CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
China Tersudut, Terkuak Dugaan Corona Bocor dari Lab Wuhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b0a41d5011765a4604f66e/china-tersudut-terkuak-dugaan-corona-bocor-dari-lab-wuhan

China Tersudut, Terkuak Dugaan Corona Bocor dari Lab Wuhan



Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan antara China dan Amerika Serikat (AS) soal corona (Covid-19) bisa panas lagi. Hal ini dipicu oleh reaksi China atas perintah Presiden Joe Biden agar intelijen AS menyelidiki ulang asal usul Covid-19 dalam 90 hari.
Kementerian luar negeri China menyebut Washington ingin menyudutkan Beijing. "Motif dan tujuan pemerintahan Biden sangat jelas," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian sambil menegaskan penolakan China.
China menyebut sejarah kelam komunitas intelijen AS sudah dikenal. Ini merujuk pada tuduhan senjata pemusnah massal yang membenarkan invasi ke Irak.

Sebelumnya Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa ia telah memerintahkan tinjauan intelijen lebih dalam tentang dugaan bahwa Covid-19 muncul dari kecelakaan di laboratorium virologi Wuhan, Rabu (26/5/2021).
Biden mengungkapkan bahwa awal tahun ini ia menugaskan komunitas intelijen untuk menyiapkan laporan analisis paling mutakhir tentang asal-usul Covid-19, termasuk apakah itu muncul dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi atau dari kecelakaan laboratorium.

"Sampai hari ini, Komunitas Intelijen AS telah 'menggabungkan dua skenario yang mungkin' tetapi belum mencapai kesimpulan pasti tentang pertanyaan ini," kata Biden dalam sebuah pernyataan.
"Inilah posisi mereka saat ini, ada dua kecenderungan yang dipercayai yaitu skenario (kontak manusia) dan satu lebih condong ke arah (skenario kebocoran lab) masing-masing dengan tingkat kepercayaan rendah atau sedang. Mayoritas elemen tidak percaya ada informasi yang cukup untuk menilai yang satu lebih mungkin dibandingkan yang lain."

Pernyataan Biden mencerminkan cara unik komunitas intelijen menyajikan temuannya kepada presiden yang menjabat. Ini termasuk menjelaskan ketika berbagai lembaga dalam komunitas tidak setuju, dan menggunakan skala, rendah-sedang-tinggi, untuk mengukur tingkat kepercayaan yang dimiliki analis dalam keakuratan penilaian mereka.

"Saya sekarang telah meminta komunitas intelijen untuk melipatgandakan upaya mereka untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang dapat membawa kita lebih dekat ke kesimpulan yang pasti, dan untuk melaporkan kembali kepada saya dalam 90 hari," kata Biden.
Hipotesis bahwa virus mungkin telah lolos dari laboratorium China pada awalnya dianggap sebagai teori konspirasi. Namun dalam beberapa bulan terakhir hal itu mendapatkan daya tarik yang lebih banyak pihak.
Pekan lalu, sebuah laporan intelijen AS menemukan bahwa para peneliti di institut virologi di Wuhan, tempat wabah itu berasal pada akhir 2019, mencari perawatan di rumah sakit setelah jatuh sakit. Mereka, sebagaimana ditulis dalam laporan The Wall Street Journal, memiliki gejala yang konsisten dengan Covid-19 dan penyakit musiman yang umum.
China sebenarnya selalu menolak anggapan bahwa mereka menyebarkan virus itu. Kementerian Luar Negeri China menganggap bahwa manuver Washington menganggap bahwa China merupakan biang dari pandemi ini merupakan sebuah pengalihan isu.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...dari-lab-wuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainever dan 4 lainnya memberi reputasi
Apakah corona itu buatan manusia ?

2 hal yang perlu di renungi untuk kemudian bisa di ambil kesimpulan sendiri tentang apakah corona itu buatan manusia atau bukan..

1. Manusia emang udah punya teknologi untuk melihat benda berukuran nano seperti virus. Tapi apakah manusia udah punya kemampuan untuk merekayasa virus untuk bergerak dan bersifat seperti yang di kehendakinya. Saya bayangkan disini kalo si virus itu "dibedah" lalu di rantai proteinnya di gunting-sambung agar memiliki sifat2 seperti yang di inginkan.. apa manusia udah bisa kaya gitu..?

Ini kan sama aja seperti manusia emang udah bisa mengamati dan mempelajari gunung berapi. Tapi apa manusia udah bisa mengendalikan gunung berapi itu sehingga itu gunung mau meletus apa tidak bisa di atur2..

2. Kalo emang corona itu buatan manusia yg katanya di maksudkan untuk senjata biologis yg berarti selain virus yg di buat tentu ada vaksinnya juga udah di buat juga sebagai penawar.

Jika emang corona buatan manusia, tentu harus di pastikan agar si virus itu tidak bermutasi agar antivirus yang telah dibuat itu tetap efektif. Karena jika virus bermutasi menjadi varian lain yg lebih berbahaya tentu vaksin yg udah di buat bisa menjadi tidak efektif dalam melawan virus jenis baru tsb.
Nah karena hal tsb maka apakah manusia punya kemampuan memastikan bahwa virus corona itu tidak akan bermutasi jika emang itu virus buatan manusia..?

Faktanya adalah corona itu virus berbasis RNA yg punya sifat mudah bermutasi dan kenyataannya juga sekarang sudah banyak bermunculan mutasi2 corona di berbagai belahan dunia yg makin mengancam dan membuat vaksin yg udah di temukan terancam menjadi tidak berguna menghadapi varian baru dari virus corona.


Sebagai kesimpulan saya ajak lagi untuk merenung; apakah corona itu emang benar buatan manusia seperti yang di katakan oleh pihak2 tertentu ataukah itu hanya isu2 yg di hembuskan oleh pihak2 tertentu demi kepentingannya yg entah apa itu..?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vman22324 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
Kalau menurut gw pencinta fiksi, dengan cepat dan banyaknya mutasi yg terjadi menunjukkan kalau virus ini hasil rekayasa lab yg mungkin bocor.
Karena flu burung saja kayanya tidak secepat ini mutasinya
profile picture
justice league
aktivis kaskus
@PontifexMaximus

Klo emang ada ilmuwan yg bisa bikin itu virus plus antivirusnya utk tujuan menghancurkan negara lain, apa dia kaga mikir klo itu virus bisa menjadi tidak terkendali karena si virus itu menjadi bermutasi sehingga akhirnya antivirus yg udah di buat menjadi tidak berguna. Apalagi membuat antivirus itu gak kaya bikin nasi goreng yg cuman 10 menit jadi. Dan si virus itu bisa menjadi tak terkendali dan akhirnya menyerang rumah si ilmuwan itu sendiri dan seluruh penghuninya..

Apa ntuh ilmuwan kaga mikir kaya gitu..?

Bagaimana dengan flu spanyol yg muncul 100 tahun lalu yg membunuh puluhan juta orang itu ? Apakah buatan manusia juga..?
profile picture
[MENTION]justice league[/MENTION]
Lah makanya gw bilang bocor gan, bisa jadi virusnya masih dalam tahap pengembangan atau percobaan trus tiba2 kecelakaan bocor keluar lab.
Nah jadi itulah kenapa virusnya belum stabil/gampang bermutasi trus juga antivirusnya belum ada gan
profile picture
justice league
aktivis kaskus
@PontifexMaximus

Kalo kemungkinannya virus itu adalah percobaan Lab untuk tujuan penelitian atau pengembangan vaksinasi lalu itu kemudian tanpa sengaja terjadi kecelakaan lalu bocor dan menyebar menjadi pandemi, itu sih masih make sense... Karena ada possibilty seperti itu..

Tapi klo itu virus itu dibilang hasil rekayasa untuk senjata biologis, ya pertanyaannya seperti yg ane sebut di atas;
"Untuk apa membuat senjata yg pada akhirnya senjata itu bisa berbalik menyerang diri sendiri".

Dan tadi kan ente bilang sebagai pecinta fiksi.. tentu tau dong film Contagion yg sempat jadi trending gegara pandemi ini.

Di film itu bahkan menyebutkan klo si kepala penelitinya menyanggah kecurigaan petinggi militer klo virus burung yg menyebar itu bukan buatan manusia. Tapi terjadi di dalam tubuh burung itu sendiri.
Dan pada akhirnya dijelaskan di ending film klo virus itu ternyata berasal dari kelelawar..
profile picture
[MENTION]justice league[/MENTION]
Rekayasa kan ga selalu harus buat senjata gan. Misalnya kaya rekayasa hama betina yg dibuat mandul untuk mengurangi serangan hama
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
lab swiss saja bisa bikin replika virus covid

https://onezero.medium.com/swiss-sci...b-d12816bfdbe3

ane juga curiga ini virus rekayasa genetik china yang bocor dari lab karena pake alat-alat murah made in china.

profile picture
kecapbasi
kaskus addict
@kampret.strez

yang abal2 itu amerika, bukan tiongkok

"Anthrax risk for 75 scientists in US"

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-27934622


"'Forgotten' US smallpox vials found in cardboard box"

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-28221185


"Army germ lab shut down by CDC in 2019 had several 'serious' protocol violations that year"


https://wjla.com/news/local/cdc-shut-down-army-germ-lab-health-concerns
profile picture
justice league
aktivis kaskus
@kampret.strez

Virus itu emang bisa di biakan di luar organisme lewat media sel kultur bre... Biasanya sih ini untuk tujuan penelitian atau untuk kebutuhan bikin vaksin. Tapi klo untuk terjadinya perubahan sifat atau mutasi hanya bisa terjadi didalam organisme..karena interaksi virus dgn antibodi, sel-sel tubuh lainnya bisa memicu virus untuk berubah sifat entah itu menjadi makin ganas atau malah makin melemah. Mutasi ini terkait perubahan susunan rantai protein virus yg terjadi karena alamiah saat virus membelah diri... Makanya ane sangsi apakah manusia udah punya kemampuan untuk membedah virus dan ngotak atik susunan rantai proteinnya agar mendapat sifat virus yg baru sesuai dgn yg diinginkan.. cmiiw klo ane salah dan mohon referensinya klo pendapat ane salah.

Covid ini bisa jadi kemungkinannya adalah bahan penelitian di laboratorium..mengingat sebelumnya ada wabah SARS dan mungkin saja virus SARS tersebut diteliti entah untuk dipelajari sbg jaga2 klo nanti ada kejadian wabah lagi sehingga obatnya bisa cepat ditemukan, atau entah untuk penelitian apa... Lalu mungkin saja terjadi kecelakaan dan virus tsb bocor ke publik dan akhirnya menyebar sperti yg terjadi sekarang.

Tapi bisa saja Covid ini emang berasal dari alam...sperti yg digambarkan di dalam ending film Contagion dimana virus dari kelelawar sakit lalu pindah ke babi yg sakit...terus dimakan manusia dan akhirnya menyebar menjadi pandemi.

Ane lebih condongnya kalo covid itu perbuatan alam bre.. karena cuman alam doang yg bisa melakukan kerusakan lebih dahsyat ketimbang yg di lakukan oleh manusia. Manusia emang udah bisa bikin ledakan dahsyat macem nuklir, tapi ledakan buatan alam macem ledakan Tambora yg bisa bikin kehidupan satu bumi nyaris punah jauh lebih hebat dari ledakan buatan manusia bre..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di