah ikut ngurus soal haji lagi...

emoticon-Big Grin
profile picture
abas416
kaskus addict
[mention]sir_bayou[/mention] tapi bukannya tetep harus ngurus lewat pemerintah dulu ya? kan sekarang posisi pengurusan haji gitu2 di pemerintah, berart itetep kita harus minta pemerintah lepas itu, dia mau apa ngga?

klo gw sih pesimis pemerintah mau, kecuali paksaan banyak orang terutama rakyat. karena kaya yg dibilang diatas2, itu dana maen triliun loh. remah2nya aja miliaran kali. dan karena pelaksaan pertahun bayangin, gimana ga jadi ladang basah?

cuma emang klo diurus pihak 3 tetep aja bakal ada klo emang pengurusnya gitu, tapi enaknya ga suudzonan ke pemerintah
profile picture
.wendy.
kaskus addict
bukanya disini juga diputer ya
tapi ya main yg aman, kalo aman ya return nya dikit
profile picture
xerom
kaskus addict
Duit ratusan M masukin aja deposito, makan ajantuh tiap bulan bunga nya, kenyang kenyang wkwkwkwkw
profile picture
kudo212
kaskus geek
disini juga diputer buat investasi di pasar modal. karena kalo investasi di sektor riil itu ga likuid. dana ga bisa dicairkan sewaktu" karena nunggu ROI

kalau yg ente maksud investasi adalah nanem duit di proyek pemerintah itu jatuhnya investasi sekor riil, ga likuid

kalau ga paham lebih baik diam emoticon-Smilie
profile picture
kudo212
kaskus geek
@.wendy. dia itu gapaham, cuma gede bacot aja gan. biasa buzzer begitu emoticon-Smilie
profile picture
saudagarjujur
kaskus holic
ngurusin jiwasraya aja kolaps apalagi dana haji.
profile picture
@Nibrashilmy2 kl lepas diurus swasta bs bahaya gan. Kl pmerintah yg ngurus psti terjamin
profile picture
daddydaddydoo
kaskus maniac
Seperti yang ane bilang di atas.
Kalau swasta yg ngurus, siap siap abu tour jilid 2. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@beras.delanggu Sy itu berkomen bukan kata swasta/ private,,Tetapi Lembaga Independen...sy ambil contoh Singapura dan Malaysia,di Malaysia itu Dana Haji di bawah lembaga tabung haji,lembaga ini di bawah BUMN/glc,,,tetapi di negara luar itu BUMN itu beda dengan di sini,di sana itu independen..tidak di bawah kementerian.. pemerintah itu hanya sebagai supervisi,jadi tak ada kepentingan-kepentingan politik masuk,dalam pemilihan direktur, komisaris dll itu pakai kaidah meritokrasi..makanya BUMN di Singapura dan Malaysia itu bisa lumayan maju dan sebagai backbone ekonomi negara..dana haji itu tiap tahun akan bertambah..coba kita lihat di tempat kita pasti tiap RT ada yang mau daftar haji,ada yg daftar tunggu..
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@daddydaddydoo sy tak bilang swasta,tetapi lembaga independen.. pemerintah sbg supervisi..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 24 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di