CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
AS Tolak Pernyataan DK PBB soal Israel-Palestina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609d08805952c834016d3892/as-tolak-pernyataan-dk-pbb-soal-israel-palestina

AS Tolak Pernyataan DK PBB soal Israel-Palestina

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Keamanan PBB kembali mengadakan pertemuan darurat pada Rabu (12/5) waktu setempat untuk membahas serangan antara Israel dan Palestina. Pertemuan tersebut kembali tak menghasilkan pernyataan bersama karena tentangan dari Amerika Serikat.
Menurut beberapa sumber, seperti dilansir AFP, 14 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB setuju mengeluarkan deklarasi bersama supaya bisa mengurangi ketegangan.

Namun, AS melihat pertemuan yang dilakukan Dewan Keamanan PBB sebagai tanda keprihatinan. Sumber yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan pernyataan bersama tidak akan membantu meredakan tensi Israel dan Palestina.

"AS aktif terlibat dalam diplomasi di belakang layar dengan semua pihak dan seluruh kawasan untuk mencoba meredakan situasi. Pada tahap ini, pernyataan Dewan akan menjadi kontraproduktif," kata salah satu sumber.

Hal tersebut membuat beberapa negara anggota Dewan dari Eropa yakni Norwegia, Estonia, Prancis, dan Irlandia, mengeluarkan pernyataan resmi bersama pada Rabu (12/5) malam.

"Kami mengutuk penembakan roket dari Gaza terhadap penduduk sipil di Israel oleh Hamas dan kelompok militan lainnya yang sama sekali tidak dapat diterima dan harus segera dihentikan," bunyi pernyataan bersama tersebut.

"Jumlah besar korban sipil, termasuk anak-anak, dari serangan udara Israel di Gaza, dan kematian Israel akibat roket yang diluncurkan dari Gaza, mengkhawatirkan dan tidak dapat diterima. Kami menyerukan Israel untuk menghentikan aktivitas pembongkaran dan penggusuran, termasuk di Yerusalem Timur," tulis mereka.

Di sisi lain, Dewan Keamanan PBB disebut akan menggelar pertemuan baru dalam waktu dekat.

"Palestina telah meminta pertemuan publik," kata seorang diplomat.

Pertemuan baru itu sebagai upaya mencoba berkontribusi bagi perdamaian serta agar Dewan Keamanan dapat bersuara dan menyerukan gencatan senjata. Pertemuan itu diperkirakan bisa diselenggarakan paling cepat Jumat (14/5) oleh China yang saat ini menjadi ketua Dewan Keamanan PBB.

Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour menuliskan sepucuk surat bagi petinggi organisasi tersebut pada Rabu (12/5). Ia memohon agar Dewan bisa segera bertindak dan meminta Israel menghentikan serangan terhadap penduduk sipil Palestina, termasuk di Gaza.

Lihat juga: Ledakan di Langit Gaza, Dering Sirene di Tel Aviv
Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB telah menggelar pertemuan darurat pada Senin (10/5). Kala itu, AS juga menolak usulan Tunisia, Norwegia, dan China menerbitkan permintaan semua pihak menahan diri dari provokasi.

Tembakan roket dan kerusuhan di kota-kota campuran Yahudi-Arab telah memicu kekhawatiran kekerasan mematikan antara Israel dan Palestina dapat berubah menjadi perang skala penuh. Serangan dan kekerasan tersebut telah menewaskan sedikitnya 65 orang di Gaza, termasuk 16 anak-anak, dan tujuh di Israel, termasuk seorang tentara dan satu warga negara India.

Terpisah, Kepala Diplomat Antony Blinken mengatakan utusan AS akan terbang ke Timur Tengah untuk meredakan ketegangan antara Israel dan Palestina.

https://www.cnnindonesia.com/interna...rael-palestina

Hmmm....emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JualanAgama dan 33 lainnya memberi reputasi
dari dlu ga percaya sama as emoticon-Leh Uga

ada yg tau bentrokan dipicu apa emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
hendry_88 dan madjoeki memberi reputasi
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
dipicu lempar batu ke polisi dan kebetulan perayaan hari apa gitu, jadi banyak radikalis kumpul
profile picture
kapankapoknya
aktivis kaskus
Kalo menurut bacaan gw di bbrp forum sih,


awal mulanya Israel gusur, lalu yg g terima lempar batu atau gmn, ujung"nya ngibrit ke Al aqsa, Israel ya ngejar sampe sana.

Muncullah video "pembantaian" Israel di Al aqsa, Hamas luncurin rocket. Israel balas atau g kurang tau saya.

CMIIW
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@kapankapoknya kaya biasa, si israel gusur menggusur

ini udah di liput media barat juga, mereka emang tukang gusur
profile picture
7270727
kaskus addict
@kapankapoknya


Makanya jangan cari ribut duluan ujung2nya israel makin maju ke depan dengan alasan melakukan pengamanan.
profile picture
converti
kaskus maniac
@mudokons @kapankapoknya

Bukan gusur, emang wilayah masjid al Aqsa situ wilayah sengketa yang masih gantung di PBB

Salah di PBB ga bisa ambil keputusan itu wilayah siapa
profile picture
bociljamannow
kaskus addict
bingung mau komen apa emoticon-Leh Uga

profile picture
mudokons
kaskus maniac
@kapankapoknya @converti siape yang ngomongin wilaya al aqsa? emang mereka digusur dan diusir cuman di wilayah itu doang?
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@kapankapoknya @7270727 makanya jangan cari ribut bikin pemukiman ilegal

giliran diserang balik malah play victim
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@mudokons emang kenapa israel bikin permukinan di sana ? wong palestina sendiri kok yg gak bisa berkomitnen atas perjanjian damai yg disepakati malah buat gerakan2 pemberontakan seperti intifada padahal isi perjanjian oslo meliputi kondusifitas keamanan orang2 israel dari serangan2 pemberontakan, klw kamu gak setuju dengan pelanggaran yg dilakukan israel lalu kenapa kamu setuju dengan pemberontakan yg dilakukan faksi2 radikal di palestina ?
profile picture
converti
kaskus maniac
@mudokons @kapankapoknya

Karena awal mula ributnya di masjid al Aqsa ketika selesai jumatan
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@jhonlenon60
Serangan palalu peang

si ngisrael duluan yang bikin pemukiman ilegal, pe'a, ngusir keluarga dari rumah buat dibangun rumah warga israel. Gak usah heran banyak serangan
Gak ada api kalo gak ada asap, pe'a

profile picture
mudokons
kaskus maniac
@kapankapoknya @converti liat konteks comment gue tong
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@mudokons kasih timeline dong siapa duluan, gerakkan pemberontak atau pembangunan pemukiman ilegal, biar argumen lu gak terkesan asal cuap2 ja.
profile picture
converti
kaskus maniac
@mudokons @kapankapoknya

Gw liat konteks komen TS, ga penting konteks lo
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@jhonlenon60 kenapa gak lu aja yang bikin timeline? gue sih udah jelas si ngisrael bikin pemukiman ilegal ngusir pemilik rumah, dkk
Makanya banyak serangan.
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@kapankapoknya @converti lah lu komen ngajak ngobrol gue kan? lu komen tapi gak nyambung

Orang ngomong A lu ngomong B, lah sekarang lu bilang konteks gue gak penting. Gajelas lu tong
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@mudokons kebalik, krn ada pmeberontakan dri faksi2 radikal palestina terlbih dahulu makanya israel agresif.

Yaudah klw gak tau timeline nya mending bela trus palestinja membabi buta, yg penting israel jahat krn suka menggusur ye kan. gitu aja trus argumen lu mutar2 sampe goblok. emoticon-Ngakak (S)
profile picture
converti
kaskus maniac
@mudokons @kapankapoknya

Komen gw ke TS, lo aja otaknya ga nyambung
profile picture
prayformysky
kaskus maniac
Awal mula penggusuran kurang lebih 6 keluarga di daerah syaikh jarrah.
Arab-israel, dan keluarga tsb menentang, dan pendukung keluarganya. Bentrok dgn radikalis yahudi saat perayaan jews. Bentrokan dicoba dilerai oleh pasukan Israel, tp malah meluas sampe ke dalam Al Aqsa. Yg disebar video saat di Al Aqsa.
Hamas tahu soal tsb, langsung serangan rudal ke iron dome Israel, tambah rame 😌
#sekian berita dr berbagai sumber luar negeri.
profile picture
isamovich
kaskus addict
@7270727 baek jg ngamanin perusuh, klo di negara berflower udh abs ditampolin
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 74 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di