CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Risma Mengaku Ditekan soal Hapus 21 Juta Data Ganda Bansos
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b8f75403c6707c9514671e/risma-mengaku-ditekan-soal-hapus-21-juta-data-ganda-bansos

Risma Mengaku Ditekan Soal Hapus 21 Juta Data Ganda Bansos



Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku mendapat tekanan terkait penghapusan 21 juta data ganda penerima bantuan sosial Kemensos. Hal ini Risma ungkapkan dalam rapat kerja antara Kemensos dengan Komisi VIII DPR RI, Kamis (3/6).

"Terus terang, Pak, data ini banyak sekali tekanan saya harus jelaskan. Saya harus jelaskan," kata Risma.

Awalnya, beberapa anggota Komisi VIII DPR RI mencecar Risma terkait kejelasan dan asal muasal 21 juta data ganda yang ia hapus.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku melaporkan masalah data ganda tersebut ke Presiden Joko Widodo terlebih dahulu sebelum akhirnya berani merilis data ganda itu.

"Sekali lagi, Pak, banyak, jadi harus saya sampaikan, saya sudah laporkan ke Pak Presiden ini semua. Jadi kemudian akhirnya saya beranikan mengeluarkan yang data ganda itu kita hapus," kata Risma.

"Karena nuwun sewu (mohon maaf), Pak, sekali lagi banyak sekali yang ....(terdiam), seperti itu," lanjutnya.

Risma akhirnya memberanikan untuk menghapus data ganda tersebut dan menyampaikan ke publik.

"Jadi kemudian saya beranikan sendiri, yang dobel memang kemudian kita hapus, dan kemudian kita launching," tuturnya.

Merespons hal tersebut, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto menanyakan siapa pihak yang menekan Risma mengenai penghapusan 21 juta data ganda tersebut.

"Yang menekan Ibu siapa?" tanya Yandri.

"Ada, Pak. Mohon maaf," kata Risma enggan menjawab.

Yandri lantas mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan amanah dari masyarakat.
Menurutnya, anggota DPR merasa tertuduh atas keberadaan 21 juta data ganda penerima bansos tersebut.

"Saya mohon maaf kalo soal itu," tuturnya.

Salah satu anggota Komisi VIII dari Fraksi PKB Maman Imanulhaq lantas mengatakan bahwa ia mengetahui ke mana arah data dan aliran dana dari data ganda tersebut. Ia juga mengklaim mengetahui siapa pihak yang menekan Risma.

"Saya tahu, Bu yang menekan ibu siapa, saya tahu ke mana arah data ini, duitnya, dan sebagainya," kata Maman.

Meski demikian, Maman mengatakan bahwa hal itu tidak penting bagi Komisi VIII. Ia hanya meminta agar Risma bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Soal bagaimana nanti kita membongkar data ini menjadi sangat sulit itu tidak usah di sini, Bu. Kita bisa ngobrol di ruang-ruang ilmiah," kata Maman kemudian.

Sebelumnya, Risma telah menjawab bahwa data tersebut berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara global dan berbeda dengan data penerima manfaat yang disepakati bersama Komisi VIII.

Kementerian Sosial sendiri menyatakan telah menghapus 21 juta data ganda penerima Bansos. Hal ini Risma sampaikan pada April lalu.

"Kemudian new DTKS ini karena tadi saya sampaikan bahwa kita melakukan pengontrolan data, sehingga kurang lebih 21.000.156 data kita tidurkan," kata Risma di gedung Kemensos, Rabu (21/4).

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...a-ganda-bansos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mrschandlerbing dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Dia mengaku sering mendapat aduan dari masyarakat terkait data ganda ini. Harus diakui, kata Rudi, polemik data ganda ini sudah terjadi sejak 10 tahun lalu bahkan sejak kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Data yang double ini sudah dari 10 tahun lalu. Waktu itu zaman Pak SBY saya ditanya warga 'Saya janda, susah ekonominya, tapi tidak dapat bantuan. kok yang sudah meninggal malah dapat bantuan' jadi banyak yang mengeluh," kata Rudi.


silahkan terjemahkan sendiri agar tidak tersempitkan pada satu era saja.
Ada mapianya ini emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
knoopy dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
profile picture
accelero
kaskus maniac
Era sekarang sudah masuk 7 tahun bos

Udah gak pantes bawa2 zaman dulu

Kalo masih bawa zamn dulu beearti zaman sekarang itu gak becus kerja

Kan udah tau ya tinggal hapus aja kalo gak mau byk drama
profile picture
biglingz
kaskus maniac
ane yakin ini udah mulai dari jaman pak karno gan..
profile picture
roger_more2
kaskus maniac
mungkin ditekan suaminya..juliari apa kabar..KPK reformasi
profile picture
norlandtio
kaskus maniac
Harus dibuka,siapa yg nekan.
Bikin penasaran....
Bukannya situ sebagai partai PENGUASA harusnya ndak takut donk, mereka sering melontarkan produk" rezim yang lalu yang gagal dan menyalahkannya. Knp takut untuk ngmng siapa yang nekan, kl memang ada indikasi ke partai sebelah.... kan aneh bre.... tinggal ngmng koq,ini era keterbukaan, kl masyarakat tau, kan mereka bisa bully si pelaku bahkan buzzerp pun bakal turun tangan.... emoticon-Hammer2 emoticon-Leh Uga
profile picture
matcha.tea.1402
aktivis kaskus
Mau dari kapanpun sama aja. Memang nggak ada perbaikan data tiap tahun? Buat apa masyarakat update kartu keluarga kalau gitu?
profile picture
TS gabener.edan
kaskus geek
@accelero nah ente kagak paham esensinya..


Ane bicara ada mapia yg bermain bkn siapa presidennyaemoticon-Traveller
profile picture
TS gabener.edan
kaskus geek
@biglingz nah kan emoticon-Ngakak

Masak ente kagak paham...ini bkn soal era siapa tapi bicara bau korupsi di data ganda yg sudah sepuluh taon.
Liat aja menteri yg mau hapus aja bener2 kesulitan hanya tuk memerintahemoticon-Traveller
profile picture
TS gabener.edan
kaskus geek
@norlandtiomasih misteri siapakah mapia yg bermain bre.
Bisa oknum partai atau oligarki di kemensos sendiri
Cuman berdua itu yg bisa meraup untung dari permainan ini.
Jangan lupa kasus pns piktip.
Jadi menurut ane, ada sistematis korupsi yg sudah sgt lama bermain.
Satu sama lain saling berkaitan kayanya.
Publik tidak sadar akan sistem korupsi model ginian.


emoticon-Traveller
profile picture
biglingz
kaskus maniac
@gabener.edan yoi. makanya menteri skrg kesulitan, ane yakin mapia ini udah ada dari jaman bung karno. udah mengakar puluan taun.
yakin bgt ane mah.
profile picture
TS gabener.edan
kaskus geek
@biglingz bah ...jauh bgt bre emoticon-Ngakak
profile picture
adek.chombi
kaskus addict
yg ditekan depan atau belakang?
profile picture
nomothink
kaskus addict
Jadi maksud ente adalah, ga ada perbaikan dari rejim dulu sama sekarang. Selalu nyalahin rejim2 sebelumnya. Yg skrg cuma nerusin tradisi aja, ga ada kemauan buat berubah jadi lebih baik. Intinya siapapun rejimnya, rakyat yg jadi korban. Ok gan, ane faham
profile picture
TS gabener.edan
kaskus geek
@nomothink itu loh risma menghapusnya emoticon-Cool

Ini bkn soal lagi rezim siapa di mulai tapi siapa org2 powerpul di belakangnyaemoticon-Cool
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di