CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngakak, Pengadilan Tuntut Apple Karena Gugatan Pembeli Tidak Ada Chargernya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b9bdaee78f1231f241c5b2/ngakak-pengadilan-tuntut-apple-karena-gugatan-pembeli-tidak-ada-chargernya

Ngakak, Pengadilan Tuntut Apple Karena Gugatan Pembeli Tidak Ada Chargernya

Foto ilustrasi Apple digugat | teknosignal.com

Pengadilan di Brasil telah menuntut raksasa teknologi Amerika Serikat yaitu Apple untuk mengirimkan pengisi daya (charger) secara gratis kepada penggugat yang baru membeli iPhone 12.

Mariana Morales Oliveira, dari Sao Paulo, Brasil, dikabarkan sangat marah dan kesal setelah membeli iPhone 12 baru tanpa disertai dengan pengisi daya bawaan yang pada umumnya disertakan di dalam kotak gadget. Atas kekesalannya Mariana pun langsung pergi ke pengadilan untuk mengajukan gugatan terhadap "Apple" karena tidak menyediakan pengisi daya bawaan.

Pengacara yang mendampingi Mariana Oliveira mengatakan, kliennya harus membeli pengisi daya secara terpisah yang mengharuskan mengeluaran biaya lebih. Seperti yang diketahui jika perusahaan Apple yang berbasis di Amerika Serikat itu memang sudah tidak menyediakan pengisi daya di dalam kotak ponsel baru sejak seri iPhone 12 di luncurkan.

Apple pernah mengungkapkan alasan mereka tidak menyediakan pengisi daya bawaan pada ponsel baru. Karena limbah adaptor pengisi daya yang rusak dapat menimbulkan kekhawatiran tentang pencemaran lingkungan.

Foto ilustrasi Apple digugat | solopos.com

Namun, pengacara Mariana Morales berkata, jika itu adalah alasan dan masalahnya lantas kenapa perusahaan Apple tidak berhenti memproduksi pengisi daya sama sekali? Dan buktinya perusahaan Apple sampai sekarang masih tetap menjual pengisi daya iPhone secara terpisah.

Dengan pernyataan yang diberikan pengacara Mariana kepada hakim dan pengadilan pun akhirnya menyetujui pengaduan penggugat. Dan hasil keputusannya pengadilan adalah memerintahkan dan memaksa perusahaan Apple untuk mengirimkan pengisi daya kepada Mariana Morales Oliveira dalam waktu sepuluh hari, dan jika perusahaan Apple melakukan penundaan untuk pengiriman setiap harinya, maka Apple akan didenda $38 atau sekitar 540 ribu rupiah perhari, dengan denda maksimum sekitar $950 atau setara 13 jutaan rupiah.

Menurut para pakar hukum, pengadilan di Sao Paulo, Brasil sudah melakukan blunder dalam mengambil keputusan. Pakar hukum mengatakan, jika putusan pengadilan menetapkan Apple bersalah maka akan muncul dampak yang sangat serius di mana jutaan pengguna iPhone 12 yang sudah membeli berhak mengajukan tuntutan hukum serupa terhadap Apple dengan berlandaskan keputusan pengadilan yang memenangkan gugatan Mariana Morales Oliveira.

Foto ilustrasi Apple digugat | tek.id

Pengamat hukum berbicara, tidak adak kaitannya penjualan produk Apple terutama iPhone 12 yang melakukan pelanggaran hukum, itu murni hak perusahaan menjual atau tidak, dilengkapi asesoris atau tidak, jadi tidak ada kaitannya dengan melanggar hukum.

Terkecuali pembeli membeli iPhone 12 baru di toko resmi Apple tapi isinya ternyata berbeda, ini yang baru bisa dinyatakan menyalahi hukum. Apple juga sudah Lama merilis iPhone 12 berikut keterangan di website resminya, dan juga sudah banyak diliput media tentang pengisi daya yang terpisah.

Mungkin kuasa hukum Apple akan menyikapi gugatan ini untuk dilakukan peninjauan kembali.



Referensi: gizchina.com - IPHONE 12: BRAZILIAN WINS LAWSUIT AGAINST APPLE AND WINS CHARGER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viqririatra dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Ya itu haknya apple sih mau jual apa engga. Gak ada unsur pelanggaran hukum menurut ane emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
juniorjack dan Sambelterasi052 memberi reputasi
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
Aslinya gak ada Gan, uniknya hakim yang buat putusan itu menanggapi penggugat, jadi blunder deh emoticon-Ngakak
profile picture
ram.deuter
kaskus maniac
@Sambelterasi052 makanya itu. Kok bisa hakimnya bikin keputusan aneh yak emoticon-Ngakak
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@ram.deuter lagi mabok kali hakimnya Gan emoticon-Ngakak
profile picture
ram.deuter
kaskus maniac
@Sambelterasi052 wakakaka mabok kecubung kayanya
profile picture
Perlindungan konsumen itu hukum yg umum, dimana-mana juga ada, Indonesia aja orang nya gampang legowo wkwk emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile picture
sammyceng
kaskus addict
yang gw soroti

"Namun, pengacara Mariana Morales berkata, jika itu adalah alasan dan masalahnya lantas kenapa perusahaan Apple tidak berhenti memproduksi pengisi daya sama sekali? Dan buktinya perusahaan Apple sampai sekarang masih tetap menjual pengisi daya iPhone secara terpisah."

kalau bener memang apple nya bener2 kebangetan
profile picture
KyraAltair
kaskus maniac
ya enggak lah bos, coba lw beli barang elektronik yang menggunakan baterai tapi gak dikasih charger, atau beli elektronik yang menggunakan listrik tapi colokannya gak ada

apalagi alasannya sangat mengada-ada, karena semua orang juga tahu pasca Steve Jobs modar itu Apple bener2 jadi greedy af, jualan apapun kalau bisa terpisah-pisah dan dikasih harga yang amat absurd

tar lama2 Ipon 30 yang dijual cuma LCDnya doank kali, sisanya beli terpisah, rakit sendiri, alasannya mengurangi konsumsi energi dan SDA untuk perakitan, karena zaman itu udah serba robot
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@sirajuddinhakim perlindungan konsumen berlaku jika barang yang yang dibeli tidak sesuai dengan keterangan, harga wajar, cacat fisik maupun malfungsi. Apple secera jelas tertulis "menjual Carger pada produk iPhone 12 keatas Secara terpisah"

Jadi tidak ada paksaan produsen kepada konsumen untuk membeli produk mereka.

Quote:


profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@KyraAltair iya Gan, teknik marketing mereka luar biasa emoticon-Takut memanfaatkan produk elit mereka yang notabene dibeli orang yg memiliki uang lebih
profile picture
KyraAltair
kaskus maniac
@Sambelterasi052

hus kata siapa dibeli orang yang memiliki uang lebih

more like dibeli sama orang memiliki kecerdasan yang kurang

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk

ada lo yang gaji cuma 3-4 jutaan bela2in minjem CC temen kantor buat beli Iphone XS dulu waktu baru-baru keluar

korban pergaulan, dan BPJS
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@KyraAltair oya juga ya Gan, emoticon-Ngakak
profile picture
@Sambelterasi052 Otak lo blunder, lo liat lah jawaban si apple. Dengan alasan mengurangi limbah ? Like WTF?!?!?

Ngurangin limbah pemahaman nenek lo kali, dijawab sama penggugatnya bahwa alasannya itu ga logis makannya dikabulkan permohonan si penggugat.

Lagian apple bakalan merosot, inovasi mereka udah basi. Orang cina maupun korea mereka lebih prefer produknya sendiri.
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@cendolbasi7 ngeri kali bahasanya, baru kena PHK ya kok emosional banget bahasanya.

Itu pengamat hukum juga sudah bicara tentang keputusan pengadilan, dan jika itu valid kesalahan Apple, tentunya Apple menanggapi keputusan pengadilan.

Kalau elo tak terima pernyataan apple tentang Apple jangan ke saya marahnya, ke apple tu ada layanan CS nya.

emoticon-Ngakak
profile picture
@Sambelterasi052 iya di Indonesia kan jelek hukum perlindungan consumer nya contohnya banyak kok:

Universal charger EU
right to repair

Perlindungan konsumen ga terbatas di "lu ga mau beli yaudah"
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus maniac
@sirajuddinhakim kalau saya sih gak paham tentang hukum, terutama dibidang konsumen.

Ya pastinya, "ada aksi pasti ada reaksi",

Setiap produk tentunya memiliki sertifikat, garansi, Spesifikasi, jenis produk dan fungsi produk, komposisi (untuk makanan), tgl pembuatan dan expired hukumnya adalah wajib bagi produsen untuk mencantumkannya dengan jelas di kemasan atau dus produk.

pembeli (konsumen) berhak membaca keterangan produk sebelum membeli, dan pembeli berhak bertanya-tanya tentang produk meskipun tidak membeli.

Tapi untuk Kasus ini memang Dimenangkan oleh sipengugat, dan keputusan ini juga berdampak bagi Apple, dimana Apple wajib menyediakan charger disetiap box baru, khusus di kota sao Paolo saja
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 15 dari 15 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di