CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Perbedaan Milisi Lawan Israel, Brigade Al Qassam dan Al Quds
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60a52f0cee95326062665f10/perbedaan-milisi-lawan-israel-brigade-al-qassam-dan-al-quds

Perbedaan Milisi Lawan Israel, Brigade Al Qassam dan Al Quds

Jakarta, CNN Indonesia -- Konflik Israel dan Palestina seakan tak berujung. Korban jiwa sudah mencapai ratusan orang akibat aksi saling serang antara milisi di Jalur Gaza dan serangan balasan Israel lewat udara.
Alasan rakyat Palestina membentuk milisi untuk mempertahankan diri dari penindasan Israel. Sedangkan di mata Israel, milisi Palestina adalah kelompok teroris.

Pada konflik kali ini, muncul dua nama kelompok milisi Palestina yang bermarkas di Jalur Gaza. Yaitu Brigade Izzudin Al-Qassam dan Brigade Al-Quds yang meluncurkan serangan roket ke Israel.

Meski sama-sama memiliki alasan berjuang untuk pembebasan Palestina, kedua organisasi itu berbeda. Berikut penjelasan tentang kedua kelompok milisi itu yang dirangkum CNNIndonesia.com dari berbagai sumber.

Tahun Berdiri.

Brigade Izzudin Al-Qassam dibentuk pada 1991. Kelompok ini merupakan sayap militer organisasi massa Islam Palestina, Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (Hamas).

Sementara Brigade Al-Quds dibentuk pada 1981 oleh Fathi Shaqaqi dan Abd Al Aziz Awda di Gaza. Mereka adalah sayap militer kelompok Jihad Islam Palestina.

Brigade al-Qassam dibentuk untuk menggelar operasi militer Hamas. Namun, mereka mempunyai otonomi dan secara garis komando terpisah dari Hamas sebagai ormas dan partai politik.

Brigade Al-Qassam bergerak secara rahasia dengan mengadopsi berbagai taktik dan upaya militer untuk menundukkan Israel, termasuk serangan roket, bom bunuh diri dan penculikan.

Tak beda jauh, Brigade Al-Quds juga bergerak secara rahasia. Kelompok ini mendapat bantuan pelatihan dari milis Syiah Hizbullah di Libanon.

Pada 1990, Brigade al-Quds mempunyai kantor perwakilan di Beirut, Teheran-Iran, dan Khartoum-Sudan.

Wilayah Operasi.

Brigade Al-Qassam adalah kelompok milisi terbesar di Jalur Gaza. Sedangkan, Brigade Al-Quds aktif beroperasi di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Brigade Al-Quds dan Brigade Al-Qassam sering melakukan kerja sama untuk menyerang Israel. Selepas pembunuhan Al-Atta, pemimpin Brigade Al-Quds, oleh Israel, kedua organisasi sama-sama berkomitmen balas dendam.

Jumlah Pasukan.

Jumlah anggota Brigade Al-Qassam tak diketahui pasti. Namun, International Crisis Group memperkirakan Brigade Al-Qassam mempunyai anggota aktif sekitar 7000 sampai 10 ribu orang. Sedangkan anggota cadangan sekitar 20 ribu orang.

Sementara Brigade Al-Quds dilaporkan memiliki 8.000 anggota. Milisi itu juga disebut mendapat dana, pelatihan dan senjata dari Iran untuk melawan Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, Brigade Al-Quds mengembangkan persenjataan sendiri, seperti yang dilakukan Brigade Izzudin Al-Qassam.

https://www.cnnindonesia.com/interna...am-dan-al-quds

Never end this war emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
outsiders1609 dan 23 lainnya memberi reputasi
Wew jumlahnya ribuan, logistiknya lewat mana itu. Padahal palestina terkepung dari segala sisi. Masak iya, logistik dari luar negeri. Israel secara sukarela ijinkan logistik perangnya lewat. Kan aneh bre.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
himawan2000 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
KRAVZHENKO
kaskus maniac


Terowongan bawah tanah via Mesir, lagipula Gaza ini berbatasan langsung dg Mesir
profile picture
venta77
kaskus addict
Banyak underground nya gan,iran sekutu utama bisa kirim lewat kamuflase persenjataan dan dana nya
profile picture
ikyu828
kaskus addict
seperti yg KRAVZHENKO bilang
hamas itu di gaza, masuk gaza bukan cuman lewat isarel tapi bisa lewat mesir

yg di west bank berbatasan dgn israel n jordan
jordan mungkin lebih ogah bantuin palestina soalnya pernah berdosa besar ke jordan juga
https://en.wikipedia.org/wiki/Black_September
bahkan org palestina pernah ngebunuh rajanya jordan
https://en.wikipedia.org/wiki/Abdullah_I_of_Jordan
profile picture
larapeequer
kaskus geek
Orang Palestina mewarisi kemampuan nenek moyangnya Gan. Pinter banget bikin terowongan.

Di Jerusalem kan pernah tuh ditemukan situs arkeologi kota bawah tanah dengan terowongan2 yg bercabang2 .
Yah seperti itu lah.
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer nenk moyang orang palestine itu orang arab.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 Ane habis nonton di Yutub DNA orang Israel dan Palestina itu punya nenek moyang yg sama.
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer nenek moyang monyongmu. lu kebanyakan nonton youtube sih. Mending lu nonton tiktod aja.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 lha itu yg ngomong ilmuan Israel kok. Yg bikin video orang Israel. Mereka sedang melakukan penelitian mencari suku Israel yg hilang, ada teori pindah ke India ada teori di Afrika. Nah ada ilmuan yg mo nyari di Tepi Barat.

Mereka menemui suku Bedouin di Tepi Barat dan menemukan fakta bahwa nenek moyang Bedouin dulu beragama Yahudi sebelum pindah jadi muslim. Ada banyak artefaknya, bahkan tradisi2 ala Yahudi masih dilestarikan.

Lalu dilakukan uji DNA yg meneliti laboratorium Israel, hasilnya bahkan Jews akhenazi dan Palestinian pada chromosomnya identik yg artinya berasal dari moyang yg sama.

Katanya percaya yg ilmiah. Ini hasil tes DNA nggak dipercayai.
Jews itu agama bukan etnis. Nenek moyang Indonesia aja dulu Hindu Budha bisa berubah jadi Mayoritas muslim. Kayak gitu aja susah banget mikirnya ah elah.
profile picture
ATR42
kaskus maniac
@jhonlenon60 @larapeequer benar gan, Yahudi itu nama agamanya orang Israel
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer tuh orang batak juga suku israel yang hilang klaimnya. emoticon-Ngakak (S)

Bangsa israel yang lain gak diakui oleh orang Yahudi.

sejarahnya yahudi itu sebuah bangsa bukan sekedar agama, simplenya ya yahudi itu adalah etnis. orang yang murtad dri yahudi bukan berarti dia bukan orang yahudi lagi, dan gak ada yang bisa masuk agama yahudi klw mereka bukan orang yahudi berdasarkan keturunan makanya nih agama gak pernah ada misionarisnya dan tidak melakukan penyebaran.

emoticon-Leh Uga
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 terus fungsi nabi2 setelah Nabi Musa seperti Nabi Daud, Sulaiman apa dong. Masak nggak nyebarin agama Yahudi.

Yg nganggap Yahudi itu etnis bukan agama itukan Zionis yang mempraktikan apartheid

Kalau pun dianggap Jews itu etnis, kenapa bentuknya beda2 ada yg kulit putih( Eropa) ada yg kulit hitam (black Jews).
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer kagak tau gw tanya orang yahudinya langsung klw gitu

Yg kulit hitam jg gak sepenuhnya diakui yahudi kok cuman mereka melakukan praktik2 keagamaan yahudi aja. Yahudi modern kan yang dikenal yahudi ashkenazi.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@larapeequer nenek moyang mata mu

Orang palestin sekarang itu orang arab

Bukan keturunan orang yg bikin terowongan di masa lampau.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@anti.liberal terserah Lo mo Denial. Faktanya Jews yg sekarang di Israel itu disebut Jews askhenazi alias Jews dari Eropa bukan Timur tengah.

Lo pikir deh Nabi Musa itu orang Timur Tengah apa Eropa?

Hasil tes DNA kok dibantah ah elah.
profile picture
adiman0
kaskus addict
@KRAVZHENKO wah kalau info ini pernah diliput oleh media udah lsma bgt. Tetapi secara kekuatan militer israel yg terkuat di timteng. Masa iya bisa kecolongan oleh pasukan al-quds dan al-qasam. Bisa selundupin logistik lewat terowongan.

Israel yg dikeroyok oleh arab ketika perang yom kippur bisa menang, berkat intelejen mossad yg berhasil menyusup ke tubuh militer suriah.

Semua pasukan suriah dibombardir oleh israel lewat udara. Cmiiw
profile picture
KRAVZHENKO
kaskus maniac
@adiman0 terowonganya banyak dan baru
profile picture
dvdvd77
kaskus addict
@larapeequer @anti.liberal
Belajar sama Vietnam Buat terowongan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di